Tips Merawat Hardisk Laptop dan Komputer

Tips Merawat Hardisk Laptop dan Komputer
Tips Merawat Hardisk Laptop dan Komputer
Tips Merawat Hardisk Laptop dan Komputer - Kali ini saya akan membagikan tips bagaimana merawat hardisk supaya tetap awet, mungkin anda tau apa itu harddisk, kalo belum tau harddisk itu adalah tempat penyimpanan data di komputer, yah seperti itu aja biar gampang dipahami..., hehe....

tips merawat harddisk

Sebelum saya bagikan tips , ada baiknya saya bagikan penyebab dan tanda kerusakan pada harddisk, kerusakan yang terjadi pada harddisk bukan hanya disebabkan dari kualitas dari pabrik atau merk saja, tetapi juga dari sisi pengguna atau pemakai, karena setiap barang atau benda semua ada prosedure dan aturan bagaimana cara memakainya, kalau harddisk ini rusak, resikonya kita akan kehilangan data gan....,, hehe

Klik SPoiler dibawah, untuk melihat gambar harddisk yang ada dikomputer atau laptop kita

Penyebab kerusakan pada harddisk

  1. Suhu yang terlalu panas. Hard disk dengan suhu yang terlalu tinggi akan sulit melakukan proses pembacaan data. Suhu yang tinggi tersebut bisa disebabkan oleh sirkulasi udara dalam cpu tidak lancar, penggunaan computer yang terlalu lama, atau kipas power supply tidak bekerja.
  2. Guncangan pada computer. Guncangan yang keras pada komputer dapat menyebabkan kerusakan secara fisik pada harddisk. Saat digunakan atau pada saat sedang bekerja, head harddisk mengambang diatas permukaan piringan (platter). Jika terjadi guncangan tersebut, maka head harddisk tersebut akan menyentuh bagian lain dari hard disk, sedangkan disk tersebut sedang berputar dengan sangat cepat. Maka besar kemungkinan kerusakan pada harddisk akan terjadi.
  3. Mematikan / shutdown yang tidak sesuai prosedur. Pada saat harddisk sedang bekerja atau masih bekerja, kemudian tiba-tiba tombol power langsung dicabut ataupun terjadi pemadaman listrik, maka posisi head akan berada di sembarang posisi. Hal inipun bisa menjadikan umur harddisk lebih singkat. Bahkan hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada bagian PCB hard disk tersebut.
  4. Power supply yang tidak memadai. Tegangan dari power suply yang tidak mencukupi untuk menyuplai hard disk, maka bisa berakibat kerusakan pada kontroller hard disk dan motor.

Tanda-tanda kerusakan pada harddisk

  1. Sulit membaca data. Dalam hal ini sangat bisa terjadi pada kondisi hard disk yang mengalami bad sector.
  2. Bisa diformat, tetapi tetap tidak dapat dibaca. Hal ini hard disk dapat diformat, tetapi pada saat digunakan untuk membaca data, head kesulitan melakukan tugas ini.
  3. Tidak ada respon atau hang.
  4. Terjadi bad sector. Bad sector adalah daerah pada hard disk yang sudah tidak dapat digunakan lagi untuk menyimpan data.
  5. Tidak adanya suara mendenging. Dalam hal ini motor penggerak pada hard disk tidak bekerja dengan baik.

Tips Merawat Harddisk

  1. Berikan sirkulasi udara yang baik pada cpu. Jangan menutup lubang pada chasing, kalau perlu beri kipas tambahan yang berhembus keluar cpu. Periksa kipas power supply agar tetap berputar.
  2. Letakkan computer pada tempat yang sirkulasi udaranya lancar.
  3. Mematikan secara prosedur, jangan langsung cabut kabel power supply sementara komputer masih bekerja.
  4. Jangan menggerakkan hard disk ketika computer sedang hidup.
  5. Partisi harddisk.
  6. Jangan dekatkan harddisk pada magnet.
Untuk komputer atau PC disarankan anda untuk memakai UPS (uninterruptible power supply) , fungsinya adalah alat untuk menyimpan daya sehingga apabila listik mati secara tiba-tiba maka alat yang terpasang UPS masih tetap hidup, namun hidupnya alat tersebut hanya untuk beberapa waktu saja. sehingga anda dapat mematikan komputer secara benar. 
Demikian tips merawat hardisk laptop dan komputer ini semoga bermanfaat, terima kasih :bye

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar