Motherboard dan bagian-bagiannya

Motherboard dan bagian-bagiannya
Motherboard dan bagian-bagiannya
Motherboard dan bagian-bagiannya - artikel kali ini saya akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan motherboard, fungsi motherboard , jenis motherboard dan juga bagian-bagian yang ada didalam motherboard,  artikel yang saya buat ini harapan saya adalah para pemula yang awalnya belum mengerti tentang motherboard ini setelah membaca artikel ini menjadi lebih mengenal jenis-jenis hardware pada komputer dan bukan hanya sebagai pengguna saja.

motherboard dan bagiannya

Selamat membaca dan semoga anda tidak bosan dengan artikel saya ini. :hihi

Pengertian Motherboard

Motherboard, atau sering juga kita kenal dengan nama mainboard, mobo, MB, atau system board adalah sebuah perangkat keras dalam sistem komputer yang berbentuk printed circuit board(PCB).

Fungsi Motherboard

Fungsinya Motherboard adalah menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah komputer. Motherboard bisa dikatakan sebagai tulang punggung (backbone) dari sistem komputer, semua komponen komputer pasti terhubung dengan motherboard, baik langsung maupun tidak langsung.

Bagian-bagian Motherboard

1. Soket CPU atau Processor Socket


socket processor

Digunakan untuk menginstal atau menyisipkan prosesor . Ada dua jenis soket  yang kita kenal, yaitu soket LIF soket dan soket  ZIF.
  •  LIF singkatan dari Low Insertion Force, yaitu soket model lama,
  •  ZIF adalah singkatan dari Zero Insertion Force, adalah soket prosesor model baru.

info : gambar diatas adalah gambar motherboard yang memakai processor intel , bentuk socket tiap motherboard atau mainboard tergantung dari jenis processor yang digunakan, akan tetapi untuk bentuk kurang lebih sama, terdapat ribuan pin kaki processor
:info
Baca juga : jenis processor menurut pabrik pembuatnya

2. North Bridge

north bridge

North Bridge ini biasanya terletak selalu dekat dengan soket prosesor, yaitu merupakan salah satu komponen penting dari motherboard.
North Bridge adalah titik fokus dari motherboard, dan disebut juga dengan memory controller hub. North bridge terhubung dengan socket Processor, slot RAM serta slot AGP.


3. South Bridge

south bridge

South Bridge dan North Bridge adalah dua kutub utama motherboard. 
South Bridge terhubung dengan antarmuka IDE primer dan sekunder, konektor SATA, konektor Floppy Drive, slot PCI dan BIOS.

4. Slot RAM


slot ram

Slot RAM adalah komponen pada motherboard yang digunakan untuk menyisipkan RAM atau memory, perlu diperhatikan slot RAM ini tergantung dari jenis RAM yang digunakan, jadi jangan sampai salah memasangnya, karena akan berakibat dapat merusak slot RAM bahkan motherboard itu sendiri jadi silahkan baca artikel saya sebelumnya yaitu : Pengertian dan bagian RAM

5. Slot VGA AGP


slot AGP

Slot VGA Card yang digunakan pada motherboard lama seperti seperti motherboard soket 478 dan komputer P3, saat ini sudah jarang digunakan dan dipasaran pun sudah mulai langka.

Spesifikasi slot AGP :
  • 66 MHz (AGP 1x) = 266 Mbyte per detik
  • 133 MHz (AGP 2x) = 533 Mbyte per detik
  • 266 MHz (AGP 4x) = 1066 Mbyte per detik
  • 533 Mhz (AGP 8x) = 2133 Mbyte per detik

6. Slot VGA PCI Express 16x



Slot untuk memasang VGA Card atau kartu grafis, jenis slot VGA yang ada di motherboard saat ini disebut dengan slot PCI Express dan digunakan secara luas saat motherboard dengan prosesor LGA 775 [P4 dan celeron]. sampai sekarang slot VGA ini masih digunakan.

7. Slot PCI


slot PCI

Slot PCI digunakan untuk menyisipkan Add-on Card, seperti kartu LAN , Kartu Sound , dan kartu TV tuner .PCI adalah singkatan dari Peripheral Component Interconnect.

8. Slot PCI Express


slot pci express

Slot PCI Express ini fungsinya adalah sama seperti slot PCI yang diatas,yaitu digunakan untuk menyisipkan Add-on Card, seperti kartu LAN , Kartu Sound , dan kartu TV tuner .PCI adalah singkatan dari Peripheral Component Interconnect, akan tetapi slot PCI Express ini mempunyai kecepatan yang lebih baik dari pada slot PCI biasa.

Spesifikasi PCI Express :
  • PCI-ex 1x mempunyai kecepatan max 250 MB/s
  • PCI-ex 2x                                            500 MB/s
  • PCI-ex 4x                                            1000 MB/s
  • PCI-ex 8x                                            2000 MB/s
  • PCI-ex 16x                                          4000 MB/s
  • PCI-ex 32x                                           8000 MB/s

9. Complimentary Metal Oxide Semicondutor (CMOS)


cmos

CMOS adalah sebuah baterai yang memasokpower pada sebuah memori kecil pada motherboard yang berfungsi untuk menyimpan settingan konfigurasi komputer, waktu, dll. CMOS menjaga agar kita tidak perlu mengkonfigurasi hal-hal tersebut setiap kali kita menyalakan komputer

10. Primary and Secondary IDE Interfaces


IDE

Juga disebut dengan konektor IDE atau konektor PATA. IDE adalah kependekan dari Integrated Device Electronics, yang mendukung untuk perangkat IDE, seperti Hard disk dan CD dan DVD drive.

11. Konektor SATA 


sata

Juga disebut sebagai konektor Serial ATA.  SATA kependekan dari Serial Advanced Technology Attachment, yang berguna untuk menghubungkan perangkat serial ATA.


12. Chip BIOS


bios

Chip bios ini adalah untuk menyimpan file bios , yang juga merupakan salah satu bagian chip penting dari motherboard, untuk melakukan POST ( Power On Self Test ). 

13. Back Panel

backpanel mb

Yang terakhir adalah back Panel yaitu bagian dari motherboard yang menghadap ke luar casing dan dapat diakses dari luar
Sedikit saya jelaskan beberapa fungsi nya :
  • PS/2 Port – Port untuk menghubungkan mouse/keyboard.
  • USB Port – Port menghubungkan peripheral dengan interface USB.
  • S/PDIF Port – Menghubungkan konektor audio S/PDIF
  • RJ-45 Lan Port / Ethernet – Menghubungkan kabel jaringan LAN
  • Audio Port / TRS audio – Menghubungkan mobo ke sistem audio/ speaker.
  • Coaxi - Menghubungkan mobo ke audio memakai kabel coaxial
  • DVI (Digital Visual Interface) / HDMI port – utk menampilkan video resolusi tinggi 
  • Toslin - untuk menghubungkan kabel audio digital
  • Firewire - untuk transfer data yang lebih cepat dari USB, biasanya untuk import file video dari kamera atau handycam ke komputer.
  • eSAT - External SATA untuk menghubungkan hardisk external yang memakai kabel SATA

Setelah membaca artikel saya tentang Motheboard dan bagian-bagiannya diatas, apakah anda sudah berani membuka chasing komputer anda ??, atau mencoba merakit sendiri komputer anda ?, well itu terserah anda, :rokok
Saya rasa cukup sekian artikel ini, mohon maaf apabila ada yang kurang, terima kasih sudah berkunjung diblog ini, semoga bermanfaat. :bye

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar