Mengenal Partisi dan File System Pada Windows

Mengenal Partisi dan File System Pada Windows
Mengenal Partisi dan File System Pada Windows
partisi windows

Mengenal Partisi dan File System Pada Windows - kata partisi dan file system seperti FAT, FAT32 atau NTFS ini sering kita dengar, mungkin bagi anda yang sudah faham tentang komputer dan dunia IT pasti sudah tahu apa yang dimaksud partisi dan file system ini, sebelum saya membahas tentang partisi dam file system pada windows, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu partisi.

Pengertian Partisi dan Fungsinya

Partisi adalah membagi ukuran hardisk secara logical menjadi beberapa bagian, fungsinya adalah untuk mempermudah kita menata atau mengorganisasi file atau data , dan juga untuk memudahkan kita membedakan antara file system atau aplikasi dan data, selain itu partisi berfungsi untuk meningkatkan performa kinerja komputer (kecepatan akses hardisk), terutama pada hardisk yang berukuran besar.
Jadi begini, hardisk kita ibaratkan sebagai lemari, yang mana didalam lemari tersebut terdapat sekat-sekat yang fungsinya adalah untuk menata baju atau celana kita, agar terlihat lebih rapi dan lebih mudah kalau kita mencari baju atau celana yang akan kita pakai, mudah bukan ?
:ckck

Pengertian File System

File system adalah struktur logika yang digunakan untuk mengendalikan atau mengontrol akses terhadap data yang ada pada disk, bisa juga disebut metode penyimpanan file atau data pada media penyimpanan komputer untuk mengatur lokasi file tersebut.

Fungsi File System

Fungsi file system adalah untuk memberi nama pada data atau berkas dan sebagai konvensi penamaan file dan peletakan file pada struktur direktori.

Jenis Partisi Windows

1. Primary Partition
Partisi ini biasanya digunakan sebagai tempat peyimpanan sistem operasi. Pada partisi ini terdapat boot partition yang menyimpan file-file yang dibutuhkan untuk start up sistem operasi. Sebuah hardisk pada windows dapat dipartisi menjadi maksimal 4 buah primary partition tanpa extended partition, atau maksimal 3 buah primary partition kalau terdapat extended partition.
2. Extended Partition
Merupakan partisi pembatas antara primary partition dan logical partition. Dalam Extended partition ini bisa terdiri dari satu atau lebih logical partition. Extended partition ini bukanlah sebuah drive melainkan hanya pembatas saja, jadi partisi ini tidak terlihat.
3. Logical Partition
Merupakan bagian dari Extended Partition yang dan digunakan sebagai tempat penyimpanan data.
Selengkapnya anda bisa lihat pada gambar dibawah ini :ok
partisi windows

Gambar diatas adalah tabel partisi windows
  • Partisi Primary ada 1 yaitu drive C
  • Partisi Extended tidak terdefinisikan di abjad karena memang hanya sebagai pembatas
  • Partisi logical ada 3 yaitu drive D, drive E dan drive F

Jenis File System Pada Windows

  1. FAT ( File Allocation Table ) Merupakan tipe partisi yang sudah cukup tua, digunakan pada saat sistem operasi masih menggunakan DOS. Saat ini masih digunakan pada disket floppy untuk mengatur partisinya, dan melakukan Recovery saja.
  2. FAT16 ( File Allocation Table 16 ) dikenalkan oleh MS-DOS tahun 1981. Awalnya, Sistem ini didesign untuk mengatur file di floopy drive (disket), untuk jaman sekarang sudah ga ada yang pake disket, FAT16 mengalami beberapa kali perubahan sehingga digunakan untuk mengatur file di harddisk. Keuntungan FAT16 adalah file system ini kompatibel hampir di semua Operating System baik itu WIndows 95/98/me, OS/2 , Linux dan bahkan Unix. Namun dibalik itu masalah paling besar dari FAT16 adalah mempunyai kapasitas tetap jumlah cluster dalam partisi , jadi semakin besar harddisk maka ukuran cluster akan semakin besar, artinya file sekecil apapun tetap akan memakan 16Kb dari harddisk. Hal jelek lain adalah FAT16 tidak mendukung kompresi , enkripsi dan kontrol akses dalam partisi.
  3. FAT32 ( File Allocation Table 32 ) mulai di kenal pada sistem Windows 95 SP2, dan merupakan pengembangan lebih dari FAT16. FAT32 menawarkan kemampuan menampung jumlah cluster yang lebih besar dalam partisi. Selain itu juga mengembangkan kemampuan harddisk menjadi lebih baik dibanding FAT16. Namun FAT32 memiliki kelemahan yang tidak di miliki FAT16 yaitu terbatasnya Operating System yang bisa mengenal FAT32. Tidak seperti FAT16 yang bisa di kenal oleh hampir semua Operating System, namun itu bukan masalah apabila anda menjalankan FAT32 di Windows Xp karena Windows Xp tidak peduli jenis partisi apa yang di gunakan.
  4. NTFS( NT File System ) NTFS di kenalkan pertama pada Windows NT dan merupakan file system yang benar benar berbeda di banding teknologi FAT. NTFS menawarkan security yang jauh lebih baik , kompresi file , cluster dan bahkan support enkripsi data, dan dipakai sampai sekarang.
Jadi begini partisi dengan file system FAT16 atau FAT32 tidak akan bisa membaca partisi dengan file system NTFS, karena memang berbeda struktur file dan cluster (alokasi unit atau penataan file didalam disk), tetapi NTFS bisa membaca partisi FAT, FAT16 atau FAT32, saya harap anda mengerti.
:info

Cara Partisi Pada Windows

  • Mempartisi hardisk pada saat menginstall Sistem Operasi. silahkan baca artikel saya tentang cara instal windows 10
  • Menggunakan tool Disk Management Windows.
  • Menggunakan program managemen partisi hardisk seperti misalnya EASEUS Partition Master, Partition Magic dan lain sebagainya.

Demikian sedikit tentang Mengenal Partisi dan File System Pada Windows , semoga bisa menambah pengetahuan anda semua, terima kasih :bye

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar