Kenali Jenis Harddisk Anda Sebelum Membelinya

Kenali Jenis Harddisk Anda Sebelum Membelinya
Kenali Jenis Harddisk Anda Sebelum Membelinya
Kenali jenis harddisk anda sebelum membelinya - apabila anda ingin menambah kapasitas harddisk PC Desktop atau komputer milik anda, sebaiknya sebelum membeli harddisk anda harus tahu jenis dan tipenya dulu, apakah  jenis harddisk yang akan anda beli bisa dipasang di komputer atau pc desktop anda, sebenarnya mengetahui dan mengenali jenis harddisk kita bisa lihat dari bentuk fisiknya, atau bisa juga melalui bios.

kenali jenis harddisk anda

Artikel ini saya buat untuk para pemula yang ingin mengenal jenis harddisk, mulai dari cek bios atau cek fisik bentuk dari harddisk itu sendiri, semoga artikel tentang jenis harddisk ini sangat mudah dipahami dan mudah di mengerti, selamat membaca.

Cek tipe Harddisk melalui Bios

Untuk mengecek type harddisk melalui bios ini, anda terlebih dahulu masuk kedalam bios komputer caranya adalah dengan menekan tombol Del atau F2 pada keyboard sewaktu komputer pertama kali dinyalakan, setelah masuk bios maka akan tampak seperti gambar dibawah ini :

bios

Pada gambar bios diatas perhatikan yang saya tandai dengan kotak merah, menerangkan bahwa jenis atau type harddisk yang anda miliki adalah harddisk Sata dan bermerk Samsung.

bios2

Perhatikan pada kotak merah diatas, gambar bios diatas menerangkan bahwa jenis harddisk diatas adalah type IDE dan mempunyai merk Maxtor.

Sebenarnya cara mengecek harddisk bukan hanya melalui bios saja, anda bisa mengeceknya melalu device manager, memakai software cek hardware seperti speccy, dan lain-lain, akan tetapi kalo anda sudah bisa mengecek melalui bios buat apa lagi mengecek lewat aplikasi ?, setelah melihat gambar diatas mungkin anda penasaran apa sih yang dimaksud dengan IDE dan SATA ?, baiklah akan saya jelaskan dibawah ini, silahkan dibaca.

Harddisk IDE (PATA) dan Harddisk SATA :ckck
Harddisk IDE (PATA) Harddisk SATA
Integrated Drive Electronics (IDE) dan Enhanced Integrated Drive Electronics (EIDE) drives.
Singkatan dari Serial Advanced Technology Attachment. Hardisk jenis ini memiliki 4 pin antarmuka data 4pin, dan 7 pin antarmuka power
Hard disk IDE ini memiliki antarmuka data  40pin,  dan 4 pin konektor powe. IDE dilengkapi juga dengan Jumper untuk mengubah pengaturan untuk menghubungkannya dengan motherboard. Hardisk jenis ini memiliki kapasitas serta kecepatan paling rendah
Tidak menggunakan pin jumper, karena tidak memerlukan pengubahan pengaturan. Hardisk SATA ini memiliki kecepatan serta kapasitas yang tinggi jika dibandingkan dengan hard disk IDE
Disebut dengan hardisk PATA (paralel Advanced Technology Attachment)

Jumper pada harddisk IDE



Jumper ini berfungsi untuk menandai harddisk yang master (utama) atau slave (kedua) ,dengan cara dilepas dan dipindahkan dengan mengikuti aturan pada tiap-tiap merk, karena memang pada harddisk tipe IDE ini bisa dipasang dua harddisk dalam satu kabel.

Kabel pada Harddisk IDE

kabel ide
Pada gambar kabel IDE diatas, apabila setelah anda membuka chasing komputer anda dan menemukan kabel seperti gambar diatas, berarti harddisk yang anda miliki sudah pasti adalah IDE, jika anda perhatikan ujung kabel warna biru biasanya yang di tancapkan ke Motherboard, dan yang hitam untuk harddisk IDE yang disetting master, dan yang putih untuk harddisk IDE yang disetting slave, untuk type harddisk IDE ini sudah jarang keberadaanya, karena memang teknologi lama.

info : untuk setting harddisk IDE master biasanya dipakai untuk system, tapi kalo setting slave biasanya untuk data, atau ketika anda menambah harddisk baru, biasanya tiap motherboard disediakan hanya satu port IDE, jadi jika ingin menambah harddisk hanya bisa menambah 1 harddisk saja.
:info

Harddisk SATA


sata
kabel sata
Dilihat dari gambar diatas conector belakang harddisk SATA sudah berbeda jauh dengan harddisk IDE, termasuk kabelnya, pada harddisk SATA ini kita sudah tidak menemukan jumper lagi, karena harddisk sudah terpasang satu kabel, selain tampak rapi didalam chasing, juga akan menambah kecepatan membaca data pada harddisk karena terpusat pada satu kabel saja.

info : untuk jumlah harddisk SATA yang terpasang di motherboard, tergantung ada berapa jumlah port SATA di mainboardnya. jadi apa bila di motherboard ada 4 port sata , itu berarti anda bisa menambah harddisk sampai 4 buah, keren kan ??
:info

sata ide

harddisk sata dan ide

Gambar diatas adalah ketika harddisk dipasang kabel dan tampak dari belakang. :rokok

Untuk Harddisk SATA ini memiliki standar yang dibuat tergantung dari kecepatan membaca data perdetiknya yaitu :
  • SATA revisi 1 (SATA 1.5Gb / s) - dikenal sebagai SATA-1, SATA-I atau SATA-150
  • SATA revisi 2 (SATA 3Gb / s) - dikenal sebagai SATA-2 atau SATA-II
  • SATA revisi 3 (SATA 6Gb / s) - dikenal sebagai SATA-3

Harddisk SCSI


harddisk scsi

SCSI adalah singkatan dari Small Computer System Interface. Hardisk ini pada umumnya  memiliki 50-68 pin.  Kecepatan dan kapasitas SCSI sangat tinggi, melebihi kecepatan yang dimiliki oleh hardisk jenis IDE dan SATA drive. Kabel data yang digunakan untuk menghubungkannya dengan motherboard adalah kabel SCSI 50-68 pin. Karena kapasitas dan kecepatannya yang sangat tinggi, umumnya SCSI digunakan di komputer server. Kapasitas yang ada: 160GB, 250GB, 320GB, 500GB, 1TB, 2TB, 5TB dan 10TB.

Jadi kenalilah jenis harddisk anda sebelum membelinya - terima kasih :thanks
Baca juga:

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar