Sejarah dan Perkembangan VGA (Video Graphic Adapter)

Sejarah dan Perkembangan VGA (Video Graphic Adapter)
Sejarah dan Perkembangan VGA (Video Graphic Adapter)
pengertian dan sejarah vga

Sejarah dan Perkembangan VGA (Video Graphic Adapter) - artikel kali ini saya akan membahas tentang VGA, mungkin anda sering mendengar kata VGA ini, terutama bagi anda yang suka sekali bermain game di komputer atau laptop, atau bisa disebut juga Gamers atau gamers mania. 

Sebelum membaca artikel VGA ini ada baiknya anda membaca artikel saya yang lalu mengenal jenis hardware pada komputer , supaya anda lebih banyak tau tentang macam-macam hardware komputer, semoga dengan membaca artikel ini saya harapkan anda bisa mengerti perkembangan VGA dari tahun ke tahun, selamat membaca.

Pengertian

VGA (Video Graphic Adapter) untuk menghubungkan antara motherboard dengan monitor yang digunakan, dengan kata lain mengubah sinyal digital pada komputer menjadi tampilan grafik dilayar monitor

Fungsi

Fungsi VGA Card atau Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card adalah berfungsi untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Untuk menggambar atau design graphic ataupun untuk bermain game.

Perkembangan VGA

Perkembangan VGA Card mulai berkembang pesat, terutama ketika mulai booming kebutuhan 3D dan juga kebutuhan grafik dari pemakai dan juga pengguna komputer, yang akhirnya muncul banyak sekali generasi dari VGA Card hingga saat ini, berikut perkembangan VGA dari masa ke masa :

1. S3 ViRGE

virge

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1993. VGA ini adalah penerus sukses trio 64V. ViRGE ini mengacu sebagaiakselerator berbasis DRAM tercepat pada zaman tersebut.
Kepanjangan dari “ViRGE adalah Virtual Reality Graphics Engine”, vga ini merupakan generasi pertama yang telah menggunakan teknologi 3D grafik. S3 ViRGE memiliki spec. 64-bit menawarkan 4 MB memory onboard, core dan memory clockspeeds up to 66 MHz

2. ATI RAGE 3D & RAGE II

ati rage

ATI RAGE II memiliki spec. 32-bit memory bus, dan memorynya hanya 2 MB. Karena kelemahan yang ada pada ATI RAGE 3D maka dibuatlah lagi seri ke-2nya yang diberi nama RAGE II yang memiliki spec. 8 MB SDRAM, 64-bit memory bus, memory clockspeeds up to 60 MHz, serta mendukung kemampuan untuk memutar DVD Playback.

3. NVIDIA NV3
NV3
NVIDIA NV3 adalah buatan pertama dari Nvidia, vga ini juga dibuat dengan desain teknologi Microsoft's DirectX 5 API. NVIDIA NV3 memiliki spec. 4 MB memory, 100 MHz core clockspeeds, bandwith 1.6 GB/s, 206 MHz RAMDAC dan mendukung AGP 2x.

4. NVIDIA NV4

nv4

Diluncurkan pada pertengahan tahun 1998 yang membuat Nvidia mendapatkan reputasi sebagai pembuat adapter grafis oleh para konsumen 3D.
Berbasis SDRAM VGA ini juga merupakan penerus dari NVIDIA NV3, namun NVIDIA NV4 tidak ada penambahan yang signifikan dalam spec. seperti memory maksimum ditambah menjadi 16 MB dan mempunyai clockspeeds pada 110 MHz, tetapi Nvidia manambahkan beberapa kemampuan pada NVIDIA NV4 seperti teknologi “second pixel pipeline”, 32-bit true colors, dan fitur Trilinear filtering.

5. NVIDIA GEFORCE 256

geforce

Memiliki kecepatan performa 2 kali lebih cepat daripada seri-seri sebelumnya, vga ini memiliki spec. DirectX 7, 4-pixel Rendering pipeline dan sebuah fitur bernama “cube environment mapping” yaitu yang gunanya untuk menciptakan efek real time reflection.

6. NVIDIA GEFORCE SERIES 2

geforce series

The GeForce2 (NV15) adalah generasi kedua grafis GeForceunit pengolahan NVIDIA. Diperkenalkan pada awal tahun 2000, VGA ini merupakan  penerus GeForce 256.
Keluarga GeForce 2  terdiri dari sejumlah model: GeForce GTS 2,GeForce 2 Pro, GeForce 2 Ultra, GeForce 2 Ti, GeForce 2 Go danGeForce 2 MX series. Selain itu, GeForce 2 arsitektur digunakanuntuk seri Quadro dan Quadro 2 Pro, 2 MXR, dan 2 kartu EXdengan driver khusus dimaksudkan untuk mempercepat aplikasidesain dibantu komputer.
Arsitektur GeForce2 tidak jauh berbeda dengan kartu grafis sebelumnya GeForce 256 tetapi dengan perbaikan. Dibandingkan dengan GeForce 256 , GeForce 2 dibangun pada proses manufaktur 180 nm, membuat silikon lebih padat dan memungkinkan untuk menambah transistor dan clock speed yang lebih tinggi. Perubahan yang paling signifikan untuk akselerasi 3D.  Ini merupakan vga Nvidia pertama yang menghadirkan fitur baru, yaitu pixel shader dengan sebutan “Nvidia Shading Rasterizer (NZR)”.

7. ATI RADEON R520

ati radeon

VGA R520(codec fudo) adalah unit pemrosesan grafis(GPU) yang dikembangkan oleh ATI Technologies dan diproduksi oleh TSMC. Vga ini merupakan GPU pertama yang menggunakan proses fotolitografi 90 nm. VGA ini menghadirkan spec.
memory yang lebih efisien, kualitas image yang lebih baik dan performa yang optimal. Selain itu vga ini memiliki fitur seperti kemampuan High Dynamic Range (HDR) lighting.

8. NVIDIA GEFORCE 9 SERIES

nvidia

GeForce series 9 ini adalah generasi ke sembilan dari Nvidia seri Geforce processin unit yang dirilis pada tahun 2008 VGA ini merupakan keluaran dari Nvidia yang paling populer dikalangan masyarakat, karena termasuk vga “High End” dan yang paling terkenal yaitu NVDIA GEFORCE 9800 GTX yang memiliki 128 stream processor, dan 256-bit memory bus.

9. NVIDIA GEFORCE 200 SERIES

The GeForce 200 adalah generasi ke 10 grafis GeForce unit pengolahan Nvidia, dinamai penemu dan fisikiawan Nicola Tesla. The GeForce 200 adalah VGA Nvidia generasi kedua yang mempunyai arsitektur unified shader. Unified shader adalah perusahaan yang digunakan dalam Geforce 8 series VGA ini memiliki chipset keluaran terbaru dari Nvidia yang berhasil memasukkan 1.4 billion transistor ke dalam GPU. VGA ini juga merupakan seri Nvidia yang paling terkencang dan kemampuan yang powerful.

Begitulah Sejarah dan Perkembangan VGA (Video Graphic Adapter) - :thanks

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar