Perbedaan Istilah Cinta Dan Kasih Sayang

Perbedaan Istilah Cinta Dan Kasih Sayang
Perbedaan Istilah Cinta Dan Kasih Sayang
Perbedaan Istilah Cinta Dan Kasih Sayang
Perbedaan Istilah Cinta Dan Kasih Sayang - Banyak diantara kita yang masih menganggap bahwa istilah cinta dan kasih sayang bermakna sama. Memang dalam pemaknaan, hal ini bersifat spekulatif, semua orang berhak menafsirkan segala sesuatu sesuai dengan pemahaman mereka. Orang-orang biasanya mengartikan istilah cinta sebagai perasaan suka kepada objek tertentu, menyerupai manusia, hewan, tumbuhan, maupun benda lainnya. Tidak jauh beda dengan sayang, biasanya hal tersebut didefinisikan sebagai perasaan suka terhadap seseorang maupun benda.

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), istilah cinta dan kasih sayang hampir mirip. Justru sangat mirip, bahkan ekuivalen. Namun, bahwasanya cinta dan sayang mempunyai perbedaan yang cukup jauh jikalau kita mau menelusurinya melalui banyak sekali riset.

Langsung saja, berikut ini ialah perbedaan istilah cinta dan kasih sayang berdasarkan pemahaman dan paparan Blog.

Perbedaan Istilah Cinta Dan Kasih Sayang:

Apa itu Cinta?
Istilah cinta dalam Bahasa Inggris ialah love. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, bahwa tafsir kadang bersifat interpretatif. Dan berdasarkan saya cinta itu merupakan perasaan yang sifatnya memiliki.

Jika anda mengasihi handphone anda, artinya anda punya rasa posesif terhadap handphone anda. Jika anda mengasihi pacar anda, berarti anda ingin mempunyai dia.

Dan dikala ada orang lain yang menarik hati pacar anda, atau mencuri handphone anda, anda niscaya akan murka akhir pengaruh dari mencintai, sebab cinta bersifat memiliki.

Selain itu, cinta juga selalu menuntut segala sesuatu. Ketika anda jatuh cinta dengan seseorang dan mengungkapkan cinta padanya, anda akan berkata "aku cinta padamu" dan dalam hati anda mempunyai rasa ia harus membalas cintanya itu.

Apabila si ia tidak membalas cinta anda, anda akan sakit hati dan itulah sesungguhnya rasa cinta.

Itulah mengapa jikalau dilihat dari sudut pandang keagamaan, beberapa rohaniwan ada yang mengungkapkan bahwa dirinya tidak butuh mengasihi maupun dicintai, sebab Tuhan tidak pernah mencintai, melainkan menyayangi. Lantas apa arti menyayangi?

Apa itu Kasih Sayang?
Setelah saya cari sana-sini, saya belum sanggup menemukan istilah khusus untuk kata 'sayang' dalam Bahasa Inggris. Ketika saya artikan lewat kamus, yang muncul ialah kata love.

Kasih sayang ialah perasaan memberi tanpa menuntut adanya jawaban (pamrih).

Ambil pola orang tua kita. Mereka menyekolahkan kita, memberi kita uang saku, biaya sekolah, uang makan, dikala masih kecil dibelikan mainan, dan sebagainya, itu merupakan sebuah bentuk dari kasih sayang. Mengapa demikian?

Karena orang tua kita cenderung menunjukkan segala sesuatu tanpa mengharapkan jawaban apa-apa, yang penting anak mereka jadi anak yang baik, dikala besar menjadi orang yang sanggup menyejahterakan dirinya maupun sanak familinya.

Dilihat dari sisi spiritual juga sama. Tuhan tidak mengasihi kita, tapi menyayangi kita. Kalau Tuhan mengasihi kita, kita tidak akan sanggup membalas tuntutannya.

Jika Tuhan menginginkan kita untuk terbang mengelilingi dunia tujuh kali, kita tidak sanggup memenuhi tuntutan itu.

Tuhan itu sayang kepada kita. Dia tidak menuntut. Apapun yang Dia berikan kepada kita ialah tanpa pamrih. Saat kita melaksanakan kemaksiatan,

Tuhan tidak akan rugi. Ketika kita berbuat baik pun Tuhan juga tidak memperoleh keuntungan. Kita berbuat dosa, kita tetap diberikan nafas, mencicipi indahnya estetika melihat, nikmatnya makan, dan sebagainya.

Jadi, cinta dan kasih sayang mempunyai perbedaan yang mendasar. Bagaimana berdasarkan anda?

Itulah tadi perbedaan cinta dan kasih sayang dapat dituliskan di blog ini, mohon maaf apabila terdapat kekurangan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan kita semua, cukup sekian dan terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar