Mengenal File System Linux

Mengenal File System Linux
Mengenal File System Linux
Mengenal File System Linux - ketika kita akan menginstal system operasi baik itu windows atau pun linux, memahami file system system operasi tersebut bisa dibilang sangat penting, karena itu adalah bekal kita agar tidak kehilangan data ketika melakukan partisi.

file system linux

Sebenarnya perbedaan utama antara tabel partisi Linux dan Windows terletak pada jumlah partisi primary yaitu system DOS/Windows hanya memiliki satu jenis partisi primary sedangkan Linux bisa 4 jenis partisi primary. Setelah membaca artikel saya tentang mengenal partisi linux , saya harap anda sudah mempunyai gambaran umum tentang partisi dan file system pada linux ini.

Sebenarnya di linux hanya dibutuhkan dua partisi saja yaitu partisi / (dibaca root ) dan swap.
Partisi Keterangan
/ (root)
merupakan partisi system utama Ubuntu, mudahnya jika anda menginstall Windows maka / adalah drive C. Untuk space Ubuntu desktop direkomendasikan 4GB dengan asumsi untuk system saja.
Swap
merupakan partisi yang disiapkan sebagai cadangan ketika memory komputer full maka sebagian pekerjaan dialihkan ke swap ini. Swap secara teori 2xspace RAM. Ini berlaku saat RAM maksimal 512MB, jaman sekarang 1024MB untuk swap sudah termasuk besar sekali.
Dengan dua jenis partisi diatas linux sudah bisa diinstal, Pertanyaan berikutnya drive D buat data di Linux mana? Jika kebutuhan anda senang dengan membangi-bagi partisi sesuai kegunaannya di Ubuntu bahkan lebih fleksibel. Setiap direktori dibawah / misalnya /boot, /home, /var dan lainnya bisa dibuatkan partisi sendiri. bahkan anda bisa membuat partisi / data sendiri. Yang perlu diperhatikan hanyalah mount point dari masing-masing partisi.
Mount Point adalah titik mount yaitu partisi dikaitkan dipoint tertentu seperti /data, /media/cdrom dan sejenisnya.
Misalnya saya membutuhkan partisi sendiri untuk /home dan /data, dimana /home dialokasikan untuk mengamankan data-data user dan /data digunakan untuk menyimpan data-data yang bisa diakses oleh semua user. Untuk lebih jelaskan saya buatkan tabel partisi seperti dibawah ini :

Keterangan :
sda1 swap
sda2 mount point /
sda3 mount point /home
sda4 mount point /data

Lalu apa format file system pada linux ? , kalau di windows mungkin anda sering mendengar kata-kata FAT 32 dan NTFS ,anda bisa membaca artikel saya sebelumnya yaitu  Mengenal partisi dan file system windows , setelah membaca artikel tersebut saya akan menjelaskan file system yang dipakai oleh linux, ada 3 file system yang dipakai linux yaitu Ext2, Ext3 dan Ext4.

1. Ext2 - Second Extended File System 2

Ext2 pertama kali dikembangkan dan diintegrasikan pada kernel Linux, dan sekarang ini sedang dikembangkan juga penggunaannya pada sistem operasi lainnya.Tujuannya adalah untuk membuat suatu file system yang powerful, yang dapat mengimplementasikan file-file semantik dari UNIX dan mempunyai pelayanan advance features.

2. Ext3 - Third Extended File System

Ext3 merupakan suatu journalled file system, journalled file system didesain untuk membantu melindungi data yang ada di dalamnya. Dengan adanya journalled filesystem, maka kita tidak perlu lagi untuk melakukan pengecekan kekonsistensian data, yang akan memakan waktu sangat lama bagi harddisk yang berkapasitas besar.Ext3 adalah suatu filesystem yang dikembangkan untuk digunakan pada sistem operasi Linux. Ext3 merupakan hasil perbaikan dari Ext2 ke dalam bentuk Ext2 yang lebih baik dengan menambahkan berbagai macam keunggulan.

3. Ext4 - Fourth Extended File System

Ext4 dirilis secara komplit dan stabil berawal dari kernel 2.6.28 jadi apabila distro anda yang secara default memiliki versi kernel tersebuat atau di atas nya otomatis system anda sudah support Ext4 (dengan catatan sudah di include kedalam kernelnya).

Sekian artikel tentang mengenal file system linux ini , semoga bermanfaat , terima kasih 


Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar