Kenali Jenis VGA Card Anda

Kenali Jenis VGA Card Anda
Kenali Jenis VGA Card Anda
Kenali Jenis VGA Card Anda - VGA atau yang disebut dengan Video Graphic Adapater, mungkin sering kali anda mendengar kata VGA ini disebut ketika anda sedang asyik bermain game, di laptop atau PC anda, ya..., seberapa pentingkah kita mengenali VGA ini ?, kalau saya bilang sangatlah penting kenapa ?, karena VGA ini sangat berperan ketika kita sedang bermain game atau bekerja dibidang desain animasi 3D selain hardware yang lain seperti Processor dan RAM.

Sebelumnya akan saya jelaskan terlebih dahulu secara singkat fungsi dari VGA, VGA ini fungsinya adalah mengubah sinyal digital menjadi tampilan grafis yang ditampilkan pada layar komputer atau laptop anda, gampangnya adalah tampilan yang anda lihat selama ini dilayar monitor atau LCD anda selama ini, itu adalah dari proses VGA ini, jadi faham kan fungsi VGA ini ?, Selengkapnya : sejarah dan perkembangan VGA  

Berikut jenis - jenis VGA Card
 :

1. VGA card on board


VGA onboard

VGA onboard adalah VGA yang sudah menempel atau tergabung dengan motherboard sehingga saat membeli sebuah motherboard atau komputer, VGA tersebut sudah ada, perhatikan kotak merah.

2. VGA card add-on

VGA add on

VGA card add on adalah VGA yang terpisah dari motherboard. Terpisah disini bisa dipasang dan dilepaskan sehingga VGA ini dapat ditingkatkan kemampuan dengan memasang VGA card yang lebih tinggi lagi.

Setelah mengetahui dua jenis VGA diatas, lalu yang manakah yang akan kita pilih ?? , dua jenis VGA diatas pastinya mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing, berikut saya jelaskan kelemahan dan kelebihan jenis-jenis VGA ini.

Kelemahan dan kelebihan VGA Onboard

  • Satu paket dengan motherboard, sehingga dipastikan tidak akan ada masalah dengan komputer anda ketika digunakan.
  • Sangat baik untuk anda yang memiliki budget terbatas dalam pembelian komputer, seperti penggunaan untuk komputer kantor yang hanya untuk mengetik saja
  • Kekurangannya adalah VGA card on-board tidak memiliki memori sendiri. Hal ini berakibat “pemotongan” memori utama CPU atau laptop anda yang dikenal dengan RAM untuk digunakan oleh VGA. Jika RAM terbatas, tentu saja kinerja PC secara keseluruhan akan menjadi lambat.

Kelemahan dan Kelebihan VGA Add On

  • Bisa melakukan pekerjaan rendering berat dan tidak “memakan” memori utama atau RAM dalam CPU
  • Proses yang melibatkan grafis tidak akan membebani prosesor dan komputer anda akan lebih cepat dalam memproses sesuatu, biasa ditemukan di komputer gaming
  • Membutuhkan tenaga listrik lebih besar dari biasanya. Jika anda memiliki power supply yang kapasitasnya tidak besar, maka kinerja komputer tidak akan normal,
  • Harganya mahal, bahkan bisa lebih mahal dari seperangkat motherboard ditambah dengan prosesor dan RAM.

Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari masing-masing jenis VGA, jadi sebaiknya pilih yang mana ?, berikut saya akan beri tips untuk anda semua , silahkan dibaca :

Tips membeli VGA Card :

  • Yang pertama sesuaikan socket VGA dengan slot pada motherboard anda, saya harap anda sudah mengerti bagian-bagian motherboard
  • Perhatikan tujuan dari komputer anda, apabila ditujukan untuk gaming dan keperluan 3D maka pilihlah VGA Add-On, tetapi apabila hanya dibutuhkan untuk kepeluan office harian saja, maka bisa menggunakan VGA On-Board, agar dana anda tidak terbuang sia-sia.
  • Semakin tinggi kualitas VGA, maka akan semakin memakan daya listrik. jadi sesuaikan juga kebutuhan VGA anda dengan daya listrik di dalam rumah atau kantor anda, dan juga power supply komputer anda.
  • Carilah VGA Card dengan kecepatan core memory yang tinggi, agar kinerja komputer sesuai yang anda harapkan.
Sekian artikel dari saya ini, silahkan dishare jika bermanfaat, terima kasih :thanks

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar