Mengenal BIOS pada komputer dan laptop

Mengenal BIOS pada komputer dan laptop
Mengenal BIOS pada komputer dan laptop
mengenal bios

Mengenal BIOS pada komputer dan laptop - Basic input output system adalah singkatan dari BIOS, BIOS adalah suatu program yang ditulis dengan bahasa assembly yang bertugas untuk mengatur fungsi dasar dari hardware komputer, apa itu hardware?, silahkan baca posting ane mengenal hardware komputer program bios ini ada didalam sebuah chip memory ROM (Read Only Memory) ataupun Flash Memory berbahan Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor-CMOS, di dalam motherboard komputer terdapat baterai yang berfungsi untuk menjaga tanggal dan pengaturan lainnya yang telah disetting oleh pengguna agar tidak hilang meskipun komputer dimatikan.

Fungsi BIOS

Untuk memberikan instruksi atau perintah yang dikenal dengan istilah POST (Power On Selft Test) yaitu perintah untuk menginisialisasi dan identifikasi perangkat sistem seperti CPU, RAM, VGA Card, Keyboard dan Mouse, Hardisk drive, Optical (CD/DVD) drive dan hardware lainnya pada saat komputer mulai booting atau pertama kali dinyalakan.
Mengatur konfigurasi Hardware dengan memberikan informasi dasar yang dibutuhkan untuk bisa beroperasi. konfigurasi ini biasanya akan berguna bagi ente yang suka overclock

Cara Kerja BIOS

Pertama BIOS akan melakukan proses inisialisasi dimana dalam proses tersebut ente bisa melihat spesifikasi komputer seperti Processor yang digunakan,  jumlah memory atau RAM, jenis dan kapasitas harddisk, informasi kartu VGA dan lain-lain.
Selain itu, BIOS juga melakukan pengecekan terhadap device ROM lainnya, seperti harddisk dan melakukan pengetesan terhadap RAM.
Setelah semua pengetesan dan pengecekan atau inisialisasi terhadap perangkat selesai, langkah selanjutnya yang harus dilakukan BIOS adalah mencari lokasi booting untuk memasuki sistem operasi yang telah terinstall.

Komponen Pada BIOS


1. Program BIOS Setup
Program ini fungsinya adalah untuk mengubah konfigurasi komputer seperti tipe hard disk, disk drive, manajemen daya, kinerja komputer, dan lain-lain sesuai keinginan ente.

Umumnya BIOS menyembunyikan detail-detail perangkat yang bisa dibilang cukup rumit, jadi perlu sedikit keahlian jika kita ingin mengetahui lebih dalam mengenai detail-detail perangkat tersebut.
:info

2. Driver
Driver ini fungsinya adalah ditujukan untuk perangkat-perangkat keras komputer seperti VGA, input device, processor dan beberapa perangkat lainnya untuk sistem operasi dasar 16 bit yang merupakan keluarga dari DOS.

3. Program Bootstraper Utama
Program inilah yang berperan dalam proses booting atau startup ke dalam sistem operasi yang telah kita install sebelumnya.

Contoh proses bios bisa ente lihat gambar dibawah ini :hihi
bios

dari gambar diatas kita bisa melihat informasi apa saja yang ada dikomputer kita :rokok

Produsen BIOS yang terkenal

Sebenarnya produsen BIOS sangatlah banyak namun yang paling terkenal adalah
  1. Award BIOS
  2. Phoenix BIOS
  3. AMI BIOS

Dibawah ini adalah contoh Chip BIOS yang ada pada motherboard dan laptop, tiap motherbord mungkin bentuknya berbeda, jadi tinggal dilihat merk bios nya aja.

Bios pada Motherboard Komputer
bios komp

Bios Pada Laptop

Cara Masuk ke menu BIOS

Untuk masuk ke menu BIOS  dapat kita lakukan dengan menekan tombol tertentu (biasanya tombol Delete atau F2) pada Keyboard pada saat pertama kali komputer dinyalakan. Akan terdapat tulisan misalnya "Pres F2 to enter setup", maka langsung saja tekan tombol F2 berulang-ulang.
Lihat gambar dibawah ini yang ane beri kotak merah :ok
masuk bios

masuk bios

Cara Setting BIOS Komputer 


award bios

Cara seting BIOS berbeda-beda tergantung dari vendor pembuatnya, disini ane hanya  akan menampilkan menu-menu pada BIOS yang umum kita temui yaitu Phoenix Award BIOS. Menu utama pada BIOS ini adalah :
  • Standard CMOS Features, untuk seting tanggal dan melihat hardisk yang terdeteksi, dll.
  • Advanced BIOS Features, pengaturan boot device priority (pilihan device untuk pertama booting) dapat diset disini. atur first boot jadi HDD
  • Advanced Chipset Features default aja gan
  • Integrated Peripherals atur default
  • Power Management Setup lewati aja gan
  • PnP/PCI Configuration lewati aja
  • PC Health Status, kita bisa cek temperatur dan tegangan dari Power Suplly disini gan
  • Load Fail-Safe Defaults (Load Factory Setting), pilih menu ini untuk mengembalikan seluruh setingan ke mode asalnya (default).
  • Load Optimized Defaults
  • Set Supervisor Password mending ga usa di pasword
  • Setelah melakukan pengaturan Save & Exit Setup tekan F10 pada keyboard

Cara Setting BIOS Laptop

bios laptop

Sama seperti setting bios pada komputer untuk menu Main berisi tentang informasi hardware biasanya ane hanya setting tanggal dan booting aja gan, dilaptop menu bios biasanya lebih simpel ga sebanyak dan sedetail di PC

Sekian artikel Mengenal BIOS pada komputer dan laptop semoga bermanfaat :bye

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar