Pengertian Apa Itu Reklamasi

Pengertian Apa Itu Reklamasi
Pengertian Apa Itu Reklamasi
Apa Itu Reklamasi
Pengertian Apa Itu Reklamasi - pastinya anda sering mendengar wacana reklamasi. Akhir-akhir ini sering sekali diperbincangkan di banyak sekali media. Di TV bicara reklamasi Teluk Jakarta. Di situs web isu nasional juga memperbincangkan wacana reklamasi.

Atau mungkin anda sedang galau dengan pengertian reklamasi? Karena ternyata reklamasi mempunyai banyak pengertian, apa saja?, silahkan baca tulisan dibawah ini:


Apa Itu Reklamasi:

Pengertian #1

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, reklamasi ialah bantahan atau sanggahan keras. Makara reklamasi di sini ialah bentuk dari penolakan. Beda lagi dengan pengertian yang kedua.

Pengertian #2

Reklamasi ialah upaya untuk memperluas tanah dengan cara memanfaatkan daerah yang pada awalnya tidak mempunyai kegunaan menjadi berguna. Contohnya dengan melaksanakan pengurugan tanah di daerah rawa-rawa, pantai, atau daerah basah lainnya.

Nah, kasus yang menyangkut pengertian nomor dua di atas sedang sering diomongkan sepekan dua pekan ini. Pasalnya, teluk Jakarta yang menimbulkan pro dan kontra sedang didiskusikan untuk kemudian dilakukan reklamasi.

Itu berarti teluk Jakarta yang semula daerah perairan akan dijadikan daerah daratan dengan ditimpa dengan tanah. Sehingga daratan pun semakin meluas.

Karena reklamasi ialah perbuatan yang dicanangkan oleh pemerintah untuk melaksanakan perataan tanah pada daerah perairan, tentunya butuh mekanisme dan regulasi yang benar. Proyek reklamasi harusnya dikaji terlebih dahulu.

Reklamasi Tidak Selalu Pengurugan Tanah

Tapi perlu digarisbawahi, bahwa jenis reklamasi itu ada dua macam. Reklamasi tidak selalu dengan metode mengurugan tanah.Ada juga reklamasi yang dilakukan dengan penyedotan, ibarat yang dilakukan di negara Belanda. Meskipun begitu, cara pengurugan lebih sering dipakai untuk menimbun wilayah perairan.

Tak khayal jikalau hasil dari reklamasi, atau gres rencananya saja, sudah mungkin menerima banyak kontradiksi dari pihak yang merasa dirugikan. Contohnya saja ibarat nelayan dan pencetus lingkungan.

Dari Mana Tanah Didapatkan?

Dalam melaksanakan pengurugan di wilayah perairan, tentunya diharapkan pasir dan tanah. Bahan material tersebut sanggup didapatkan dengan mendapatkannya di daerah-daerah maupun kota yang menyediakan ibarat Banten, Lampung, dan Bangka. Tentunya dengan harga yang tidak murah.

Jadi, reklamasi mempunyai dua pengertian. Yang pertama ialah bantahan dan ke-dua ialah proses pengurugan tanah. Tapi reklamasi selalu mengurug tempat yang semula basah menjadi bertanah. Jika wilayahnya tidak berair, maka tidak dapat disebut sebagai reklamasi.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar