Hal Yang Dilakukan Setelah Instal Windows

Hal Yang Dilakukan Setelah Instal Windows
Hal Yang Dilakukan Setelah Instal Windows

Hal Yang Dilakukan Setelah Instal Windows - Posting kali ini saya akan membagikan tips apa yang harus dilakukan setelah kita menginstal sistem operasi Windows, baik windows 7, 8 , 8.1 atau windows 10, bagi anda yang sudah sering menginstal tentunya tau apa yang harus dilakukan setelah kita menginstal sistem operasi windows, tiap orang mungkin berbeda, tapi secara garis besar sama, 

Beberapa hal yang harus dilakukan setelah instal windows 

1. Install Driver 
Yang pertama adalah install driver , driver ini biasanya kita dapat dari sewaktu kita beli komputer atau laptop, biasanya berbentuk DVD, fungsi dari driver ini adalah agar hardware pada komputer/ laptop anda bekerja semestinya. 
Jika tidak punya DVD drivernya, silahkan download dari vendor motherboard atau laptop anda, atau cara mudahnya silahkan pakai Driver Pack Solution yang akan mencari dan memperbarui driver laptop atau motherboard anda secara otomatis, tapi sayang software driver pack ini sangat besar ukurannya, jadi kebanyakan mungkin males menggunakannya..., termasuk saya..., hehehe......
Saran saya silahkan cari saja drivernya di halaman web resmi manufacturer motherboard/ laptop anda. Disana akan disediakan link download masing-masing driver, jadi anda bisa mendownloadnya satu per satu dan yang pasti driver selalu update yang terbaru.

2. Install Anti Virus
Seperti yang anda tahu bahwa sistem operasi windows sangat rentan dengan virus, berbeda dengan linux yang notabenya bisa dibilang kebal akan adanya virus. Anti virus ini terserah anda mau pakai apa entah itu Avast, AVG , Avira atau ESET yang penting selalu update definisi virus terbaru biar komputer atau laptop anda selalu Fit dan Segar.
Anti virus yang sesungguhnya adalah anda sendiri, karena terkadang anti virus tidak dapat mendeteksi virus secara keseluruhan meskipun itu sudah di update, apalagi antivirus yang kita dapat adalah gratis, dan juga kalau komputer atau laptop kita bukan anda saja yang mengoperasikan. jadi usahakan selalu update terbaru definisi anti virusnya.
Apabila anda menangani kasus laptop atau komputer yang terkena virus, setelah install windows jangan instal driver dulu, tapi langsung install antivirus dengan update yang terbaru dan scan semua datanya, agar anda tidak sia-sia bekerja.

3. Install Aplikasi Tambahan
Setelah driver dan anti virus sudah terinstall dengan baik dan lancar, selanjutnya adalah menginstall aplikasi sesuai kebutuhan anda, antara lain :

1. Microsoft Office

Aplikasi ini wajib di install bagi anda yang bekerja di bidang kantor atau anda yang masih sekolah dan kuliah, aplikasi ini terdiri dari MS Word, Excell, Power Point, dan lain sebagainya.

2. PDF Reader

Aplikasi ini biasanya untuk membaca Ebook atau file pdf

3. Web Browser

Ini adalah aplikasi untuk kita browsing internet, meskipun bawaan windows sudah ada yaitu internet explorer, tapi kebanyakan orang lebih memilih menginstall aplikasi yang lain seperti Google Chrome, Opera, Mozilla dan lain sebagainya

4. Music Player

Aplikasi untuk kita memutar lagu di komputer atau laptop, contoh : Winamp, AIMP3 dan lain sebagainya

5. Video Player

Aplikasi untuk memutar video di komputer atau laptop, contoh : GOM Player, MPC Player, DVD Player dan lain sebagainya

6. Archiver atau Extractor

Untuk membuka file kompressan (rar) diperlukan aplikasi ini, semisal winrar, 7-zip. dan lain sebagainya

7. CD / DVD Burner

Aplikasi untuk mencopy data ke CD/DVD mekipun di windows 7 kita bisa langsung copy ke CD dan DVD, tapi dengan aplikasi tambahan kita bisa mendapat fitur yang lebih , contoh : NERO

8. IDM

Internet Download Manager, ini bagi ente yang suka donglot gan.., hehehe

9. Aplikasi Maintenance

Fungsi utama dari aplikasi ini adalah menganalisis, mengoptimal, memelihara komputer/ laptop agar tetap berjalan dengan baik dan lancar. contoh : Tune Up Utilities, CCleaner dan lain sebagainya

10. Aplikasi Editing Multimedia

Aplikasi ini wajib jika anda bekerja di bidang editing foto , gambar atau video contoh : Photoshop, Corel Draw, Autocad dan lain sebagainya

11. Game

Aplikasi ini untuk hiburan gan, tapi jangan sembarang install ya, karena tidak semua laptop atau komputer bisa di instal game, silahkan baca keterangan Game nya dulu sebelum install.

12. Disable Windows Update

Bagi ente yang memakai windows bajakan atau ga original agar microsoft tidak mendeteksi windows ente.
baca : cara disable windows update di windows 7

Sekian posting tentang - Hal Yang Dilakukan Setelah Instal Windows - semoga bermanfaat , terima kasih sudah mampir.

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar