Topologi Jaringan Komputer Kategori dan Kelompoknya

Topologi Jaringan Komputer Kategori dan Kelompoknya
Topologi Jaringan Komputer Kategori dan Kelompoknya
Topologi Jaringan Komputer Kategori dan Kelompoknya - Topologi dapat diartikan sebagai layout atau diagram jaringan komputer. Topologi merupakan suatu aturan atau rules bagaimana menghubungkan komputer (node) secara fisik. Topologi berkaitan dengan cara komponen-komponen jaringan seperti : server, workstation, router, switch) saling berkomunikasi melalui media transmisi data. Ketika kita memutuskan untuk memilih suatu topologi maka kita perlu mengikuti spesifikasi yang diberlakukan atas topologi tersebut.

kategori topologi jaringan

Ada dua kategori topologi, yaitu :

  1. Physical Topology (Topologi Fisik) topologi yang berkaitan dengan layout atau bentuk jaringan
  2. Logical Topology (Topologi Logika) topologi yang berkaitan dengan bagaimana data mengalir didalam topologi fisik.
Jika topologi fisik diibaratkan seperti tubuh, maka topologi logika dapat diibaratkan seperti aliran darah yang mengalir didalam tubuh.
Topologi (fisik) komputer dapat juga digunakan untuk mempermudah memahami jaringan komputer. Menurut beberapa sumber ada 3 (tiga) topologi utama yang menjadi dasar bagi pengembangan topologi yang lain yaitu:
  1. Topologi Bus
  2. Topologi Ring
  3. Topologi Star
Sumber lain ada yang menyebutkan bahwa topologi ada 7 buah yaitu
  1. Topologi Bus
  2. Topologi Star
  3. Topologi Ring
  4. Topologi Tree
  5. Topologi Mesh
  6. Topologi Extended Star
  7. Topologi Hierarchical

Topologi Jaringan Berdasar Jumlah Komputer

Topologi jaringan berdasar jumlah komputer yang menggunakan media transmisi data. dapat dibagi menjadi dua yaitu :
  1. Point to Point yaitu topologi yang melibatkan dua buah komputer saja. Misalkan dua komputer yang berkomunikasi via modem, metode akses dan protokol yang digunakan sederhana
  2. Multipoint yaitu topologi yang melibatkan lebih dari dua komputer, inilah yang lazim disebut sebagai topologi jaringan sebagaimana banyak dikenal orang. Contoh : Bus , Star, Ring, Tree
Topologi Mesh sebenarnya termasuk dalam kategori point to point, InsyaAllah saya akan membahasnya di artikel selanjutnya.
Sekian artikel tentang Topologi Jaringan Komputer Kategori dan Kelompoknya - semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar