Tugas dan Peran Komputer Dalam Jaringan

Tugas dan Peran Komputer Dalam Jaringan
Tugas dan Peran Komputer Dalam Jaringan
Tugas dan Peran Komputer Dalam Jaringan - Setelah kemarin saya membahas pembagian kelas dalam jaringan kali ini saya akan membahas peranan komputer didalam jaringan. Dalam suatu jaringan sebuah komputer dapat berperan sebagai server atau client.


peran komputer dalam jaringan


Seperti kita lihat pada gambar ilustrasi diatas, pada gambar diatas kita bisa melihat ada komputer yang berperan sebagai server, ada komputer yang berperan sebagai client, dan juga ada printer. sebelumnya saya akan menjelaskan masing-masing tugas dan pengertiannya.

Komputer server

adalah komputer yang bertugas menyediakan informasi bagi komputer lain. Juga dapat berfungsi untuk mengendalikan komputer lain. Komputer server akan menjalankan aplikasi server, misalnya SQL Server, Mail Server, Web Server, Streaming Server dan lain-lain

Komputer Client

adalah komputer yang fungsinya meminta informasi. Client juga harus menjalankan aplikasi tertentu yang harus sesuai dengan jenis informasi (data) yang ingin didapatkan, misalnya membutuhkan Mozilla FireFox untuk mendapatkan informasi web.
Dibawah ini adalah gambar ilustrasi jaringan yang memiliki komputer yang khusus difungsikan sebagai server disebut jaringan Client/Server (Client/Server Network)

jaringan client server

Pada gambar diatas kita bisa melihat bahwa komputer server adalah sebagai web server, yaitu komputer yang dikhususkan untuk menaruh data website dan mempunyai tanggung jawab/tugas menerima permintaan HTTP dari komputer klien, yang dikenal dengan nama web browser, dan melayani mereka dengan menyediakan respon HTTP berupa konten data, biasanya berupa halaman web yang terdiri dari dokumen HTML, dan objek yang terkait seperti gambar, dll".

Sebuah host juga dapat berfungsi sebagai server sekaligus client. Jaringan yang mengfungsikan sebuah komputer sebagai client dan juga sebagai server disebut jaringan peer to peer (Peer to Peer Network). perhatikan gambar dibawah ini.



Pada gambar diatas kita bisa melihat bahwa kedua komputer tidak ada yang bertugas khusus, dimana kedua nya bisa berperan sebagai server atau client, biasanya pada jaringan ini komputer hanya difungsikan secara sederhana, seperti hanya berbagi data atau sharing data, dan berbagi printer (misal suatu kantor mempunyai 4 komputer dan satu printer, kita tidak perlu beli 4 printer, cukup kita share atau bagi printernya, sehingga bisa menghemat biaya dan juga lebih praktis ketika kita akan mencetak, tidak perlu copy data ke komputer yang ada printer, cukup kita print lewat komputer seperti biasa, seolah-olah keempat komputer tadi memiliki printer). 

Sekian artikel Tugas dan Peran Komputer dalam Jaringan ini semoga bermanfaat, terima kasih
Baca juga:

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar