Makanan Untuk Membentuk Otot Tanpa Suplemen

Makanan Untuk Membentuk Otot Tanpa Suplemen
Makanan Untuk Membentuk Otot Tanpa Suplemen - Bagi kaum pria memiliki tubuh ideal dan berotot adalah impian semua kaum adam, apalagi bagi mereka yang masih lajang, memiliki tubuh berotot, kekar dan berisi adalah senjata untuk menarik perhatian cewek,

Karena biasanya cewek lebih menyukai cowok yang memiliki tubuh yang tidak terlalu kurus maupun tidak terlalu gemuk, ya walaupun sebagian ada yang sebaliknya,

Dengan penampilan tubuh yang kekar dan tampak berotot, pastinya kaum wanita akan merasa memiliki bodyguard, dan merasa tenang disampingnya karena merasa mendapat perlindungan,

Untuk membentuk otot bukan hanya didapat dari latihan otot di pusat-pusat kebugaran atau dengan fitness saja, namun penunjang yang paling penting adalah dengan menjaga pola makan yang seimbang, diet ketat dan juga mengkonsumsi jenis makanan yang baik untuk otot,
Baca juga : 20 Aplikasi android untuk membentuk tubuh

Bukan hanya latihan yang keras dan rutin, untuk membantu dalam latihan membentuk otot juga diperlukan sebuah makanan yang disebut makanan suplemen agar proses pembentukan otot berlangsung cepat, namun sayang harga suplemen untuk membentuk otot biasanya mahal, dan cukup menguras kantong,

Satu jenis suplemen yang mengandung amino, biasanya dipatok dengan harga mulai dari Rp. 300.000, suplemen ini berbentuk seperti pil, dan biasa diminum sebelum atau sesudah latihan agar otot lebih cepat terbentuk,

Tapi tahukah sobat?, ternyata ada beberapa makanan yang murah dan mudah didapat yang dapat membantu membentuk otot tanpa harus suplemen, yang juga terbukti ampuh,

Namun, sebelum sobat mengetahui jenis makanan yang baik untuk otot ini, ada baiknya sobat terlebih dahulu mengetahui, jenis dan kategori makanan pembentuk otot, seperti apa?,

Kategori makanan yang baik untuk otot :

  • Makanan yang mengandung tinggi protein
  • Makanan yang mengandung lemak sehat (biasanya dari golongan sayur dan biji-bijian)
  • Mengandung banyak serat, 
  • Mengandung karbohidrat, vitamin dan anti oksidan

Baik, karena tanpa bantuan suplemen, dan merupakan cara yang alami, jadi butuh kesabaran yang extra untuk proses pembentukan otot dengan makanan ini, selain itu latihan rutin agar mendapat hasil maksimal, dibawah ini adalah jenis makanan alami yang baik untuk massa otot :

Makanan Untuk Membentuk Otot Tanpa Suplemen :

Brokoli

Makanan Untuk Membentuk Otot Tanpa Suplemen

Makanan yang pertama adalah dari golongan sayuran, yupp.., siapa yang tidak mengenal sayuran yang satu ini, namanya adalah Brokoli, mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B komplek, C, K dan Vitamin E,

Dalam 100 gram sayur brokoli mengandung sekitar 2,8 gram protein dan 2,6 gram serat, kandungan inilah yang baik untuk menambah masa otot dan juga baik untuk pertumbuhan otot, sobat dapat mengkonsumsinya dengan cara direbus atau bisa juga di buat sebagai minuman jus, dan jangan digoreng dengan minyak karena dapat mengurangi kandungan vitamin di dalamnya,

Kecambah atau tauge

Makanan Untuk Membentuk Otot Tanpa Suplemen

Yang kedua masih golongan sayuran juga, dapat dikonsumsi secara langsung ataupun direbus, nama sayuran ini adalah tauge atau kecambah, didalam 100 gram kecambah mengandung 4 gram protein dan 1,9 gram serat,
Baca juga : Kiat sehat dengan sholat

Mengandung Letichin yang sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, selain itu kecambah mengandung vitamin E yang tinggi, yang bagus untuk kesuburan.

Bayam

Makanan Untuk Membentuk Otot Tanpa Suplemen

Masih sama dari golongan sayuran, sayuran yang satu ini sangat mudah didapat, selain harganya murah, ternyata sayuran yang menjadi icon di film Popeye ini ternyata dapat membantu dalam pembentukan otot,

Pada tiap 100 gram sayuran bayam ini mengandung sebanyak 2.9 gram protein dan 2.2 gram serat, selain itu bayam juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, yang bagus untuk kesehatan mata,

Cara mengkonsumsinya juga sangat mudah, sobat dapat membuatnya sebagai sayur bening, sop atau lalapan, dan perlu diketahui jangan mengkonsumsi bayam setelah 3 jam proses pengolahan, apalagi yang sudah direbus lagi, karena berbahaya untuk tubuh seperti keracunan,

Kacang Hijau

Makanan Untuk Membentuk Otot Tanpa Suplemen

Dan sekarang kita akan beralih ke biji-bijian, namanya kacang hijau, sobat semua pasti suka dengan yang satu ini, apalagi jika dibuat kolak, hemm...., pasti seneng bukan??, tapi jika sobat ingin membentuk otot dengan makanan yang satu ini, tentunya sobat harus menghindari yang namanya santan karena mengandung lemak,

Dalam 100 gram kacang hijau ini, mengandung 24 gram protein dan 16 gram serat, selain mengandung asam amino, vitamin B1, lemak tak jenuh, kalsium dan fosfor.

Jujur agak ribet untuk mengolah kacang hijau ini, karena memang kacang hijau ini biasanya dibuat sebagai bubur atau kolak, tapi tenang sob, admin biasanya mengolahnya dengan cara direbus dengan air kemudian diminum serta dimakan kacang hijaunya,

Memang sih agak gimana gitu rasanya, jika ditambah gula, maka justru kandungan karbohidrat menjadi lebih tinggi dan mengakibatkan malah tambah gemuk, jadi tambahkan madu sedikit saja, agar lebih enak,
Baca juga : Bahaya ngemil setelah olahraga

Kacang Kedelai

Makanan Untuk Membentuk Otot Tanpa Suplemen

Biji-bijian yang satu ini juga baik untuk menambah masa otot, perlu diketahui kacang kedelai ini adalah sumber protein yang paling tinggi diantara biji-bijian yang lainnya,

Tiap 100 gram kedelai mengandung 36 gram protein dan 9 gram serat, selain itu juga kedelai mengandung kalsium yanng baik untuk tulang,

Biasanya admin mengkonsumsinya dengan cara dibuat menjadi susu kedelai, jika dirasa ribet membuat susu kedelai, sobat dapat langsung membeli produk olahannya seperti tempe dan tahu, murah meriah sob,


Pisang

Makanan Untuk Membentuk Otot Tanpa Suplemen

Buah pisang juga sangat dibutuhkan untuk perkembangan otot, biasanya admin mengkonsumsinya setelah berolah raga atau latihan, kandungan potasium yang tinggi pada pisang bermanfaat untuk menjaga relaksasi dan fungsi otot,

Selain itu kandungan potasium pada pisang juga dapat mengembalikan keseimbangan elektronik dan dapat membantu mengurangi rasa sakit pada otot akibat aktivitas yang berat seperti kram otot,
Baca juga : Manfaat buah dan sayur dilihat dari bentuknya

Tiap satu buah pisang yang berukuran sedang, mengandung sekitar 422 mg potasium, jadi jika sobat merasa sering kram, atau otot cepat lelah, perbanyak konsumsi pisang agar terbebas dari gangguan tersebut,

Putih Telur

Makanan Untuk Membentuk Otot Tanpa Suplemen

Yang terakhir adalah putih telur, kenapa bukan kuningnya?, kandungan protein pada telur terdapat pada bagian putihnya, jika sobat ingin membentuk otot sebaiknya jangan mengkonsumsi yang bagian kuningnya, karena mengandung lemak dan kolesterol yang tinggi,

Cara mengkonsumsinya biasanya dengan cara direbus, atau dapat juga dikonsumsi langsung dicampur dengan susu atau madu, konsumsi putih telur sebelum berolah raga atau setelah berolah raga,

Sebenarnya masih banyak beberapa makanan yang baik untuk otot, namun diatas adalah jenis makanan yang mudah didapat dan juga dengan harga yang terjangkau,

Bagaimana murah bukan?, meskipun tidak secepat dibanding dengan suplemen, tapi bisa dibilang semua proses tidak ada yang instan, sabar dan terus berlatih agar mendapat hasil yang di inginkan,

Diharap setelah sobat membaca artikel tentang makanan untuk membentuk otot tanpa bantuan suplemen ini, sobat dapat lebih mengetahui masih ada cara yang lebih hemat untuk sehat,

Akhir kata mohon maaf apa bila ada kekurangan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba, terima kasih.
Ad

Baca juga:

Makanan Untuk Membentuk Otot Tanpa Suplemen

Artikel Menarik Lainnya :