39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya
39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya - Libur akhir tahun kurang beberapa minggu lagi, dan pastinya sobat telah mempersiapan segalanya mulai dari sekarang, seperti memilih tempat wisata untuk menghabiskan liburan, bekal yang akan dibawa, memilih paket liburan, mencari penginapan yang murah, mencari tiket dan lain sebagainya.

Nah, kali ini admin akan sedikit berbagi informasi khususnya untuk sobat yang memiliki hobi traveling atau jalan-jalan, apa itu? yaitu tempat-tempat wisata terkenal yang ada di Probolinggo Jawa Timur,

Mungkin diantara sobat sudah mengetahui salah satu icon wisata yang terkenal di kota mangga anggur ini, yang namanya terdengar sampai ke beberapa bagian dunia, apa itu?, namanya adalah Gunung Bromo atau lebih dikenal dengan nama kerennya Bromo Crater Indonesia,

Yups, Gunung Bromo terletak di Probolinggo Jawa Timur, nama ini sudah tidak asing lagi, karena memang Gunung Bromo ini sering dijadikan objek wisata andalan bagi wisatawan lokal maupun asing,

Pemandangan yang sangat indah serta situasi alam yang menantang, adalah salah satu alasan untuk acara televisi seperti My Trip My Adventure pernah bertualang disana, selain itu juga pernah dibuat syuting iklan, film dan sebagai spot foto bagi fotografer profesional dari dalam dan luar negeri,

Untuk menuju ke Gunung Bromo, sobat dapat menggunakan kendaraan pribadi, maupun menyewa jeep agen travel yang berada di sekitaran kota Probolinggo dan Gunung Bromo,


Untuk harga tiket masuk ke Gunung Bromo ini sobat dikenakan biaya sebesar Rp. 30.000 untuk hari biasa,  Rp. 35.000 untuk hari libur, jika Wisatawan Asing Rp. 220.000 untuk hari biasa dan Rp. 320.000 untuk hari libur, 
Namun tahukah sobat?, ketika sobat berkunjung ke Probolinggo, sebenarnya bukan hanya Wisata Alam Gunung Bromo saja yang harus sobat kunjungi, masih ada beberapa tempat wisata lain yang menarik selain Gunung Bromo ini,

Apa saja tempat wisata lain yang rekomended selain Gunung Bromo?, dibawah ini admin telah mengumpulkan sedikitnya 39 tempat wisata bromo dan sekitarnya, silahkan dibaca beberapa daftar wisata Probolinggo dibawah ini ya sob,

Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya :

Sebelum sobat membaca lebih lanjut dibawah, ada baiknya sobat juga mengetahui spot-spot penting yang ada di kawasan Gunung Bromo terlebih dahulu, agar perjalanan wisata sobat lebih lengkap dan menyenangkan :


Penanjakan 1

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Tempat pertama jika sobat berada di kawasan Taman Nasional Bromo, adalah Penanjakan 1, merupakan lokasi tertinggi yang berada di Gunung Bromo ini yang berfungsi untuk melihat keindahan matahari terbit atau bahasa kerennya View Point Sunrise.

Penanjakan 1 ini berada di sebelah barat dari pegunungan Bromo Tengger pengunjung wajib menggunakan kendaraan jeep atau kendaraan 4 WD karena akses kesini cukup banyak tikungan tajam dan curam.

Namun jika menggunakan sepeda motor jangan pakai kendaran jenis matic, berangkat sekitar jam 3 dini hari, dan usahakan jangan sampai terlambat karena view point di penanjakan 1 ini merupakan spot yang di favoritkan pengunjung untuk melihat keindahan matahari terbit dari Bromo di bandingkan dengan Penanjakan 2.

Penanjakan 2

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Penanjakan 2 merupakan salah satu alternatif untuk melihat keindahan matahari terbit di Bromo, sobat yang pergi ke Bromo melalui rute Probolinggo bisa memilih alternatif Bukit Penanjakan 2 atau yang biasa disebut View Point Seruni.

Meskipun letak lokasinya lebih rendah dibanding Penanjakan 1 namun pemandangan yang didapat dari Penanjakan 2 ini juga tidak kalah menariknya. Untuk menuju kesini sobat tidak harus menyewa kendaraan jeep, karena lokasi ini mudah di akses kendaran roda 2 maupun roda 4 biasa.

Perlu diketahui, pada bulan tertentu seperti September hingga mei (musim hujan) Penanjakan 2 ini memiliki pemandangan sangat indah, karena posisi munculnya matahari terbit tepat berada di arah timur pengunjung. Namun jika sudah memasuki musim kemarau pemandangan sunrise terjadi agak lambat , dan admin sarankan untuk berpindah ke spot Penanjakan 1.

3. Padang Rumput Savana

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Padang Rumput Savana Bromo,adalah sebuah tempat yang lokasinya berada di selatan timur Gunung Bromo, terletak pada sebuah lembah yang hijau dan di kelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi serta dihimpit oleh beberapa gunung-gunung kecil.

Padang Rumput Bromo ini sangatlah luas, jika sobat berada di Savanah ini, sobat akan merasakan seolah-olah tidak berada di Gunung Bromo.

Cukup unik, karena jalur untuk mencapai savana sobat harus melewati Lautan Pasir yang gersang terlebih dahulu, namun ketika memasuki padang rimput ini ini sobat akan disuguhi oleh pemandangan yang hijau dan di kelilingi oleh bukit-bukit yang menambah keindahan tempat wisata ini.

Untuk menuju ke padang savana ini, akses yang paling mudah, jika memakai kendaraan biasa atau sepeda motor adalah melalui jalur Malang atau Lumajang.

4. Bukit Mentigen

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Selain Penanjakan 1 dan penanjakan 2 yang sudah disebut di atas, alternatif ke tiga untuk spot view sunrise adalah dari Bukit Mentigen. Disini pengunjung cukup jalan kaki saja dari area penginapan  villa atau hotel yang berada di daerah Cemara Lawang Probolinggo.

Walaupun lokasi bukit tidak terlalu tinggi namun bisa menjadi alternatif terbaik jika sobat berangkat ke Bromo ala Backpacker, seperti tidak membawa kendaraan sendiri baik roda 4 maupun roda 2.

Jalan kakinya pun tidak jauh dari terminal Cemara Lawang. Lokasi tepatnya berada di sebelah timur Hotel Lava View Bromo.

5. Bukit Teletubbies

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Tidak lengkap rasanya jika sobat datang dan berlibur ke Gunung Bromo tanpa mengunjungi Bukit Teletubies. Lokasinya berada di sebelah selatan Gunung Bromo dan satu jalur ketika sobat akan menuju Padang Rumput Savana.

Bukit ini sebenarnya merupakan gunung-gunung kecil yang di tumbuhi rerumputan hijau khas pegunungan dan seolah-olah berbentuk rumah yang berada di film Teletubbies.

Oleh sebab itu masyarakat suku tengger dan sekitar menyebutnya sebagai Bukit Teletubies. Untuk menuju ke bukit Teletubbies, sobat bisa sewa jeep untuk diantarkan ke lokasi.

6. Bukit B29 Argosari

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Bukit B29 Argosari merupakan salah satu spot camping favorit di Bromo. Destinasi wisata yang satu ini memang terdengar cukup asing bagi sebagian pengunjung Bromo.

Tempat ini adalah puncak yang paling tinggi di kawasan Wisata Gunung Bromo, lebih tinggi dari Penanjakan 1. Sehingga udara dingin dan pemandangan yang sangat indah yang bercampur dengan hamparan tumbuhan khas dari dataran tinggi membuat kawasan wisata ini sangat rekomended untuk dikunjungi.

Lokasi B29 ini berada di daerah Desa Argosari, Kec. Senduro kira – kira 40 Km dari kota Lumajang. Jadi untuk menuju ke B 29 ini akses yang paling mudah adalah melalui Senduro Lumajang (jalur selatan),

Namun sobat dapat menyewa jeep di timurnya Kecamatan Sukapura. Dan bagi  sobat yang memiliki hobi motor cross sangat cocok sekali untuk datang ke tempat ini, selain medan menantang khas pegunungan, sobat juga akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah dan alami menghiasi perjalaan sobat disepanjang rute menuju kawasan ini.

Baca juga : Warung Nasi Padang Paling Enak di Probolinggo

7. Bromo Milky Way

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Pemandangan yang satu ini hanya bisa di dapatkan pada saat malam hari, dengan pergi ke spot-spot tertentu yang cocok untuk hunting photography gugusan bintang atau milky way ini di malam hari.

Persiapkan kamera yang bagus jika sobat tertarik ingin melihat Bromo Milky Way ini, salah satu alasan kenapa pemandangan ini sangat menarik adalah karena salah satu syarat untuk mendapat milky way terbaik adalah jauh dari penerangan lampu kota jadi harus dalam keadaan gelap sempurna, tanpa awan mendung yang menutupi bintang dan juga harus disertai perhitungan yang tepat untuk berburu milky way (harus memakai software stellarium)

Bromo Milky Way baru dikenal dan menjadi trend sekitar tahun 2013 – 2014, sejak seorang turis asing mengupload di youtube keindahan milky way dari Gunung Bromo.

Sejak itulah para pecinta fotography dari berbagai belahan dunia pun ikut berburu foto galaksi bima sakti dari Gunung Bromo ini.

Waktu terbaik untuk hunting Bromo Milky Way adalah pada saat musim kemarau, yaitu sekitar bulan Mei sampai bulan September, karena langit akan sangat cerah seiring dengan musim kemarau.

8. Lautan Pasir Berbisik

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Yang terakhir spot penting di kawasan Gunung Bromo adalah Lautan Pasir Berbisik, merupakan lokasi yang berada di area Kawah Gunung Bromo dan Padang Savana, awal mula disebut Pasir Berbisik karena tempat ini lautan pasir yang memiliki suara desisan angin yang khas ketika terkena terpaan angin. Dari sinilah masyarakat sekitar dan wisatawan menyebutnya dengan Pasir Berbisik.

Perlu diketahui Pasir berbisik atau Lautan Pasir ini tidak dimiliki oleh gunung berapi manapun kecuali hanya satu yaitu Gunung Bromo. Pemandangan yang mempesona di Gunung Bromo ini selain bisa melihat hamparan lautan pasir juga terselip pemandangan lereng-lereng kalendra sebagai pembatas lautan pasir dengan hutan gunung bromo sebagai pelengkap keindahan di mata kita.

9. Bukit Kembang

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Bukit Kembang Probolinggo adalah tempat wisata baru yang terletak di Dusun Puncak, Desa Sapih, Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo.

Sebuah tempat wisata yang juga berlokasi di kawasan wisata gunung Bromo yaitu tepatnya di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dengan pemandangan yang sangat menawan.

Untuk menuju ke Bukit Kembang, akses yang dilalui sangat sempit dan hanya bisa dilalui oleh satu jalur seukuran sepeda motor saja, jadi mobil hanya dapat sampai Desa Sapih (masih 8 kilometer dari puncak bukit).

10. Madakaripura Forest Park

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Masih di lokasi sekitaran Bromo, namun berada dibawah kawasan Gunung Bromo tepatnya berlokasi di desa Negororejo Lumbang Kabupaten Probolinggo. Merupakan tempat wisata baru yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo selain Bukit Kembang dan Air Terjun Madakaripura.

Letaknya pun tidak begitu berjauhan karena memang masih dalam satu jalur dan berada dalam satu kawasan di kecamatan Lumbang. Objek wisata baru ini dibuka oleh Perhutani setempat dengan memanfaatkan lokasi yang ada serta swadaya masyarakat. Dengan tujuan untuk memperkaya pariwisata Kabupaten Probolinggo dan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

11. Air Terjun Madakaripura

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Merupakan salah satu air terjun yang berada di Jawa Timur, terletak di Dusun. Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Berada tidak jauh dari pusat kota Probolinggo dan berada di jalur Surabaya - Bromo, 

Memiliki ketinggian sekitar 200 meter dan memiliki cerita yang pastinya membuat sobat penasaran untuk datang ketempat ini, hal tersebut dikarenakan konon dulunya adalah tempat peristirahatan terakhir Mahapatih dari Majapahit yang bernama Gajah Mada.

Berada jauh didalam pegunungan membuat tempat ini senantiasa terlihat asri dan natural. Dikanan kiri sobat akan melihat pemandangan luar biasa alam pegunungan dengan hawa lembab juga dingin serta hijaunya daun-daun dari pepohonan khas dengan aroma khas pegunungan.

Untuk menuju ke kawasan air terjun Madakaripura ini, sobat dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa jeep dari Kota Probolinggo, karena lokasinya masih satu jalan dengan jalur ke Bromo, siapkan kantong plastik jika ingin ke kawasan ini agar barang sobat tidak basah.

12. Air Terjun Watu Lawang

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Disebut dengan nama Air Terjun Watu Lawang dikarenakan tempat wisata ini terletak di antara kanan dan kiri tebing tinggi. Pada saat sobat akan memasuki tempat ini sobat akan menemukan semacam pintu masuk yang orang Jawa menyebutnya dengan “Lawang" yaitu batu yang berbentuk mirip seperti pintu sehingga masyarakat sekitar menamakannya "Watu Lawang”.

Objek wisata yang satu ini memang belum banyak diketahui keberadaannya oleh para wisatawan. Berlokasi di Desa Ngepung, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Dan masih satu jalur dengan jalan raya menuju wisata Gunung Bromo jika sobat dari arah Probolinggo, ketika sampai di dekat SMKN 1 Sukapura terdapat sebuah gang kecil disebelahnya, sobat harus menitipkan kendaraan pada masyarakat didekat kawasan tersebut.

Kemudian dilanjutkan dengan turun ke bawah untuk menyusuri pinggiran sungai. Dari tempat parkir menuju sungai bisa memakan waktu sekitar 15 - 20 menit tergantung kondisi, jangan bepergian disaat musim hujan ya sob.

13. Air Terjun Triban

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Masih di daerah yang sama objek wisata yang satu ini bernama Air Terjun Triban dan juga terletak di Desa Ngepung. Untuk menuju kesana jika sobat berangkat dari Surabaya menuju ke Bromo lewat Madakaripura, desa Ngepung tidak akan dilewati.

Maka sobat harus melewati jalan raya Sukapura, karena Ngepung hanya akan dilewati oleh kendaraan yang berasal dari terminal Bis Bayuangga (Probolinggo).

14. Air Terjun Sumber Pakis II

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Kawasan wisata ini juga berada satu jalur dengan lokasi Air Terjun Watu Lawang, yang berada di Desa Ngepung, Kec. Sukapura.

Lokasi Air terjun Sumber Pakis II berdekatan dengan Air Terjun Triban & Air Terjun Kedung Amis. Jika sobat berada di kawasan Air Terjun Kedung Amis nantinya akan bertemu dengan 2 aliran sungai, jika sobat ke kiri maka akan menuju ke wisata Air Terjun Watu Lawang, sedangkan yang ke kanan menuju ke Air Terjun Sumber Pakis II.

15. Air Terjun Kedung Amis

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Kawasan Air Terjun Kedung Amis terletak tepat sebelum masuk ke kawasan wisata Air Terjun Watu Lawang. Aliran air dari Air terjun Kedung Amis selanjutnya terbagi menjadi dua, yakni sebelah kiri  mengarah ke Air Terjun Watu Lawang dan sebelah kanan yang mengarah ke Air Terjun Sumber Pakis II.

Tempat wisata ini sangat indah dengan air yang jernih yang dimiliki pastinya dapat memberikan sensasi berlibur yang seru dan berbeda, dan  sangat menarik untuk dikunjungi.

16. Air Terjun Kali Pedati

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Sekarang kita akan keluar dari kawasan Gunung Bromo, tepatnya berada di daerah Bremi, terdapat wisata Air Terjun yang bernama Air Terjun Kali Pedati memiliki ketinggian sekitar 20 m dari tanah dan berada di Kawasan Wisata Bremi tepatnya di lereng Gunung Argopuro.

Keberadaan air terjun ini di atas (ke arah hulu) disebut Air Terjun Darungan dengan debit kucuran air yang lebih besar dan lebih tinggi.

Jarak tempuh dari Ranu Agung Resort dengan kendaraan bermotor berkisar 1,5 jam ditambah jalan kaki selama 1 jam dengan menyisir daerah sepanjang aliran Sungai Pedati yang terkenal dengan tebing-tebing batuan vertikal.

Lokasi Air Terjun Kali Pedati ini tepatnya berada di Desa Kalianan, Kecamatan Krucil. Jika sobat menggunakan kendaraan umum, sobat bisa naik bus dari Kota Probolinggo dan berhenti di Desa Krucil. Setelah itu melanjutkan perjalanan dengan menyewa ojek motor.

17. Air Terjun Hyang Darungan

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Masih di daerah yang sama yaitu di daerah Bremi, terdapat wisata Air terjun yang bernama lengkap Air Terjun Hyang Darungan. Untuk menuju kesana bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Probolinggo dengan kendaraan bermotor dan diteruskan dengan berjalan kaki selama 1 jam melalui area Perkebunan Kopi Aeng Dingin di lereng barat Pegunungan Argopuro.

Atau bisa juga dari terminal Kota Probolinggo menggunakan bus jurusan Bremi, sekitar 2 jam, dan dilanjutkan jalan kaki dari pintu masuk wisata Bremi menuju ke air terjun.

18. Air Terjun Umbulan

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Objek wisata Air Terjun yang terakhir bernama Air Terjun Umbulan, memilki view yang sangat indah dan cukup asli karena memang tempat ini masih belum banyak diketahui wisatawan.

Tempat wisata ini sangat menarik untuk sobat kunjungi, apalagi bagi sobat yang menyukai wisata dengan genre petualangan. Hal itu dikarenakan untuk sampai pada tempat wisata tersebut, mengharuskan untuk melewati trek yang lumayan cukup sulit.

Untuk menuju lokasi air terjun Umbulan, dari kota Probolinggo tinggal mengikuti petunjuk ke Bromo, sekitar 500 meter setelah melewati pasar Sukapura disisi kiri jalan ada kantor Telkom dan tepat di sampingnya terdapat gang kecil yang merupakan akses jalan satu - satunya untuk menuju ke Air Terjun Umbulan.

19. Pemandian Air Panas Tiris

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Selanjutnya ada Pemandian Air yang berada di Desa Tiris. tepatnya berlokasi di Kompleks Danau Ranu Segaran. Berjarak sekitar 200 meter, dan pemandian ini masih alami serta berada tepat di pinggir sungai.

Pemandangan alam yang hijau dan air yang jernih membuat suasana menjadi tenang saat sobat berendam di air panas ini.

20. Gunung Argopuro

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Masih seputar gunung, kali ini ada gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi yang menawarkan keindahan alam yang tak kalah mempesona. Dengan ketinggian 3.088 Mdpl dan termasuk dalam komplek pegunungan Hyang yang ada di Probolinggo.

Memiliki satu puncak tertinggi yang bernama Puncak Rengganis. Dan disini juga terdapat situs bersejarah peninggalan sebuah kerajaan, peninggalan zaman purbakala berupa teras berundak dengan 3 komplek area, tempat ini sangat cocok sekali jika dijadikan sebagai objuek wisata edukasi di probolinggo.

Sekedar info: Perjalanan pendakian Gunung Argopuro memiliki dua jalur seperti dibawah ini : 

Jalur pendakian via Bremi
Dari stasiun atau terminal Kota Probolinggo lanjut naik bus AKAS kecil jurusan Bremi. Sesampai di Bremi, sobat harus ke mendaftar terlebih dahulu ke Polsek Bremi atau Basecamp Bremi.

Trek via Bremi (naik ±14,5 jam, turun ke Baderan ±6 jam):
Polsek Krucil (Bremi) – Danau Taman Hidup (4jam) – Hutan Lumut (30menit) – Cemara Lima (2jam) – Angkene (3jam) – Cisentor (2jam) – Rawa Embik (2jam) – Puncak (1jam)

Jalur pendakian via Baderan
Dari stasiun atau terminal kota Probolinggo lanjut naik bus AKAS kecil jurusan ke Besuki, lalu dilanjutkan menuju Desa Baderan menggunakan angkot. Sesampai di Baderan, Anda harus ke mendaftar terlebih dahulu ke Polsek Sumbermalang atau melapor kepada pihak Perhutani.

Trek via Baderan (naik ±13 jam, turun ke Bremi ±7 jam)
Resort Perhutani – Pintu masuk hutan/Makadam (4jam) – Mata Air I KM 4,2 (2jam) – Mata Air II (2jam) – Cikasur (1jam) – Cisentor (1jam) – Rawa Embik (2jam) – Puncak (1jam)

21. Danau Taman Hidup

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Suka dengan objek wisata danau, di probolinggo juga ada namanya Danau Taman Hidup, terletak di kawasan pegunungan, tepatnya berada di lembah gunung Argopuro.

Uniknya di tepian danau terdapat padang ilalang yang sangat luas. Ilalang inilah yang membuat danau terlihat cantik, sehingga biasanya dibuat spot foto bagi photograper. Selain diperbolehkan untuk mengambil gambar, wisatawan juga diperbolehkan untuk mengambil air di dalam danau melalui sebuah dermaga tua yang sedikit rusak.

Untuk menuju ke sini , sobat dapat langsung dari stasiun/terminal kota Probolinggo lanjut naik bus AKAS kecil jurusan Bremi. Sesampai di Bremi, Anda harus ke mendaftar terlebih dahulu ke Polsek Bremi atau Basecamp Bremi 

22. Danau Ranu Agung

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Satu lagi wisata danau, bernama Danau Ranu Agung merupakan danau yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik dari Gunung Lamongan. Di bekas kawah yang kini sudah tidak aktif lagi, tergenang air yang berubah menjadi danau indah berbentuk seperti hati atau “Love”.

Jarak tempuh danau ini dari Kota probolinggo memakan waktu sekitar 2,5 jam. Tidak ada angkutan umum untuk menuju ke lokasi, jadi sobat harus naik kendaraan pribadi, namun terkadang ada ojek yang mengantar kesana.

23. Danau Ranu Merah

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Danau Ranu Merah juga salah satu danau yang terletak di Kecamatan Tiris, Probolinggo. Danau ini memiliki keunikan dan eksotisme tersendiri jika dibandingkan dengan danau-danau lain yang terdapat di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. 

Wisata Danau Ranu Merah masih belum terlalu ramai pengunjung. Hal ini dikarenakan memang masih belum banyak orang yang mengerti keberadaan obyek wisata yang satu ini.

Keunikan danau ini adalah air yang berada di dalam danau apabila diperhatikan sekilas seolah tampak merah walaupun sebenarnya airnya bening apabila sudah diangkat. Warna merah tersebut disebabkan oleh warna elemen yang ada di dalam danau yang menyebabkan air danau terlihat kemerah-merahan. Hal inilah yang melatar belakangi asal-usul nama Danau Ranu Merah.

Lokasi danau ini tidak jauh dengan danau Ranu Segaran, tepatnya berada di Desa Andungsari, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo.

24. Danau Ranu Segaran

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Danau Ranu Segaran juga salah satu danau eksotis yang dimiliki Kabupaten Probolinggo. Danau ini tidak pernah kering dan menyimpan sejuta keindahan dengan aneka flora dan fauna di dalamnya. 

Saat musim kemarau, kedalaman air bisa mencapai 43 meter. Saat hujan tiba bisa mencapai 46 meter. Kini, Pemkab memepercantik danau tersebut dengan sejumlah fasilitas agar bisa dinikmati publik mulai tempat parkir, anjungan, permainan, sampai pujasera. Pengunjung pun semakin betah berlama-lama di danau tersebut.

Untuk menuju kesini, jarak tempuh danau ini dari Kota probolinggo memakan waktu sekitar 2 jam. Danau Ranu Segaran terletak di Desa Ranu Agung, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Pintu masuk ke danau ini bersebalahan dengan Koramil.

25. Danau Ronggojalu

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Danau yang terakhir adalah Danau Sumber Air Ronggojalu atau Ranu Ronggojalu adalah sebuah wisata danau yang memiliki panorama alam yang juga sangat indah. Selain sebagai tempat wisata, danau ini juga dimanfaatkan sebagai sumber air bersih yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan industri penduduk setempat. Kapasitas air di danau ini mencapai 3000 liter setiap harinya. Air yang berasal dari sumber mata air murni dari alam.

Selain panorama yang mempesona dan suasana di lokasi yang sangat sejuk, di Danau Ranu Ronggojalu juga terdapat berbagai wahana bermain dengan fasilitas yang memadai. Salah satu wahana paling favorit di Ranu Ronggojalu adalah kolam renang anak-anak yang dilengkapi dengan ban pelampung, gazebo untuk duduk duduk santai, dan warung-warung yang menjual jajanan khas Probolinggo.

Letak danau ini tidak jauh dari pusat Kota Probolinggo, hanya ±30 menit perjalanan apabila berangkat dari Alun Alun Probolinggo. Terletak di Desa Tegalsiwalan, Kecamatan Leces.

26. Perkebunan Teh Andung Biru

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Kebun teh andung biru, terletak di kec Tiris kab Probolinggo. Perkebunan ini memiliki lahan yang luas dengan pemandangan hijau yang eksotis.

27. Arung Jeram Songa

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Suka dengan tantangan yang memacu adrenaline?, objek wisata yang satu ini cocok sekali dengan sobat, sungai yang berjarak sekitar 25 Km dari pusat Kota Probolinggo, dengan debit air yang besar serta pemandangan alam yang indah sangat menantang untuk olahraga arung jeram.

Arena arung jeram yang lumayan panjang dengan track rafting sekitar 29 Km suda pasti sangat seru untuk di coba. 

Dibagi menjadi 3 zona rafting yaitu sungai Pekalen bagian atas dengan track 12 Km yang menguras adrenaline anda tentunya.

Sungai bagian tengah dengan track 7 km dan sungai Pekalen bagian bawah dengan track sepanjang 10 Km dengan 32 jeram yang sangat menantang. Masing-masing zona ini mempunyai ciri khas dan keistimewaan sendiri-sendiri.

Di sepanjang sungai sobat juga akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan seperti Goa kelelawar dan macam-macam satwa liar di sepanjang sungai.

28. Candi Kedaton Tiris

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Suka dengan objek wisata budaya??, Probolinggo juga punya sob, namnya Candi Kedaton, Candi Kedaotn ini memang hanya berbentuk batur yang berupa kaki candi saja, namun merupakan candi bercorak Hindu yang mempunyai ukuran 6 Meter persegi.

Di bangun pada tahun 1292 saka atau setara dengan 1370 masehi. Terdapat 33 relief pada kaki candi. Candi ini memiliki relief yang seakan menceritakan kehidupan saat itu.

Lokasi wisata ini terletak di Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Probolinggo

29. Candi Jabung

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Objek wisata candi yang terakhir adalah Candi Jabung, merupakan salah satu peninggalan sejarah era kejayaan Majapahit. Didirikan pada tahun 1354 Masehi. 

Keunikan candi ini adalah meskipun terbuat dari bata merah, Candi Jabung mampu bertahan selama ratusan tahun, hingga sekarang. Arsitektur Candi Jabung ini hampir serupa dengan Candi Bahal, Sumatra Utara.

Untuk menuju ke sini, sebaiknya sobat menggunakan kendaraan pribadi atau sewa travel karena tidak ada angkutan umum yang langsung menuju ke lokasi ini.

Lokasi wisata ini terletak di Desa Jabung, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

30. Pantai Bentar

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Suka dengan objek wisata pantai??, tenang sob Probolinggo juga memilkinya namanya Pantai Bentar. Obyek wisata pantai di probolinggo ini merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer dan favorit di Probolinggo. Di pantai ini sobat bisa melihat Hiu tutul yang biasanya muncul pada bulan Januari hingga Bulan Maret.

Anda akan melihat hiu ini dari pantai atau penggunakan teropong agar lebih jelas. Hiu-hiu ini akan berimigrasi ke perairan Indonesia dari Laut Australia karena Kalender Cuaca.

31. Pantai Duta

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Pantai Duta juga sangat layak menjadi destinasi wisata bagi sobat pecinta alam pantai, selain pantai yang tenang juga menjadi kawasan mangrove center. Apalagi, lokasi wisata yang mudah dijangkau. Hanya berjarak 1 kilometer dari Jalan Raya Pantura yang melintasi Kecamatan Paiton.

Jika sobat ingin pergi ke tempat wisata Pantai Duta Probolinggo sobat bisa menempuh perjalanan kurang lebih 45 menit dari Gunung Bromo. Liburan pun tidak akan mengecewakan karena tempat wisata pantai Duta menyuguhkan pemandangan alam yang sangat eksotis, yakni keindahan laut nan alami, adanya rimbunan pepohonan cemara nan hijau yang pastinya membuat liburan anda semakin asyik, serta hamparan pasir laut bersih, karena terbilang masih baru.

Bahkan terkadang kita bisa menikmati fenomena hiu tutul tampak dari kejauhan pantai pada saat-saat tertentu. Bukan itu saja, ubur-ubur pun terkadang juga bisa kita temukan ketika sedang musim pancaroba pada setiap tahunnya

32. Pantai Tambaksari

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Pantai ini terletak di Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo. Tepatnya di sebelah utara jalan raya jalur pantura lintas Bali. Lokasinya sangat mudah dijangkau karena ada di jalur ramai, hanya sekitar 1 km dari jalan raya.

Suasana pantai ini terasa sangat berbeda dengan pantai pada umumnya. Pemandangan di sini memiliki keunikan tersendiri yaitu perpaduan 3 unsur yaitu pantai, hutan bakau, dan pemandangan banyaknya pohon bakau yang dibiarkan mati. Tapi justru perpaduan pohon-pohon mati itulah yang membuat daya tarik tersendiri.

Untuk menuju pantai Tambaksari, sobat harus menempuh jarak sekitar kurang lebih satu kilo dari jalan raya Pajarakan ke arah utara. Sekitar setengah kilometer dari jalan raya, sobat bakal menemui kondisi jalan yang rusak berlubang.

Khusus bagi sobat yang menggunakan mobil harus ekstra hati-hati. Sebab akses jalan menuju pantai ini lumayan cukup sempit.

33. Pantai Gili Ketapang

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Pantai ini terletak di pulau kecil utara Kota Probolinggo, Pantai Gili Ketapang dapat dicapai sekitar 30 menit dari pelabuhan Kota Probolinggo dengan menyewa perahu.

Suka snorkling, berenang dan diving?, Pantai Gili Ketapang cocok bagi sobat yang memiliki hobi tersebut, dengan air laut yang masih jernih, sobat dapat melihat keindahan terumbu karang dibawah laut serta ikan-ikan hias seperti ikan anemon atau biasa disebut ikan nemo,

Sekedar info, di pulau ini sobat tidak akan menemukan penginapan, sobat bisa menginap di rumah warga atau berkemah di area pantai.

Untuk menuju Pantai ini dari Kota Probolinggo, pertama sobat terlebih dahulu menuju ke Pelabuhan Tanjung Tembaga kemudian menyeberang ke Pulau Gili Ketapang dengan menyewa kapal motor.

34. BJBR Probolinggo

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Beejay Bakau Resort (BJBR) Probolinggo, adalah suatu wahana ekowisata bakau yang berlokasi disebelah Utara Kota Probolinggo, dengan menempati lahan seluas 89 hektar, atau bahkan bisa lebih jika pengembangan tempat ini terus dilakukan. 

Ditempat wisata ini sobat juga bisa berjalan santai atau bersepeda di "cycling track/trail" berupa jembatan kayu kurang lebih sepanjang 2800 m2 disepanjang pinggiran laut.

Mengandalkan ekowisata berupa hutan bakau juga beberapa wahana lainnya seperti pantai pasir putih, yang dilengkapi permainan seperti perahu kanoe, perahu bebek dan juga waterboom.

Terdapat pula wisata religi berupa Masjid diatas laut dimana masjid tersebut bernama Masjid Nurul Bahar dan berarti "Cahaya diatas laut". Masjid tersebut memiliki desain yang cukup unik, yaitu berdindingkan kaca sehingga serasa layaknya sedang beribadah diatas laut.

Tampak dari kejauhan masjid ini seperti kapal sedang berlabuh, berlayar putih. Namun jika diteliti ternyata layar tersebut adalah atap dari masjid tersebut. Yang cukup menarik atap tersebut didatangkan jauh-jauh dari Jerman.

Tak hanya masjid unik, beberapa bulan terakhir BJBR Probolinggo memiliki ikon baru yaitu Kuda raksasa berada dipaling ujung cycling track. Kuda tersebut diberi nama Kuda Cipta Wilaha dan merupakan patung kuda terbesar ke 2 didunia.

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Adapun desain pembangunan patung kuda itu terinspirasi oleh kuda Troya pada jaman Yunani Kuno. Dengan kapasitas masuk 30 orang, wahana ini semenjak dibuka tidak pernah sepi dari para pengunjung.

Jika sobat berada di kawasan wisata ini jangan lupa untuk menikmati kuliner ikan asap paling enak di Probolinggo

35. Hutan Mangrove

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Masih di daerah BJBR Probolinggo sobat juga dapat menemukan tempat wisata yaitu hutan Mangrove.

Lokasinya berbatasan dengan laut lepas. Obyek wisata yang menarik untuk di kunjungi karena tempat ini memilki keindahan yang eksotis.

36. Bukit Bintang Bentar 

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Masih disekitaran Pantai Bentar, disini juga terdapat tempat wisata yang lumayan menarik, namanya Bukit Bentar, berada di ketinggian 400 Mdpl. Wisata alam ini berlokasi di Desa Curahsawo, Kec Gending, Probolinggo Jawa Timur.

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Untuk menuju kesini sobat harus berjalan kaki melewati jalan terjal dan menanjak untuk sampai ke puncak bukit ini. Namun semua kelelahan sobat akan terbayar lunas saat sudah berada di puncak dan melihat panorama alam yang tersaji dari puncak bukit.

37. Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL)

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Satu lagi tempat wisata yang berada tepat di tengah Kota Probolinggo, berada di Kelurahan Mangunharjo Kec Mayangan, namanya adalah TWSL atau Taman Wisata Studi Lingkungan, dengan Luas sekitar 1 Hektar.

Ditempat ini sobat dapat menemukan sekitar 20 Jenis tanaman yang tumbuh tahunan. Di antaranya ada mengkudu, mahoni, sengon, waru dan lain-lain.

Wisata taman ini juga terdapat bebarapa hewan reptil, aves, mamalia dan tree yang menarik untuk sobat yang memiliki hobi belajar.

38. Museum Probolinggo

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Masih di tengah kota Probolinggo, jika sobat memiliki hobi mencintai sejarah, tempat wisata yang satu ini sangat cocok buat kamu. Lokasi museum ini ada di Jl. Suroyo No.7 Kabupaten Probolinggo. Museum ini sebagai Pusat penyimpanan barang-barang bersejarah yang ada di Probolinggo.

Didalamnya tedapat aset peninggalan sejarah zaman penjajahan Belanda yang menambah Koleksi barang di Museum ini.

39. Miniatur Ka'bah

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Tempat wisata yang terakhir terletak di pinggir jalan raya Pantura, yang bernama Miniatur Ka’bah tepatnya di Desa Curah Sawo, Kecamatan Gending, masih berdekatan dengan Pantai Bentar, kini menjadi destinasi wisata reliji. 

Mulai dibangun pada tahun 2008 untuk manasik haji dan umrah. Ajang latihan bagi jamaah yang bersiap menuju tanah suci. Awalnya permintaan ulama agar calon jamaah haji punya tempat latihan, dan diwujudkan pada era Bupati Hasan Aminuddin.

Bagaimana?, cukup banyak bukan pilihan tempat wisata di daerah Probolinggo selain Gunung Bromo, 

Setelah membaca informasi diatas, diharap sobat tidak lagi bingung untuk memilih Tempat wisata bromo dan sekitarnya, cukup tentukan pilihan dan rencanakan liburan sobat di Kota ini, 

Akhir kata cukup sekian artikel ini, apabila ada kekurangan mohon dimaafkan, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Ad

Baca juga:

39 Tempat Wisata Bromo dan Sekitarnya

Artikel Menarik Lainnya :