Apa Sih Arti Sebenarnya Dari Istilah Pokemon?

Apa Sih Arti Sebenarnya Dari Istilah Pokemon?
Apa Sih Arti Sebenarnya Dari Istilah Pokemon?
Apa Sih Arti Sebenarnya Dari Istilah Pokemon
Apa Sih Arti Sebenarnya Dari Istilah Pokemon? - Semenjak game Pokemon GO marak dimainkan oleh banyak kalangan, anak muda, hingga tua, banyak informasi dan rumor yang mulai santer bermunculan dan didengar publik. Salah satu rumor yang paling kontroversial yaitu wacana kekerabatan Pokemon dengan kaum Yahudi.

Kontroversi

Ada yang menyampaikan bahwa Pokemon dalam bahasa kuno di Timur Tengah, yaitu Syriac, berarti "Aku Yahudi". Sedangkan makna Pikachu dalam bahasa tersebut yaitu "Jadilah Yahudi".

Yang lebih parah, katanya arti dari nama Charmander yaitu "Tuhan itu lemah". Hal ini terperinci bertentangan sekali dengan arti nama Pokemon resminya dan tak heran kalau mendapat banyak pertentangan.

Bahkan saking hebohnya kabar tersebut, sampai-sampai banyak situs alay yang ikut mengcopas informasi tersebut tanpa melaksanakan analisa terlebih dahulu wacana kebenaran informasi itu.

Tidak Pernah Terbukti

Pasalnya tidak pernah ada bukti secara ilmiah wacana kebenaran informasi bahwa makna Pokemon dalam bahasa Syriac yaitu ibarat yang dijelaskan di atas. Kebanyakan dari mereka hanya main salin tempel saja tanpa ada sumber yang jelas. 

Bahkan untuk menarik perhatian masa, artikel dibikin ekstrim-persuasif dengan judul yang menciptakan pembaca jadi geram dan mereka pun jadi terhipnotis untuk membuatkan informasi tersebut, yang mana masih belum terperinci betul tidaknya.

Mendapat Banyak Kontra

Berita ini ditentang oleh banyak pihak. Dalam surat kabar yang dinyatakan oleh Amman Yordania, Gereja Nasrani Syriac Orthodox membantah keras anggapan wacana makna Pokemon yang katanya berkaitan dengan Yahudi dan pelecehan terhadap umat Islam.

Hingga, para petinggi gereja tersebut terperanjat mendengar kabar bahwa Pokemon mengandung undangan untuk menjadi orang Yahudi.

Dengan adanya konfirmasi eksklusif dari pihak Gereja Nasrani Syriac, sanggup disimpulkan bahwa Pokemon tidak mempunyai unsur-unsur yang menghina Islam ataupun mengajak menjadi orang Yahudi.

Atau lebih jelasnya begini. Jika anda ingin mendapat balasan yang lebih otentik lagi, coba anda pelajari bahasa Suryani atau Syriac ini terlebih dahulu. 

Coba pelajari aksara per huruf, kata per kata, kalimat per kalimat, hingga anda sanggup menafsirkan apa itu bahwasanya Pokemon. Tapi sayangnya kita malas untuk mempelajari itu, alasannya buang-buang waktu saja.

Jika toh seandainya Pokemon memang benar-benar mempunyai unsur-unsur Yahudi, selama kita memaknainya dengan baik, bukankah itu tidak masalah? Itu artinya pesan 'busuk' mereka tidak tersampaikan kepada kita.

Apalagi kalau sasaran mereka untuk mencuci otak anak-anak. Memangnya bawah umur paham bahasa Suryani sehingga lantas mereka akan mengerti bahwa Pikachu artinya menjadi Yahudi?

Saya pun yakin orang yang meninggalkan Pokemon masih tetap memakai produk-produk yang berbau Yahudi. Maka dari itu, mari cari faedahnya saja. Tidak usah saling bermusuhan.

Arti Pokemon Sebenarnya:

Padahal, secara resmi, Pokemon itu merupakan adonan kata dari bahasa Inggris yaitu Pocket Monster. Pocket yaitu kantong, dan Monster yaitu makhluk yang wujudnya tidak biasa. 

Jadi, ibarat dalam Pokemon, monsternya sanggup masuk ke dalam bola Pokeball yang lalu sanggup dimasukkan ke dalam kantong, sehingga dinamakan Pokemon.

Bagaimana dengan Pikachu dan Charmander? Pikachu itu berasal dari bahasa Jepang, 'Pika' dan 'Chu'. Pika artinya yaitu tikus kecil, dan chu yaitu bunyi cicitan yang dihasilkan oleh seekor tikus.

Istilah Pokemon
Jadi, cukup masuk akal, bahwa memang Pikachu yaitu Pokemon tikus yang imut dan lucu. Kata 'Chu' selain sebagai elemen ketikusan, juga menciptakan nama Pokemon ini menjadi terdengar lucu ibarat karakternya.

Sedangkan Charmander bukan berarti Tuhan itu lemah. 'Char' dan 'Salamander' yaitu dua kata yang digabungkan menjadi satu, membentuk Charmander.

Istilah Pokemon

Charmander yaitu Pokemon kadal yang mempunyai kekuatan api dalam dirinya. Dalam bahasa Inggris Char artinya yaitu arang. Pecinta reptil tentunya tahu Salamander, yaitu binatang homogen kadal.

Itulah ulasan aku mengenai makna bahwasanya dari Pokemon. Ini tafsir saya. Kaprikornus sanggup benar, sanggup salah. Tapi penulis berhak mencicipi dan mempercayai apa yang penulis percayai. Jika pembaca mempunyai pandangan yang sama, berarti bukan hanya penulis saja yang berpikir ibarat goresan pena di atas. 

Tapi kalau masih ada yang ngotot bahwa Pokemon artinya yaitu Yahudi, maka itu hak anda untuk menafsirkan begitu. Yang jelas, aku sendiri tidak bermain Pokemon dan memuja-mujanya, alasannya Pokemon hanya hiburan dan hiasan di dunia saja.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar