4 Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer dan Laptop

4 Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer dan Laptop
4 Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer dan Laptop
Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer dan Laptop Lengkap - Mengetahui spesifikasi sebuah komputer maupun laptop yang anda miliki sangatlah penting. Spesifikasi disini adalah jenis Hardware atau perangkat keras yang ada di komputer atau laptop kita. 

Dengan mengetahui spesifikasi komputer atau laptop gunanya adalah ketika anda ingin menginstall sistem operasi , aplikasi atau game, maka wajib terlebih dahulu anda harus benar-benar memastikan bahwa komputer atau laptop yang anda miliki mempunyai spesifikasi yang memenuhi untuk menginstall sistem operasi, aplikasi atau game tersebut.
4 Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer dan Laptop

Karena jika kita memaksakan untuk menginstall aplikasi berat tetapi tidak di dukung dengan spesifikasi yang memadai, hal tersebut akan berdampak pada menurunnya kinerja komputer anda.
Tips ini saya bagikan bagi anda yang masih belum mengerti tentang menginstal aplikasi di laptop atau komputer, Sebelum menginstal aplikasi atau game, silahkan dibaca keterangan system requirement di CD/DVD atau yang ada di readme, jadi jangan asal instal aja ya.., hehehe....
Jadi kesimpulannya adalah sistem operasi, aplikasi / software atau game akan berjalan lancar apabila didukung dengan spesifikasi yang diminta.

Untuk melihat spesifikasi pada komputer maupun laptop, anda bisa mengeceknya menggunakan aplikasi bawaan dari windowsnya atau aplikasi dari pihak ketiga yang lainnya, aplikasi bawaan windows namanya DirectX Diagnostic Tools atau dengan bantuan software lain seperti Speccy atau CPU-Z

4 Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer dan Laptop 

A. MELALUI SYSTEM PROPERTIES

Klik Start - Computer - klik kanan - properties 


atau dengan cara masuk Control Panel 
Klik Start - Control Panel - System and security - system

Klik System and Security


akan keluar jendela seperti dibawah ini :



Dengan melihat gambar diatas kita bisa mengetahui versi Windows yang kita pakai, jenis Processor, RAM, Sytem type dengan tampilan yang singkat, untuk yang lebih lengkap kita bisa menggunakan cara yang kedua yaitu dengan tools bawaan windows yaitu DirectX.

B. MELALUI DIRECTX DIAGNOSTIC TOOLS (DXDIAG)

Masuk pada DirectX Diagnostic Tools dengan cara menekan tombol Win + R, lalu ketikkan dxdiag kemudian klik OK atau tekan Enter.


Jendela informasi mengenai spesifikasi komputer anda akan muncul seperti gambar dibawah ini.


Klik tab display untuk mengetahui jenis VGA yang ada di laptop atau komputer kita.


Dengan melihat gambar di atas kita bisa mengetahui spesifikasi komputer atau laptop yang kita miliki, dengan membaca keterangan mulai dari Processor, RAM, VGA, Sound, BIOS, Merk dan Jenis Board, Operating System dan lain sebagainya. 
Dengan begitu kita mengenal komputer atau laptop kita, karena ada pepatah tak kenal maka tak sayang, hehehe.........

Dalam menu DirectX Diagnostic Tools terdapat 4 tab, antara lain :
  1. Tab System menampilkan beberapa informasi umum mengenai spesifikasi komputer anda.
  2. Tab Display berisi mengenai hal yang berhubungan dengan kartu VGA yang terdapat pada komputer  anda.
  3. Pada tab Sound, anda bisa melihat kartu suara (sound card) beserta driver yang digunakan pada komputer anda.
  4. Tab Input menampilkan perangkat input (input devie) yang digunakan pada komputer anda, misalkan mouse dan keyboard.

C. MELIHAT SPESIFIKASI KOMPUTER MENGGUNAKAN SPECCY
  1. Download aplikasinya terlebih dahulu disini.
  2. Install aplikasinya, kemudian buka aplikasi Speccy.
  3. Jendela informasi mengenai spesifikasi komputer anda akan muncul seperti gambar di bawah ini.


Berbeda dengan DirectX Diagnostic Tools bawaan windows, Speccy menampilkan informasi mengenai spesifikasi komputer anda lebih lengkap dan terperinci. Sebagai contoh, saya mencoba melihat spesifikasi komputer saya sendiri.

Seperti yang anda lihat pada gambar di atas, Speccy menampilkan hampir semua perangkat keras yang terdapat pada komputer saya, termasuk suhu dan merk nya. Dan juga anda bisa klik menu disamping kiri untuk melihat lebih detail spesifikasi hardware anda, sebagai contoh artikel saya yang lalu membahas istilah penting pada processor 

D. MELIHAT SPESIFIKASI KOMPUTER MENGGUNAKAN CPU-Z
Cara selanjutnya adalah dengan aplikasi CPU-Z. Anda dapat download disini . Aplikasi ini 100% Gratis atau Freeware, Setelah download
  1. Install Aplikasi seperti biasa, Tinggal Next aja sampai Finish
  2. Buka Aplikasinya
  3. Maka akan muncul gambar seperti dibawah ini, di situ terdapat sangat lengkap spesifikasi komputer kita. bahkan sampai Kecepatan Processor, Voltage CPU dan Lainya.


Sekian artikel - 4 Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer dan Laptop - sebenarnya terdapat banyak aplikasi yang bisa anda coba untuk melihat spesifikasi komputer maupun laptop yang lain seperti GPU-Z, HWiNFO, dan lain-lain, namun saya lebih suka memakai ke empat tool ini, semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar