Processor dan Bagiannya

Processor dan Bagiannya
Processor dan Bagiannya

Processor dan Bagiannya  Banyak yang sudah tahu bahwa processor adalah otak atau pusat kendali dari sebuah komputer, tapi mungkin hanya sedikit yang tahu apa pengertian processor secara lebih mendalam. Dalam artikel ini bolinggo38 akan membahas secara umum apa itu processor, apa fungsinya, apa aja jenis-jenisnya dan apa aja bagian-bagiannya.

Pengertian, processor, fungsi jenis dan bagiannya


Pengertian Processor

Processor adalah sebuah chip yang berupa Integrated Circuit (IC) yang mengontrol keseluruhan sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari kegiatan komputer dalam melakukan perhitungan dan menjalankan tugas input dan output.

Fungsi Processor

Pada awalnya, fungsi processor hanya bersifat terbatas yakni digunakan untuk pengolahan aritmatika saja seperti yang dapat kita temukan pada kalkulator model jaman sekarang.Namun pada umumnya fungsi processor adalah hanya untuk memproses data yang diterima dari masukkan atau di input, kemudian akan menghasilkan pengeluaran berupa output. Kelihatannya memang sederhana, tapi hampir seluruh arus data yang terjadi di dalam komputer berada di bawah kendali processor yang kemudian mengendalikannya untuk memproses kerja sebuah komputer.

Processor yang ukurannya cukup kecil itu juga memiliki kemampuan cerdas yang membuatnya dapat mengatur segala jenis kegiatan yang dapat dilakukan oleh sebuah komputer. Kemampuannya tersebut digolongkan dalam satuan yaitu MHz dan GHz. Semakin tinggi frekuensi GHz atau MHz yang dimilikinya, maka semakin cepat pula kinerja dari sebuah processor yang bersangkutan. Jadi dengan kata lain, semakin tinggi frekuensi yang dimiliki sebuah processor maka semakin pintar dan cepat pula kemampuannya dalam menjalankan setiap program pada komputer.
Saat ini kecepatan processor yang paling tinggi ada di kecepatan 4 Gigahertz (GHz) artinya dapat membaca 4000 miliar perintah dalam sekali pengerjaannya, merupakan angka fantastis dalam perkembangan tekhnologi didunia. Bagi para gamer, pasti sudah familiar dengan istilah, “greater processor, greater gaming experience”, karena sebuah game pasti sangat berpengaruh dengan kapasitas prosesor sebuah komputer.

Pengertian processor intel dan AMD


Jenis Processor

Prosesor saat ini memiliki banyak merek, namun yang terkenal di Indonesia hanya ada dua, yakni Intel dan AMD. Padahal masih banyak merek lain, yakni Cyrix dari VIA, IBM PowerPC, IDT dan Apple. Dari 2 perusahaan inilah banyak membanjiri pasaran processor. Produk keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang bilang kalau ketahanan untuk di pakai berjam-jam maupun berhari-hari intel lebih dapat diandalkan sedangkan bagi para gamers AMD jadi pilihannya karena lebih baik dalam memproses grafik. Insya allah pembahasan ini akan saya bahas di lain kesempatan.
Baca : Mengenal Processor AMD
Prosesor tidak dapat bekerja sendiri namun membutuhkkan dukungan maupun terus berhubungan dengan komponen lain terutama hardisk dan RAM. Dalam memproses sebuah data dapat dilakukan dengan waktu proses cepat atau lambat tergantung kecepatan prosesor tersebut. 

BAGIAN - BAGIAN PROCESSOR

Bagian-bagian procesor dan fungsinya

Processor dibagi menjadi tiga bagian penting yaitu :

1. Aritcmatics Logical Unit (ALU)


Bagian dari processor yang berfungsi untuk membantu processor dalam mengerjakan beberapa tugas dasar yang terjadi sesuai dengan intruksi program seperti perhitungan aritmatika, pelaksanaan logika (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Banyak yang bilang, ALU merupakan unit tempat processor benar-benar melakukan pekerjaannya dalam pengoperasian sebuah komputer.
Operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR

2. Control Unit (CU)


Bagian dari processor yang CU bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit). Juga bertugas memberitahu Aritcmatics Logical Unit (ALU) mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data yang diperoleh, dan letak hasil ditempatkan. Berkat adanya unit ini, segala perhitungan dan eksekusi data dapat dilakukan secara teratur, tanpa tumpang tindih antara perintah satu dengan lainnya.

3. Register Unit (RU)


Ini merupakan salah satu unit di dalam processor, yang bertugas sebagai alat penyimpanan kecil namun memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi dibandingkan memori utama. Disinilah alamat-alamat register data yang diolah oleh ALU dan CU disimpan di dalam processor sebelum akhirnya diolah kembali.
Benda ini fungsinya hampir sama dengan RAM (Random Access Memory) yaitu sifat penyimpanannya hanya sementara. Jadi Register ini gunanya untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang di proses.

Register unit ini terdiri dari 2 bagian yaitu :
  1. Register CPU Lokasi register umum yang berisi sekumpulan register, yaitu register A, B, C, D, E, F, HL, dan SP untuk proses simulasi data.
  2. Register Instruksi (RI) Digunakan untuk menampung instruksi memori yang ditunjuk oleh program counter untuk melakukan eksekusi data.
BERIKUT ADALAH GAMBAR DIAGRAM CARA KERJA PROCESSOR
cara kerja processor dan diagramnya

Demikian artikel mengenai Processor dan Bagiannya ini kami uraikan untuk Anda. terima kasih sudah berkunjung semoga bermanfaat. 
Sumber : 
- http://infokomputerrakitan.blogspot.co.id/2014/12/pengertian-dan-fungsi-processor-komputer.html
- http://teknodaily.com/pengertian-processor-fungsi-dan-bagian-bagian-penting-dalam-processor/

Artikel Menarik Lainnya :

Previous
This Is The Oldest Page
Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar