Cara Instal Ulang Windows 7 Tanpa Menghilangkan Data

Cara Instal Ulang Windows 7 Tanpa Menghilangkan Data
Cara Instal Ulang Windows 7 Tanpa Menghilangkan Data
Cara Instal Windows 7 Tanpa Menghilangkan Data - Kali ini B38 akan berbagi tips bagaimana cara menginstal sistem operasi Windows 7 di laptop atau komputer tanpa menghilangkan data, tutorial ini di tujukan bagi anda yang masih belum tau cara menginstal Windows 7 yang mana kondisi laptop atau komputer ada datanya. Sebenarnya tutorial ini tidak hanya berlaku untuk Windows 7 saja, namun bagi Anda pengguna Windows 8 atau 10 caranya sama saja.

cara install windows 7

Dibawah ini terdapat langkah-langkah cara menginstal windows 7 di laptop, komputer, berlaku untuk edisi Basic, Home, Pro (Professional), ultimate, 32-bit dan 64-bit, Instal baru atau instal ulang Windows 7 semua versi (SAMA SAJA) ini diterapkan pada satu partisi di hard disk dan pengaturan partisi tambahan.

Cara Instal Windows 7 Tanpa Menghilangkan Data

Persiapan

Untuk instal Windows 7 siapkanlah beberapa hal di bawah ini agar memudahkan proses instalasi dan dapat membantu khususnya bagi pemula :
  1. Spesifikasi Komputer atau Laptop : cara mengetahui spesifikasi komputer
  2. CD/DVD Driver Laptop/komputer
  3. Software tambahan : Siapkan Software - Software Paling Penting untuk Windows
  4. DVD Windows 7 atau flashdisk bootable
Spesifikasi minimal komputer / laptop untuk Windows 7
- Processor: Kecepatan 1 Gigahertz (GHz)
- Memori RAM: 1 Gigabyte (GB) (32-bit) dan 2 GB (64-bit)
- Hard disk: 16 GB (32-bit) dan 20 GB (64-bit)
- Graphics card (Display): Microsoft DirectX 9 graphics device dengan WDDM driver
- Memori Graphics (Display): 256 MB

Rekomendasi komputer / laptop untuk Windows 7
- Processor: Kecepatan 2 Gigahertz (GHz) atau lebih tinggi
- Memori RAM: 2 Gigabyte (GB) (32-bit) dan 4 GB (64-bit)
- Hard disk: 30 GB (32-bit) dan 40 GB (64-bit)
- Graphics card (Display): Microsoft DirectX 9 graphics device dengan WDDM driver
- Memori Graphics (Display): 512 MB atau lebih besar

Cara menginstal Windows 7 "Instal ulang". Sebaiknya menghapus partisi hard drive utama (primary partition) sehingga bersih dan instal Windows 7 dari awal, prosedur ini yang disebut sebagai Clean Install, kadang disebut Advanced/Custom install, bukan proses upgrade windows ya sob,

Jika proses upgrade windows, yang lama masih ada, jadi prosesnya hanya akan menindih windows yang lama, jadi hasil yang didapat tidak maksimal,

Baca juga : Cara instal windows 8.1 lengkap dengan gambar

Nah cara yang saya bagikan ini adalah cara bagaimana menginstal windows tanpa menghapus data yang berada di drive D atau drive E.

Kelebihan jika kamu bisa memperbaiki komputer atau laptop sendiri, pastinya tidak akan susah-susah membawa komputer atau laptop kamu ke tempat service dengan mobil atau sepeda motor, pastinya sangat merepotkan sekali kan ?,

Nah silahkan ikuti tutorial dibawah ini dan cukup dikerjakan dirumah atau apartemen jika kamu punya, hehehe..., jika masih bingung silahkan bertanya pada kolom kometar blog ini


Proses Instalasi

Untuk memulai proses install windows 7, Anda akan perlu boot pertama dari Windows 7 CD-DVD (jika menggunakan Windows 7 CD-DVD Installer) atau boot pertama dari perangkat USB (jika menggunakan Flashdisk).

Baca juga : Cara membuat bootable flashdisk windows 7,8,10

Langkah-langkah

Berikut adalah langkah-langkah cara menginstal windows 7, dengan gambar dimulai dari memilih booting windows dari CD-DVD atau flashdisk. Khusus untuk booting dari flash disk, maka masukan terlebih dahulu flash disk sebelum menyalakan komputer atau laptop.

1. Nyalakan Komputer atau Laptop.




2. Masuk BIOS

Saat menyalakan Laptop / Komputer, supaya bisa Masuk Setup MENU BIOS, tekanlah terus menerus dengan cepat tombol F2 (Pada beberapa Laptop merk lain Esc, F1, F10 atau Del Pada Komputer).

Ubah "Boot" Pertama pada "MENU BIOS" Ke CD/DVD, namun jika dari Flash Disk Ubah Boot Pertama ke Flash Disk, ini diperlukan agar Boot Pertama dilakukan melalui Windows 7 CD-DVD Installer atau Flash Disk.

Pada laptop mungkin juga sambil menekan tombol fn bersamaan dengan F1/F2 dst, agar tombol tsb berfungsi, pada gambar dibawah ini tampilan tergantung merk bios cari saja yang ada namanya boot.


Arahkan Boot Pertama Jadi CD-DVD atau Flashdisk dengan cara menekan tombol -/+ pada keyboard (kadang ada bios yang memakai tombol F5/F6), jadi silahkan dibaca tampilan dibawah biosnya karena tampilan ini pun beraneka ragam tergantung merk.

Baca juga : Cara instal windows 10 dengan flashdisk

Untuk memilih menu pada bios silahkan gunakan arah panah, kecuali pada bios yang terbaru kita bisa memakai mouse, karena tampilan sudah memakai GUI (Grapichal User Interface)


Kemudian simpan konfigurasi dengan cara arahkan pada Exit, Saving Changes Kemudian Yes lalu tekan enter, dan Komputer/Laptop akan segera Restart dari DVD.
Jangan Lupa masukan terlebih dahulu DVD Windows 7 Installer ke Drive DVD, sebelum restart.

Setelah restart komputer atau laptop akan keluar tampilan seperti gambar dibawah ini, tampilan ini hanya berlangsung kurang lebih 5 detik, disini kita diperintah untuk menekan sembarang tombol pada keyboard untuk membaca CD/DVD windows,


kalo 5 detik ga tekan sembarang tombol, proses instalasi Windows 7 tidak akan terjadi, jadi  harus restart lagi.
Setelah kita tekan sembarang tombol pada keyborad maka akan keluar proses loading membaca CD/DVD Windows 7 seperti dibawah ini


Tunggu beberapa saat sampai keluar tampilan seperti dibawah ini


Language
kalau anda mau pakai bahasa Indonesia silahkan pilih bahasa Indonesia, kali ini saya pakai Bahasa English,
Untuk Time and Currency format pilih Indonesia (pengaturan jam dan mata uang)
Keyboard or input method : biarkan saja US
setelah itu klik next lalu Klik Install now


Setelah itu klik I accept the license terms, kemudian klik Next.


Setelah itu akan keluar tampilan seperti dibawah ini


Pada Langkah ini, sangat PENTING jadi harus benar-benar diperhatikan, Klik Custom (advenced) - Langkah ini akan memproses Windows dari awal, sehingga nanti akan seperti baru, dan menghapus semua sistem yang lama.

Mengatur Partisi

Pada langkah ini Penting Untuk Mengatur Partisi Yang akan di instal Windows 7 Yang Baru.

Pada gambar di bawah ini contoh Laptop yang memiliki 3 Partisi, Pertama System Reserved, Kedua Windows 7 lama alias C:, dan Ketiga Data alias D:.


Jika Pada Gambar diatas pada kotak tersebut kosong (hard disk tidak terbaca), maka hardisk kemungkinan rusak (kurang bagus) atau kabel ke hard disk tidak bagus (tidak terdeteksi).
Delete Partisi System Windows Yang Lama, maka sistem Lama (C:) akan terhapus, dan My Documents pun akan terhapus seluruhnya, karena My Documents termasuk C:.

Arahkan kursor, Delete Partisi dengan Klik Delete, kemudian klik OK - OK aja, sampai tampilan pada gambar berikutnya.


Tips kalo simpan Data-data penting usahakan jangan disimpan di my document, karena my document ini terletak di Drive C,
Arahkan Kursor Pada Partisi Yang Akan diisi Windows 7 Yang Baru, Klik New.
Kemudian Klik OK - OK (Untuk diketahui, disini ada suatu nilai berapa Byte Hard Disk).


Kemudian arahkan Kursor Pada Partisi Yang Akan Di instal Windows Yang Baru (Primary), Kemudian Klik Next.


Kalau sudah sampai langkah ini anda bisa benar-benar bersantai silahkan ambil buat kopi atau teh hehehe...., karena proses selanjutnya akan berjalan Otomatis.


Jika Pada saat proses Expanding Windows files ada error, berarti RAM laptop/komputer rusak. Kalo lancar, Proses Instalasi Windows akan berjalan dan restart otomatis.


Setelah Restart akan keluar seperti gambar dibawah ini :
Jadi jangan tekan sembarang tombol lagi karena proses instalasi akan diulang seperti langkah diatas.


Jika menggunakan DVD biarkan DVD ada didalam, tapi jika menggunakan Flash disk setelah gambar berikut (restart) Flash disk HARUS dicabut atau setelah restart anda bisa setting boot pada bios, arahkan boot pertama pada hard disk.

Baca juga : Cara mempercepat proses shutdown windows 7 / 8/ 10

Setelah itu akan keluar tampilan seperti dibawah ini, lanjutkan saja


Pada Proses ini Windows menyempurnakan Proses Instalasinya, Biarkan saja, jangan klik apapun, kalo gerakin mouse atau minum kopi Boleh.


Proses Instalasi Windows hampir selesai, dan akan restart otomatis, jangan klik apapun.



Setelah itu anda akan diperintah untuk mengisi Nama untuk Laptop, Komputer, bebas, Trus Klik Next.


Setelah itu anda disuruh untuk mengisi pasword ga usah diisi, kecuali Laptop atau komputernya ingin memakai password, kemudian klik Next.


Setelah itu anda akan disuruh memasukkan kode serial number jika anda sudah memiliki Kode Windows 7, ketik kodenya dalam kotak tersedia, dan klik Automatically activate Windows.
Jika belum mempunyai kode, jangan diisi apapun, dan jangan di klik Automatically activate Windows. kemudian klik Next nanti ada Skip, jadi Klik Skip.


Setelah itu klik Use recommended settings


Kemudian sesuaikan waktu
Time Zone : Bangkok, Hanoi, Jakarta
Date : sesuaikan tanggal sekarang
Time : sesuaikan dengan jam sekarang , kemudian klik Next.


Selamat proses instalasi Windows 7 sudah selesai


Baca juga: Hal yang dilakukan setelah instal windows 

Aktivasi

Namun bagi yang belum memasukan kode windowsnya alias belum di aktifkan/activated, maka sempurnanya windows 7 tersebut hanya berlaku 30 hari, jika 30 hari belum di aktifkan,

tampilan windows akan berubah hitam, dan jika dibiarkan kadang bisa merusak hardware Laptop atau Netbook, sebaiknya segera aktifkan Windows setelah Instalasi selesai.

Untuk mengaktifkan (aktivasi) windows 7 sebenarnya ada pada DVD itu sendiri ketika anda membeli DVD yang original, jika bingung tanyakan pada penjual atau bertanya kepada yang lebih mengetahui, karena cara aktivasi windows 7 berbeda-beda.

Disarankan beli DVD Windows 7 yang Original agar mendapat support update terbaru dari Microsoft
wajib, setiap selesai instal windows 7 sebaiknya instal juga drivernya seperti Graphics driver, Audio Driver, Network Driver yang berhubungan dengan driver sesuai merknya, biasanya ada CD / DVD tersendiri dikasih waktu membeli Laptop atau Komputer, kalo tidak ada harus download.

Namun Pada beberapa Merk Laptop, biasanya tidak perlu juga karena sudah terintegrasi dengan Windows 7, dan Driver harus di instal supaya Laptop atau Komputer berjalan dengan semaksimal mungkin, kemudian lengkapilah dengan software pendukungnya.

Sekian Cara Instal Ulang Windows 7 Tanpa Menghilangkan Data - semoga bermanfaat , terima kasih
Baca juga:

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar