RAM (Random Access Memory) Pengertian dan Bagiannya

RAM (Random Access Memory) Pengertian dan Bagiannya
RAM (Random Access Memory) Pengertian dan Bagiannya
ram dan bagiannya
RAM (Random Access Memory) ,setelah posting yang lalu membahas tentang Processor dan bagiannya kali ini b38 akan menjelaskan tentang apa itu RAM, sejarah singkatnya, istilah-istilah yang ada di RAM, termasuk bagian-bagian yang ada pada RAM, serta kita akan membahas jenis-jenis RAM yang ada, semoga dengan membaca artikel ini kita bisa lebih tahu ketika kita akan membelinya di toko komputer, biar ga salah beli....,, karena kalau kita belum tau jenis RAM yang kita pakai di komputer atau laptop kita bisa bolak-balik ketoko..., atau kalau ga mau repot ya tinggal bawa aja komputer atau laptop kita ke toko komputer..., hehehe. oke sudah basa-basinya, yuk kita pelajari tentang RAM (Random Access Memory) pengertian dan bagiannya.

Pengertian RAM

RAM ( Random Access Memory ) merupakan media penyimpanan data (memori) dan instruksi-instruksi sementara ketika sebuah system dalam perangkat komputer , gadget, smartphone, dll melakukan proses dan dapat diakses secara acak. Sehingga memungkinkan sebuah Processor dapat mengakses data yang tersimpan dalam RAM dengan cepat karena isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

Sejarah RAM

RAM (Random Access Memory). Ditemukan oleh Robert Dennard dan diproduksi secara besar-besaran oleh Intel pada tahun 1968, jauh sebelum PC ditemukan oleh IBM pada tahun 1981. Dari sinilah perkembangan RAM bermula. Pada awal diciptakannya, RAM membutuhkan tegangan 5.0 volt untuk dapat berjalan pada frekuensi 4,77MHz, dengan waktu akses memori (access time) sekitar 200ns (1ns = 10-9 detik)


Istilah-istilah pada RAM

Dibawah ini adalah istilah-istilah pada RAM yang harus kita ketahui, karena dengan mengetahui istilah ini, kita akan mengetahui jenis RAM yang bagus dan yang cocok untuk dipasang di laptop atau Komputer PC kita, 

1. Speed
Speed atau kecepatan, makin menjadi faktor penting dalam pemilihan sebuah modul memory. Bertambah cepatnya CPU atau Processor, ditambah dengan pengembangan digunakannya dual-core, membuat RAM harus memiliki kemampuan yang lebih cepat untuk dapat melayani CPU.

Dimulai pada jaman kejayaan SDRAM Kecepatan memory, mulai dinyatakan dalam megahertz (MHz). Dan masih tetap digunakan, bahkan sampai pada DDR2. Perhitungan berdasarkan selang waktu (periode) yang dibutuhkan antara setiap clock cycle. Biasanya dalam orde waktu nanosecond. Seperti contoh pada memory dengan aktual clock speed 133 MHz, akan membutuhkan access time 8ns untuk 1 clock cycle.

Kemudian keberadaan SDRAM tergeser dengan DDR (Double Data Rate). Dengan pengembangan utama pada kemampuan mengirimkan data dua kali lebih banyak. DDR mengirimkan data dua kali dalam satu clock cycle. Kebanyakan produk mulai menggunakan clock speed efektif, hasil perkalian dua kali data yang dikirim. Ini sebetulnya lebih tepat jika disebut sebagai DDR Rating.

Hal yang sama juga terjadi untuk DDR2. Merupakan hasil pengembangan dari DDR. Dengan kelebihan utama pada rendahnya tegangan catudaya yang mengurangi panas saat beroperasi. Juga kapasitas memory chip DDR2 yang meningkat drastis, memungkinkan sebuah keping DDR2 memiliki kapasitas hingga 2 GB. DDR2 juga mengalami peningkatan kecepatan dibanding DDR.

2. PC Rating

Pada modul DDR, sering ditemukan istilah misalnya PC3200. Untuk modul DDR2, PC2-3200. Dari mana angka ini muncul?

Biasa dikenal dengan PC Rating untuk modul DDR dan DDR2. Sebagai contoh : sebuah modul DDR dengan clock speed 200 MHz. Atau untuk DDR Rating disebut DDR400. Dengan bus width 64-bit, maka data yang mampu ditransfer adalah 25.600 megabit per second (=400 MHz x 64-bit). Dengan 1 byte = 8-bit, maka dibulatkan menjadi 3.200MBps (Mebabyte per second).  Angka throughput inilah yang dijadikan nilai dari PC Rating. Tambahan angka “2”, baik pada PC Rating maupu DDR Rating, hanya untuk membedakan antara DDR dan DDR2.

3. CAS Latency

CAS Latency, atau juga sering disingkat dengan CL, adalah jumlah waktu yang dibutuhkan (dalam satuan clock cycle) selama delay waktu antara data request dikirimkan ke memory controller untuk proses read, sampai memory modul berhasil mengeluarkan data output. Semakin rendah spesifikasi CL yang dimiliki sebuah modul RAM, dengan clock speed yang sama, akan menghasilkan akses memory yang lebih cepat.


Bagian-bagian RAM:


bagian-bagian RAM

1. PCB (Printed Circuit Board)
Pada umumnya, papan PCB berwana hijau. Pada PCB inilah beberapa komponen chip memory terpasang. umumnya PCB ini sendiri tersusun dari beberapa lapisan (layer).

2. Contact Point
Sering juga disebut contact finger, edge connector, atau lead. Saat modul memory dimasukkan ke dalam slot memory pada motherboard, bagian inilah yang menghubungkan informasi antara motherboard dari dan ke modul memory. Konektor ini biasa terbuat dari tembaga ataupun emas. Emas memiliki nilai konduktivitas yang lebih baik. Namun konsekuensinya, dengan harga yang lebih mahal.

3. Notch.
Pada contact point, yang terdiri dari ratusan titik, dipisahkan dengan lekukan khusus.inilah yang disebut sebagai notch.

Fungsi utamanya, untuk mencegah kesalahan pemasangan jenis modul memory pada slot DIMM yang tersedia di motherboard. Sebagai contoh, modul DDR memiliki notch berjarak 73 mm dari salah satu ujung PCB (bagian depan). Sedangkan DDR2 memiliki notch pada jarak 71 mm dari ujung PCB. Untuk SDRAM, lebih gampang dibedakan, dengan adanya 2 notch pada contact point-nya.

Pada bagian Notch ini yang paling penting pada saat memasang RAM pada komputer PC atau laptop sebagai titik acuan agar tidak terbalik sewaktu memasang RAM pada slot Motherboard, jadi jangan dipaksa apabila tidak masuk, perhatikan baik-baik notch ini agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan, resiko terbesar adalah terbakarnya slot RAM pada motherboard dan juga RAM itu sendiri, jadi berhati-hatilah ketika akan memasangnya.

4. DRAM (Dynamic Random Access Memory)
Komponen-komponen berbentuk kotak-kotak hitam yang terpasang pada PCB modul memory inilah yang disebut DRAM. Disebut dynamic, karena hanya menampung data dalam periode waktu yang singkat dan harus di-refresh secara periodik. Sedangkan jenis dan bentuk dari DRAM atau memory chip ini sendiri cukup beragam.

Demikian artikel tentang RAM (random Access Memory) pengertian dan bagiannya , semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar