Mengenal Prinsip dan Cara Kerja VPN

Mengenal Prinsip dan Cara Kerja VPN
Mengenal Prinsip dan Cara Kerja VPN
Mengenal Prinsip dan Cara Kerja VPN - selamat pagi sahabat, kali ini saya akan menjelaskan lebih dalam tentang VPN atau yang disebut dengan Virtual Private Network, sebenarnya pada artikel saya yang lalu saya sudah membahas sedikit tentang VPN ini, tapi tahukah anda bagaimana VPN itu bekerja dan bagaimana prinsip kerja sesungguhnya?. berikut akan saya coba jelaskan.
Cara Kerja VPN

Pengertian VPN (Virtual Private Network)

Sebelumnya saya akan menjelaskan kembali pengertian VPN (Virtual Private Network) secara lengkap, Virtual berarti jaringan yang terjadi secara virtual atau tidak nyata antara dua titik yang saling berhubungan, Private berarti disini sifat jaringannya adalah pribadi, jadi tidak semua orang bisa mengaksesnya, jadi data yang dikirim atau diterima oleh kedua komputer tersebut terenkripsi dan bersifat rahasia walaupun melalui jaringan publik.

Prinsip dan Cara Kerja VPN

Sebelumnya mari kita lihat artikel saya sebelumnya tentang Pengertian Jaringan Komputer LAN, MAN dan WAN  , setelah anda memahami pembagian jaringan berdasar wilayah atau area, VPN ini bisa di implementasikan pada jaringan local maupun berbeda area. Salah satu contoh perusahaan A mempunyai banyak cabang yang lokasinya tersebar di beberapa kota atau negara, lalu bagaimana menghubungkan semua lokasi dan membentuk sebuah LAN ?, disinilah konsep VPN dapat diterapkan.
VPN merupakan sebuah konsep jaringan yang dapat menghubungkan beberapa LAN yang lokasinya berjauhan, media yang digunakan adalah media jaringan publik seperti kabel telepon, kabel fiber optic dan lain sebagainya.
Dengan VPN ini seolah kita membuat jaringan didalam jaringan, yang biasa disebut Tunnel (terowongan), dan melakukan proses Tunneling atau membuat jalur pribadi yang menggunakan infrasturktur pihak ke tiga, 

Proses Kerja VPN




  • VPN memerlukan server yang memiliki fingsi sebagai penghubung antara komputer , disini bisa berupa komputer yang menggunakan aplikasi VPN server atau bisa juga menggunakan Router seperti Mikrotik RB 750 , baca juga Cara Mendaftar VPN dengan Private Tunnel
  • Untuk bisa memulai sebuah koneksi, komputer dengan aplikasi VPN Client mengontak Server VPN, VPN Server kemudian memverifikasi username dan password dan apabila berhasil maka VPN Server memberikan IP Address baru pada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi / tunnel akan terbentuk.
  • Lalu untuk selanjutnya komputer client bisa digunakan untuk mengakses berbagai data (komputer atu LAN) yang berada dibelakang VPN Server misalnya melakukan transfer data, mencetak dokument, browsing dengan gateway yang diberikan dari VPN Server, melakukan remote desktop dan lain sebagainya.
Sekian artikel tentang Mengenal Prinsip dan cara kerja VPN ini, kurang lebihnya saya minta maaf , dan semoga bermanfaat... , terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar