Processor dan istilah penting yang wajib diketahui lengkap

Processor dan istilah penting yang wajib diketahui lengkap
Processor dan istilah penting yang wajib diketahui lengkap

Processor dan istilah penting yang harus diketahui - sobat bolinggo38 setelah membahas tentang processor dan bagiannya dan juga jenis processor menurut fungsi dan pabriknya kali ini admin akan membuat artikel tentang istilah yang ada pada processor bagi anda para master dibidang komputer hardware istilah yang ada pada processor pastilah anda ketahui, apalagi para overclocker yang memang wajib tahu istilah yang ada pada processor ini, karena istilah inilah yang pasti akan dibaca ketika melakukan overclok pada hasil test, tapi untuk para pemakai atau newbie biasanya kebingungan dengan istilah-istilah yang ada pada processor apalagi ketika mau membeli laptop atau komputer dan alhasil ketika membeli mereka hanya akan mendapat rekomendasi dari penjual, nah semoga dengan membaca artikel tentang istilah processor ini bisa membantu anda untuk mengetahui lebih dalam tentang processor.

istilah penting yang ada pada processsor

Gambar diatas adalah contoh spesifikasi processor secara detail, sebenarnya hampir sama dengan istilah yang ada pada RAM bisa dibaca tentang RAM dan bagiannya di artikel yang lalu ,dan berikut dibawah ini saya akan menjelaskan sedikit istilah-istilah yang sering dijadikan acuan dalam mengetahui spesifikasi processor notebook / PC yang kita butuhkan :

Core

Core adalah jumlah inti prosesor biasanya dinyatakan dalam istilah single, dual, triple, quad, hexa dan octa yang secara berurutan berarti 1, 2, 3, 4, 6, dan 8.

Package

Processor memiliki bentuk yang bermacam-macam,sampai saat ini ada yang berbentuk socket dan slot.processor tipe socket berupa keping chips lengkap dengan kaki chips/pin.sedangkan processor tipe slot berupa lempeng elektronik dengan penghubung berbentuk memanjang atau slot.pada beberapa motherboard tertentu ada processor yang sudah dipasang permanen,tidak bisa dipergantikan lagi jika mengalam kerusakan.

Clock Speed

Clock Speed adalah kecepatan sebuah processor berdasarkan nilai yang tertera pada spesifikasi prosesor itu sendiri. Nilai ini merupakan acuan secara umum yang digunakan sebagai indikator kecepatan sebuah prosesor, terutama sebagai pembanding dengan prosesor lainnya dalam keluarga yang sama. Prosesor masa kini menggunakan satuan Hertz pada skala Giga, misalkan sebuah prosesor beroperasi pada kecepatan 3.0 GHz.
Rumus menghitung kecepatan processor : CPU Speed=FSB x Multiplier
contoh :terdapat processor berkecepatan 850 MHz,dengan FSB 100 MHz,berapa multiplier processor tersebut?
jawab: 850 MHz=100 MHz x Multiplier
Multiplier =850 MHz / 100 MHz
Multiplier =8,5

Socket

Socket adalah tipe konektor yang menghubungkan prosesor dengan mainboard. Socket secara luas digunakan pada mainboard PC, sedangkan pada notebook hanya digunakan pada tipe tertentu saja yang mendukung fitur upgradable.

Multiplier

Multiplier merupakan faktor perkalian sebuah prosesor yang merupakan sebuah siklus dalam sebuah rangkaian set. Misalkan jika sebuah CPU / prosesor beroperasi pada clock 150 MHz dan memiliki multiplier 20x maka clock speed prosesor tersebut adalah 3.0 GHz.

Front Side Bus (FSB)

Pengukuran kecepatan transfer data antara chipset northbridge dan southbridge melalui prosesor (biasanya Intel). Istilah FSB digunakan pada prosesor Intel terdahulu sedangkan Intel masa kini lebih sering menggunakan istilah DMI.

Direct Media Interface (DMI)

Pengukuran kecepatan transfer data antara chipset northbridge dan southbridge melalui prosesor tersebut. Metrik ini berlaku pada prosesor dari kelurga Intel terbaru dan diukur dengan skala GT/s atau Giga Transfer per second.

Cache

Cache merupakan ruang penyimpanan data sementara yang digunakan prosesor untuk melakukan pertukaran data. Cache berguna untuk mengurangi waktu rata-rata yang digunakan untuk mengakses data dari memori utama.

Instruction Set

Satuan set instruksi yang digunakan oleh prosesor dalam menangani data setiap periode waktu tertentu, prosesor masa kini telah mendukung instruction set 64-bit dimana merupakan nilai tertinggi saat ini untuk komputer kelas komersial mainstream.

Litografi / Litography

Litografi mengacu pada teknologi semikonduktor yang digunakan untuk memproduksi sirkuit terpadu (IC) dan dinyatakan dalam satuan nanometer (nm), nilai ini menunjukkan ukuran fabrikasi arsitektur sebuah semikonduktor.

Thermal Design Power (TDP) Vcore/CPU Voltage  (Volt) 

Daya rata-rata sebuah prosesor saat beroperasi yang dinyatakan dalam satuan Watts. Pemasangan processor pada beberapa motherboard memerlukan pengaturan tegangan.tetapi saat ini beberapa motherboard modern telah memiki pengatur tegangan otomatis.

Virtualization Technology

Virtualization Teknologi yang memungkinkan sebuah prosesor untuk menjalankan virtualisasi, dengan kata lain sebuah sistem operasi yang berjalan didalam sistem operasi utama. Ini berlaku jika kita hendak menginstal lebih dari satu sistem operasi dalam satu mesin tetapi tidak memerlukan booting untuk berpindah ke sistem operasi lainnya sehingga memerlukan waktu yang lebih singkat.

Technology ( um) :

Satuannya micron, micron di gunakan sebagai ukuran rentang jarak antar transistor di dalam chip prosessor, pada gambar CPUZ diatas prosessor yang di gunakan memiliki process technology berukuran 0.13um, 0.13um sama dengan 130 nm, biasanya toko menggunakan ukuran yang nano meter (nm). Semakin kecil angkanya, semakin rapat transistor-transistor di dalam processor itu, yang berarti semakin cepat kinerja prosessor tersebut.Ukuran-ukuran process technology yang saat ini beredar di pasaran antara lain 130nm, 90nm, 65nm dan 45nm.

Code Name :

Code Name merupakan nama disain dari processor tersebut, yang biasanya untuk processor-processor intel codename diambil dari nama pabrik tempat di mana processor itu di buat. Codename mewakili sebagian besar spesifikasi prosessor itu sendiri seperti ukuran chace memory, rentang clockspeed, dan FSB yang di miliki. Dengan memahami setiap codename sebuah processor kita bisa dengan mudah mengidentifikasi spesifikasinya. Codename ini biasanya di gunakan oleh kalangan teknisi untuk mengidentifikasi kualitas sebuah processor, yang biasanya di gunakan untuk mematok harga prossesor bekas. Di sisi lain codename juga di gunakan oleh kalangan overclocker untuk mencari processor yang mempunyai rentang overclock tinggi.

Hyperthreading 

Hyper-Threading Technology (HT Technology) adalah teknologi yang bertujuan agar prosesor dapat bekerja lebih efisien, dengan teknologi ini memungkinkan prosesor untuk dapat mengeksekusi beberapa thread atau instruksi pada saat bersamaan, sehingga meningkatkan kinerja dan respon sistem. Dengan menggunakan teknologi hyper-treading ini akan menggandakan inti (core) yang ada pada sebuah processor. Jadi misalkan sebuah Processor dual core yang menggunakan teknologi ini akan dideteksi oleh sistem sebagai sebuah processor quad core (4 inti). Penggandaan inti (core) processor ini tentu saja hanya bersifat logical, karena secara fisik core processor tersebut tetap hanya ada dua. 

MMX

MMX adalah sekumpulan intruksi SIMD (Single Instruction Multiple Data), dengan penerapan SIMD memungkinkan chip prosesor mengeksekusi perintah perintah yang berulang ulang atau yang parallel secara cepat, terutama ketika prosesor menjalankan perintah yang berhubungan dengan video, audio, grafik dan animasi.

SSE

SSE adalah sebuah teknik buatan intel yang merupakan set intruksi hasil pengembangan dan penyempurnaan dari teknologi MMX. SSE merupakan set pengembangan yang lebih besar dari intruksi SIMD, dengan dukungan Floating Point 32 bit dan penambahan set register registervektor 128 bit, yang memudahakan operasi SIMD dan FPU (Floating Point Unit) dalam waktu bersamaan. Teknologi SSE diperkenalkan pertama kali pada bulan februari 1999. Sampai sekrang sebagian besar prosesor modern dilengkapi SSE. Teknologi ini oleh intel juga dilisensikan ke perusahaan prosesor lainyya, misalnya AMD, Cyric/ VIA.
SSE kependekan dari Streaming SIMD Extension
SSE2 kependekan dari Streaming SIMD Extension 2
SSE3 kependekan dari Streaming SIMD Extension 3
Demikian artikel tentang Processor dan istilah penting yang wajib diketahui ini - semoga dengan membaca artikel ini sobat bisa lebih tahu dan tidak kebingungan lagi saat hendak membeli laptop atau komputer, terima kasih sudah mampir dan meninggalkan jejak.

sumber :
-http://diarytekno.blogspot.com/2015/08/istilah-istilah-pada-processor-notebook-atau-pc-komputer.html
-http://baysjournal.blogspot.co.id/2010/10/mengenal-istilah-istilah-pada-processor.html
-http://d-clu.blogspot.co.id/2014/02/pengertian-dan-istilah-istilah-pada.html

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar