Mengenal Jenis Hardware Pada Komputer

Mengenal Jenis Hardware Pada Komputer
Mengenal Jenis Hardware Pada Komputer
hardware komputer

Mengenal Jenis Hardware Pada Komputer - memiliki komputer atau PC jaman sekarang sudah seperti kebutuhan pokok, karena memang udah jaman semakin maju dan teknologi terus berkembang, posting kali ini ane akan menjelaskan tentang jenis hardware pada komputer beserta fungsinya.
Sebelumnya ane jelasin dulu apa itu hardware , hardware itu bahasa inggris yang artinya perangkat keras, jadi hardware adalah perangkat atau alat yang bisa dilihat, dipegang, diraba dan berbentuk nyata yang mendukung semua kinerja pada komputer.

1. Monitor

monitor

Monitor ini termasuk alat output yang berfungsi sebagai alat untuk menampilkan hasil pengolahan data berbentuk grafis atau gambar,

2. Chasing


casing

Chasing ini fungsinya adalah untuk meletakkan semua hardware komputer.
Tips : ketika membeli casing sesuaikan dengan ukuran mainboard, agar pengaturan udara didalam casing sempurna, karena sirkulasi udara sangat penting untuk menjaga semua hardware agar tetap awet dan tahan lama
:warning

3. Processor

processor

Processor merupakan alat pengendali dan pemrosesan pada komputer yang berfungsi untuk mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem komputer, bisa dibilang otak komputer. untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel ane yang lalu tentang processor klik link dibawah ini

4. Motherboard


motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit utama sebagai tempat untuk memasang macam-macam komponen elektronik komputer seperi processor, RAM , Hardisk. Pada motherboard ini memiliki chip BIOS, port, slot dan jalur konektor sebagai penghubung alat input output masing-masing perangkat.

5. RAM ( RANDOM ACCESS MEMORY )


ram

RAM ini fungsinya adalah untuk menyimpan data atau instruksi sementara yang akan diproses oleh processor, RAM ini berpengaruh pada kecepatan komputer.
:sinau Baca juga : Sejarah RAM  , Pengertian RAM

6. Harddisk

hardisk


Hardisk atau HDD adalah perangkat keras komputer yang terbuat dari piringan magnetik oksida yang berfungsi sebagai media penyimpanan.
:sinau Baca juga Sejarah dan perkembangan Harddisk

7. Power Supply


power supply

Power supply berfungsi sebagai penyuplai daya yang digunakan sebagai tenaga dan energi listrik komponen-komponen komputer, jadi kalo ga ada ini ga bisa nyala gan :wkwk

8. VGA Card

VGA

VGA Card , singkatan dari Video Graphic Adapter fungsinya adalah mengolah data grafik yang akan ditampilkan pada monitor, cara kerjanya merubah sinyal digital menjadi sinyal gambar.

9. DVD ROM 


DVDROM
DVDROM adalah perangkat yang berfungsi untuk membaca atau menulis data dari media penyimpanan data CD atau DVD.

10. Keyboard

keyboard

adalah perangkat input komputer yang digunakan untuk memasukan atau mengetik data berupa huruf, angka , atau simbol tertentu pada komputer.

11. Mouse

mouse

seperti keyboard , mouse adalah perangkat input yang berfungsi untuk menggerakkan kursor atau menunjuk aplikasi yang ingin dijalankan pada layar komputer.

12. Printer


printer

Merupakan alat output yang berfungsi sebagai pencetak hasil pengolahan data berupa teks atau gambar diatas kertas.

13. SSD


ssd

SSD atau Solid State Drive merupakan inovasi terbaru dari pendahulunya yaitu hard disk. memilki fungsi yang sama yaitu sebagai penyimpanan data,  perbedaannya adalah Data pada SSD disimpan pada chip-chip memori flash yang saling terhubung. Chip-chip tersebut memiliki kecepatan dan reliabilitas yang lebih tinggi dari USB Thumb Drive (UFD). yang pasti harga lebih mahal brohh... :ngakak

14. NIC/LAN Card


lan card
NIC ( Network Interface Card ) atau LAN card ( Local Area Network ) card fungsinya adalah untuk menghubungkan komputer kedalam jaringan lokal atau internet.

15. Sound Card

sound card


alat ini berfungsi sebagai alat output yang mengolah data berupa audio, dan juga sebagai alat input yang bisa merekam audio.

16. UPS ( Uninteruptible Power Supply )

ups

UPS berfungsi sebagai penyimpan daya ketika listrik mati atau padam, dengan kata lain energi cadangan apabila sumber listrik utama mati, agar kita bisa mematikan komputer kita dengan benar :hihi

17. Scanner

scanner
Scanner adalah alat input yang kerjanya hampir sama dengan mesin foto copy., yaitu dengan cara merubah objek atau hardfile menjadi file data digital dan dapat diolah di komputer

18. Modem

modem usb
modem adsl
adalah kepanjangan dari Modulator Demodulator yang berfungsi sebagai pengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.

19. Flashdisk

flashdisk

Perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanan yang berbentuk kecil dan mudah dibawa kemana-mana dengan kapasitas yang besar.

20. Proyektor

proyektor

Perangkat yang berfungsi menampilkan gambar atau video pada layar cara kerjanya adalah proyektor LCD mengirimkan cahaya dari lampu halide logam lalu diteruskan ke dalam prisma dimana cahaya akan tersebar pada tiga panel polysilikon, yaitu komponen warna merah, hijau, dan biru pada sinyal video.

21. Speaker

speaker

Perangkat yang berfungsi untuk mengeluarkan audio atau suara. 

22. Webcam


adalah perangkat yang digunakan untuk mengambil gambar atau video melalui jaringan internet

23. Cooler PC / Heatsink

Perangkat yang berguna sebagai pendingin pada processor agar kinerja komputer stabil

Sekian artikel Mengenal Jenis Hardware Pada Komputer - terima kasih :thanks

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar