Cara Mengatasi Komputer Yang Sering Restart

Cara Mengatasi Komputer Yang Sering Restart
Cara Mengatasi Komputer Yang Sering Restart
Cara Mengatasi Komputer Yang Sering Restart - selamat malam sahabat B38 blog , malam ini saya akan membagikan tips bagaimana cara mengatasi komputer yang restart sendiri, tips ini saya bagikan karena memang saya sering mendapatkan masalah seperti ini.

restart

Memang tidak mudah untuk mendiagnosa masalah komputer yang restart sendiri jika anda belum pengalaman, apalagi bagi anda yang hanya sebagai pengguna saja, didalam artikel ini anda sebagai pengguna bisa juga belajar mendiagnosa sendiri permasalahan yang ada dikomputer anda.

Jenis restart komputer

  • Pertama, jika komputer restart muncul peringatan itu berarti anda masih bisa mengetahui kira-kira apa sumber penyebabnya.
  • Kedua, jika komputer tiba-tiba restart tanpa ada peringatan, tiba-tiba mati sendiri, nah saya akan membagikan tips untuk jenis restart yang kedua ini, berikut solusinya :

Diagnosa Permasalahan

  • Komputer over heat atau terlalu panas
  • Kerusakan/kesalahan hardware
  • Komputer terkena Virus
  • Masalah / kesalahan pada Sistem Operasi
  • Kegagalan lain dari hardware

Solusi

Komputer Over Heat atau terlalu panas
Periksa suhu pada bios komputer terlebih dahulu, cek berapa suhu nya, suhu normal CPU 35 - 65 derajat, dan biasanya akan otomatis shutdown ketika mencapai suhu maximal, fungsi ini agar mencegah motherboard terbakar karena over heat.

suhu

Selain itu cek juga kipas apakah masih berfungsi normal, cek juga kotoran yang mungkin menempel pada kipas sehingga mengganggu kinerja kipas, bersihkan kalo bisa, cek sirkulasi udara didalam chasing, cek juga ruangan tempat komputer berada, apabila berada di tempat yang panas, pindahkan komputer ke tempat yang lancar sirkulasi udaranya dan tempat yang sejuk.

Kerusakan/Kesalahan Hardware
Untuk kerusakan atau kesalahan hardware apabila anda baru saja memasang hardware baru, cek pemasangannya apakah sudah benar dan pastikan hardware yang baru tadi normal dan tidak bermasalah, lepas hardware yang baru tadi, coba nyalakan dan amati komputer tanpa hardware yang baru tadi, jika komputer berjalan normal, berarti bisa dipastikan hardware yang baru tadi bermasalah.

Cek semua kapasitor pada motherboard, perhatikan seperti gambar dibawah ini

kapasitor mb

Komputer terkena Virus
Jika komputer restart ketika anda mengeklik aplikasi atau file yang ada di dalam komputer bisa jadi file atau aplikasi tadi rusak atau terkena virus, scan komputer dengan antivirus terbaru, apabila discan tetap tidak ada pengaruh maka langkah terakhir anda harus instal ulang sistem operasinya.

Masalah kesalahan pada sistem operasi
Jika solusi diatas tidak membantu, maka bisa jadi karena kesalahan dari sistem operasi, kesalahan dari sistem operasi ini , bisa saja dikarenakan proses instalasi yang tidak benar atau kurang sempurna, bisa juga karena salah instal driver, atau aplikasi yang tidak suport, solusinya adalah silahkan komputer anda nyalakan dan masuk bios, biarkan sampe 10-30 menit atau lebih, jika komputer berjalan normal pada bios, berarti bisa jadi kesalahan dari sistem operasi.

Kegagalan lain dari hardware
Periksa semua pemasangan dan kondisi hardware seperti Processor, RAM, Motherboard, harddisk, VGA dan power supply  anda, dengan mencobanya satu-satu ke komputer lain yang sama spesifikasinya.

Sekian tips cara mengatasi komputer yang sering restart ini , bagikan jika bermanfaat, terima kasih
Baca juga:

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar