Manfaat Buah dan Sayur Dilihat dari Bentuknya

Manfaat Buah dan Sayur Dilihat dari Bentuknya
Manfaat Buah dan Sayur Dilihat dari Bentuknya
Manfaat Buah dan Sayur Dilihat dari Bentuknya - Kali ini saya akan membagikan artikel tentang kesehatan dan bisa juga dijadikan tips bagi anda, karena sering kali kita tidak mengetahui khasiat dan manfaat dari buah dan sayuran, dalam artikel ini saya mencoba mengulas beberapa sayur dan buah yang ternyata kita bisa mengetahui manfaat dan khasiat nya hanya dari bentuknya..., semua itu tidak terlepas dari ciptaan Tuhan yang Maha Sempurna yang wajib kita syukuri.
Manfaat Buah dan Sayur Dilihat dari Bentuknya

Nah bagaimana cara mengetahui manfaat buah dan sayur dari bentuknya ?, silahkan disimak artikel dibawah ini.

1. Wortel

wortel

Wortel jenis sayuran ini saya yakin semua pasti sudah tau manfaatnya, tapi mungkin sebagian dari kita yang tau kalau wortel ini jika dibelah ternyata bentuknya seperti mata kita, dari sini kita bisa tahu kalau memang wortel itu baik bagi mata kita.

Manfaat lain dari wortel :
  1. Penglihatan Yang Lebih Baik. Sumber betakaroten dalam wortel akan di ubah oleh organ hati menjadi sumber vitamin A. Maka tak mengherankan, jika seseorang rutin mengkonsumsi wortel dalam menu hariannya, maka organ matapun akan terjaga kesehatannya sepanjang waktu.
  2. Sayuran Anti Kanker. Wortel menjadi salah satu sayuran yang sangat efektif untuk menangkal berbagai jenis kanker yang sangat mematikan seperti kanker payudara, paru-paru serta usus besar. Ini dikarenakan adanya kandungan falcarinol serta falcarindiol yang mana bersifat antikanker dalam sebuah wortel.
  3. Jantung Yang Lebih Sehat. Kandungan betakaroten, alfa karoten serta lutein menjadikan wortel sangat di butuhkan oleh organ jantung. Ini dikarenakan. berbagai kandungan zat tersebut akan membuat anda terhindari dari berbagai gangguan atau serangan jantung.
  4. Gigi yang Lebih Sehat Dan Kuat. Wortel berperan penting dalam membantu menghilangkan plak dan sisa makanan yang dapat merusak gigi dan gusi anda. Ini dikarenakan, wortel memiliki kandungan mineral tertentu yang dapat mencegah kerusakan gigi dari waktu ke waktu.
  5. Pencegah Stroke Yang Ampuh. Rutin mengkonsumsi sayuran orange atau wortel dapat mengurangi dan mencegah penyakit stroke yang bisa mengancam keselamatan nyawa dalam waktu sekejap.
  6. Tampil Lebih Awet Muda. Kandungan betakaroten yang sangat tinggi dalam sebuah wortel dapat memperlambat penuaan sel. Sehingga membuat seseorang terlihat lebih awet muda meskipun usia terus bertambah.
  7. Pembersih Racun Pada Tubuh. Kandungan Vitamin A dalam wortel dapat membersihkan organ usus besar serta empedu dan lemak dalam organ hati anda secara alami serta efektif.
Baca juga : Tips menjaga kesehatan mata yang baik dan benar

2. Buah Alpukat

alpukat

Buah alpukat membutuhkan waktu 9 bulan dari mulai berbunga sampai siap dipanen. Hal ini mirip dengan janin dalam rahim yang membutuhkan waktu 9 bulan.

Biji alpukat adalah hasil penyerbukan antara benang sari dan kepala putik. Selanjutnya terjadi pembuahan yang menghasilkan bakal biji atau zigot. Zigot kemudian berkembang menjadi embrio. Embrio inilah yang kita lihat sebagai biji alpukat. Proses ini membutuhkan waktu 9 bulan.

Ketika buah alpukat sudah matang dan siap dipetik maka biji buahnya adalah calon individu baru. Biji alpukat kalau ditanam dan dirawat akan tumbuh menjadi pohon alpukat baru.
Demikian juga dengan janin yang terkandung dalam rahim. Janin juga calon individu baru. Ketika sudah mencapai umur 9 bulan dalam kandungan, janin siap dilahirkan menjadi seorang bayi. Bayi akan tumbuh besar menjadi individu baru.

Khasiat Buah Alpukat untuk Rahim Wanita

3.  Buah Anggur

anggur

Anggur, ternyata selain karena rasanya yang enak dan segar anggur memiliki bentuk yang mirip dengan paru-paru kita, Buah anggur dengan ciri khasnya yang bulat-bulat dan bergerombol mirip sekali dengan alveoli pada paru-paru. Bahkan bentuk batang dan sulur-sulurnya juga mirip dengan pembuluh-pembuluh yang terdapat pada alveoli paru-paru.



Kulit buah anggur sangat tipis dan bisa dimakan. Kulit buahnya mempunyai khasiat yang luar biasa untuk kesehatan, terutama untuk paru-paru. Biji buah anggur relatif kecil dibanding buahnya. Biji buah anggur juga mempunyai manfaat yang tak kalah pentingnya terhadap paru-paru. Karena itu, jangan campakkan bijinya ketika makan buahnya.  

Khasiat Buah Anggur untuk Paru-paru


4. Buah Jeruk/Citrus

jeruk

Buah Jeruk/CitrusVemale.com - Menurut berita baru-baru ini yang tercantum dalam situs naturalnews.com, mengkonsumsi jenis buah-buahan citrus, seperti jeruk dan lemon, dalam jumlah besar dapat mengurangi resiko kanker payudara hingga minimal 10%.

“Jumlah besar” yang dimaksud di atas ternyata hanya sekitar 17-33 gram sehari atau sekitar seperdelapan cangkir jus jeruk. Jadi, tidak terlalu memberatkan, bukan?

Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Payudara

5. Buah Kenari

kenari

Kerutan-kerutan buah kenari, baik kulit luar maupun dalamnya, menyerupai lipatan-lipatan otak manusia. Ternyata bukan hanya bentuknya yang mirip otak manusia, kandungan buah kenari juga menunjang fungsi otak.
Manfaat Buah Kenari untuk Otak


6. Kacang Merah



Kacang merah adalah makanan yang tinggi serat, maka tak heran jika kacang jenis ini seringkali dijadikan sebagai bahan makanan untuk orang yang sedang menjalani diet. Kacang merah sangat kaya akan gizi yang dapat membangun kesehatan tubuh. Dalam kacang merah terdapat kandungan asam folat, kalsium, karbohidrat dan berprotein tinggi menjadikan manfaat kacang merah sangat diperlukan tubuh.

Manfaat Kacang Merah Untuk Ginjal


7.  Seledri

seledri

Seledri memiliki nama latin Apium graveolens L merupakan tanaman yang berfungsi sebagai campuran atau racikan dalam membuat masakan seperti mie goreng, sup maupun bakso. Dibalik itu daun seledri juga berfungsi sebagai kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai penyakit. 
Seledri mengandung Vitamin K yang berperan dalam sintesis protein (jenis osteocalcin) sehingga meningkatkan kepadatan tulang dan gigi.


Senyawa yang terkandung dalam daun seledri dan berkhasiat untuk kesehatan:


8. Tomat

tomat

Tomat merupakan tanaman buah sayur yang sudah sangat populer didunia. Membuat sambel tanpa tomat kurang lengkap, bikin sup tanpa tomat juga kurang pas. Dimakan mentah enak, dijus juga rasanya segar. Harga tomat yang terjangkau dan mudah didapatkan, karena tomat tak terlalu sulit dibudidayakan dan mudah berbuah lebat. 

Tomat pencegah penyakit penggumpalan darah penyebab sakit jantung


9. Ubi

ubi

Di Afrika, umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting. Di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga dibuat sayuran. Terdapat pula ubi jalar yang dijadikan tanaman hias karena keindahan daunnya. Namun, seringkali ubi jalar sering dianggap sebagai makanan kampungan dan tidak bergengsi. Padahal manfaat yang dikandung ubi jalar untuk kesehatan sangat besar. Nilai gizinya bahkan lebih tinggi dibanding kentang, dan memiliki indeks glikemik rendah. Serat dan kandungan vitamin A pada ubi jalar pun tinggi, termasuk juga zat besi, folat, tembaga, dan mangan. Bahkan vitamin C, B2, B6, D, E dan biotin pun ada dalam makanan sederhana ini. Manfaatnya baik bagi peningkatan sistem imunitas tubuh. Kecuali itu, ubi jalar juga menyimpan manfaat lain yang sangat menakjubkan seperti dilansir oleh situs Boldsky

Baca juga : Benarkah tidur larut malam penyebab kanker hati

Manfaat Ubi untuk Pankreas



Sekian artikel tentang - Cara Mengetahui Manfaat Buah dan Sayur dari Bentuknya - semoga bermanfaat

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar