Mengenal Processor AMD

Mengenal Processor AMD
Mengenal Processor AMD
Processor AMD

Mengenal Processor AMD - sebagai seorang yang bergerak dibidang komputer dan dunia IT pasti sudah mengenal dengan yang namanya Processor AMD ini, biasanya processor tipe ini sering dipakai oleh para gamer dan juga para desainer animasi, karena memang processor AMD ini terkenal dengan kecepatannya.

Artikel ini saya buat bukan hanya untuk anda yang sudah mahir dibidang IT, tapi juga diharapkan bagi pemula seperti saya juga mengerti, sebelum membahas lebih jauh tentang Processor AMD ini, sebaiknya baca terlebih dahulu artikel saya sebelumnya tentang Pengertian Processor dan bagiannya disini , selain jenis processor AMD ini ada juga jenis Processor lain yaitu Processor intel, anda bisa membaca artikel saya tentang Processor Intel dan sejarahnya  disini , dan tentang istilah penting yang harus kita ketahui tentang processor intel disini , setelah membaca artikel saya yang lalu, silahkan membaca artikel saya yang ini, semoga betah, :hihi

Pengertian Processor AMD

AMD adalah singkatan dari Advanced Micro Devices yang merupakan salah satu jenis processor yang dipakai hingga saat ini. AMD merupakan sebuah perusahaan semikonduktor multinasional Amerika Serikat yang berbasis diSunnyvale,selain processor AMD juga memproduksi produk yang utama termasuk mikroprosesor, chipset motherboard, embedded prosesor kartu grafis (GPU) dan prosesor untuk server, workstationdan komputer pribadi (PC), dan juga teknologi prosesor untuk perangkat genggam, televisi digital, mobil, konsol game, dan aplikasi lainnya yang terdapat suatu sistem.

Perkembangan Processor AMD


1. AMD K5

AMD K5
AMD K5 awalnya dibuat supaya dapat bekerja pada semua motherboard yg mendukung Intel. Jadi motherboard yg mendukung Intel akan mendukung pula AMD K5. Pada waktu itu tidak semua motherboard dapat langsung mengenali AMD dan harus dilakukan Upgrade BIOS untuk bisa mengenali AMD.

2. AMD K6

AMD K6
Prosesor AMD K6 merupakan prosesor generasi ke-6 dengan peforma yang tinggi dan dapat diinstalasi pada motherboard yg mendukung Intel Pentium.
AMD K6 sendiri masih dibagi lagi modelnya nya yaitu : AMD K6, AMD K6-2, AMD K6-III dan dari seluruh modelnya yang membedakan hanya kecepatan CPU Clock dan Micron Processnya.

3. AMD Duron
AMD Duron
AMD Duron merupakan generasi ketiga dari perkembangan processor AMD. Dan juga merupakan jenis prosesor yang murah dan terjangkau dan dikenal pada tahun 2000. AMD Duron juga tidak kalah hebat dengan AMD Athlon yang memliki kinerja processor hampir sama hanya beda 7%-10%  lebih tinggi AMD Athlon sedikit. Akan tetapi pada saat ini AMD sudah menghentikan produksi akan processor jenis AMD Duron.

4. AMD Athlon
AMD Athlon

AMD Athlon merupakan pengganti dari mikroprosesor seri AMD K6. Dan sedikit demi sedikit ingin menggeser Intel sebagai pemimpin pasar industri mikroprosesor. Dikarenakan keunggulan yang dimiliki Oleh AMD Athlon jenis prosesor ini dapat mengungguli Intel Pentium III Katmai danbahkan jenis terbaru dari intel yaitu Pentium III Coppermine. Prosesor jenis ini juga dapat dijadikan sebagai prosesor untuk system multiprosesor seperti halnya prosesor generasi keenam intel (P6). Dengan menggunakan chipset AMD 750 MP (Iron Gate) dan AMD 760 MPX, prosesor AMD dapat mewujudkan computer yg memiliki dua prosesor AMD Athlon.

Jenis AMD Athlon :
  • Athlon Classic (1999) biasa dikenal dengan AMD K7
  • Athlon Thunderbird (180nm) tahun 2000 berhasil menyaingi Pentium III
  • Athlon XP ( eXtrime Power ) ( 130 nm) setara dengan Pentium 4
  • Palomino ( 180nm ) tahun 2001
  • Thoroughbred A/B ( 130 nm ) tahun 2002
  • Thorton (130nm) tahun 2003

5. AMD Athlon 64

amd athlon 64
amd athlon 64
Prosesor ini memiliki 3 variant socket bentuk yg berbeda yaitu socket 754, 939, dan 940. Socket 754 memiliki kontroler memori yg mendukung penggunaan memori DDR kanal tunggal. Socket 939 memiliki kontroler memori yg mendukung memori kanal ganda. Prosesor ini merupakan prosesor pertama yg kompatibel terhadap komputasi 64bit. Prosesor ini menggunakan teknologi AMD 64 yg bisa bekerja pada system operasi dan aplikasi 32 bit maupun 64 bit.

Jenis AMD Athlon 64
Socket 754 Socket 939
Athlon 64 Athlon 64
AMD Sempron Athlon 64 FX
AMD Turion Athlon 64 X2
Opteron
Socket AM2 Socket AM2+
Athlon 64 Athlon 64
Athlon 64 FX Athlon 64 X2
Sempron Opteron
Athlon 64 X2 Phenom
:sinau Baca juga : Perbedaan 32bit dan 64bit


Processor AMD 64 ini sudah mempunyai HyperTransport Technology
HyperTransport adalah arsitektur interkoneksi antarchip untuk menghasilkan latensi terendah, bandwidth tertinggi, fleksibiltas dalam desain, performa yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan memiliki dukungan luas terhadap arsitektur interkoneksi lain.

HyperTransport ini mampu meningkatkan kinerja system secara keseluruhan dengan menyingkirkan bottlenecks , pada level input output, meningkatkan bandwith, mengurangi latency system. Pendekatan yg digunakan disini adalah kontroler memori DDR yang sepenuhnya terintegrasi sehingga membantu mempercepat akses ke memori, dengan menyediakan jalur dai prosesor langsung ke memori utama. Hasilnya, bisa menikmati loading aplikasi yg lebih cepat dari performa aplikasi yg lebih meningkat.

Bottlenecks : kondisi performa komputer yang lambat akibat spesifikasi hardware yang tidak seimbang, jadi hardware dengan spesifikasi yang tinggi harus mengalah dengan hardware yang lambat, karena proses dibebankan ke hardware yang lambat, jadi berimbas kepada kinerja system.

Tips : Pastikan ketika akan merakit komputer kecepatan dari RAM, Motherboard, VGA Card, Harddisk dan Processor serta pilihlah yang sesuai.
Begitulah ceritanya , Mengenal Processor AMD - semoga bermanfaat :thanks

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar