Cara Menghubungkan Virtualbox dengan PC Asli

Cara Menghubungkan Virtualbox dengan PC Asli
Cara Menghubungkan Virtualbox dengan PC Asli
setting virtualbox dan pc

Cara Menghubungkan Virtualbox dengan PC Asli - selamat malam sahabat b38 blog kali ini saya akan mencoba membagikan sedikit tutorial mengenai virtualbox, yaitu bagaimana cara kita menghubungkan virtualbox dengan PC atau Laptop Asli, bagi anda yang ingin belajar komputer yaitu tentang cara instal sistem operasi atau bagi anda yang ingin belajar jaringan komputer, aplikasi virtualbox ini sangat cocok, karena penggunaanya cukup praktis dan mudah dipahami, berikut adalah cara menghubungkan virtualbox dengan PC asli.

Langkah-langkah menghubungkan virtualbox dengan PC asli

Pertama

Jalankan aplikasi virtualbox anda, jika sobat belum mengerti apa itu virtualbox, sobat dapat membaca artikel saya sebelumnya tentang pengertian virtualbox dan mendownloadnya

virtualbox 1

Kedua

Klik File -  Preference atau tekan Ctrl + G pada keyboard

virtualbox 2

Ketiga

Lalu setelah keluar windows Preference Klik Network -> Host-only-Networks -> Virtualbox host-only adapter -> klik icon obeng, perhatikan gambar dibawah

virtualbox 3

Baca juga : Cara setting IP Address Ubuntu mode CLI

Keempat

Setelah itu Klik tab menu DHCP Server , hilangkan centang pada pilihan Enable Server lalu klik OK, fungsinya adalah agar kita bisa mengisi IP address secara manual.

virtualbox 4

Kelima

Setelah itu kembali ke menu awal virtualbox, tentukan virtual mesin yang mana yang akan kita hubungkan, lalu klik Setting , perhatikan gambar dibawah ini :

virtualbox 5

Keenam

Lalu Klik menu Network , pada menu Attached to pilih Host-only Adapter ( karena kita akan menghubungkan virtualbox dengan PC asli), perhatikan gambar dibawah ini :

Virtualbox 6

Keterangan :

NAT

Mode NAT memungkinkan komputer asli kita (host) berbagi Internet terhadap komputer virtual (guest). Dalam mode NAT komputer virtual akan menggunakan IP komputer asli untuk terhubung ke Internet.

Bridged Adapter

Mode Bridged Adapter membuat virtual PC dan PC asli terlihat seperti dua komputer berbeda yang terhubung secara fisik ke jaringan yang sama. komputer virtual tidak lagi dianggap virtual melainkan terbaca seperti komputer asli. oleh karena itu dalam mode ini IP komputer virtual harus disamakan subnetnya dengan host

Internal Network

Mode Internal Network membuat komputer virtual terhubung pada jaringan internal. yang dapat berkomunikasi hanya sesama komputer di lingkungan virtual saja. biasanya digunakan untuk simulasi jaringan dengan menghidupkan banyak mesin virtual sekaligus.

Host-only Adapter

Mode Host-only dapat menghubungkan komputer virtual dengan komputer asli seolah-olah terhubung melalui jaringan. Bedanya dengan mode Bridged adalah Mode Host-only Adapter tidak mengharuskan komputer asli terhubung ke jaringan.

Baca juga : Tutorial cara menggunakan virtualbox lengkap

Ketujuh

Setelah itu klik Advanced , pada menu Promiscuous Mode pilih Allow All lalu klik OK

Virtualbox 7

Baca juga : Cara setting ip address debian mode cli

Kedelapan

Lalu pada PC asli kita, klik tanda wireless atau icon jaringan di pojok kanan bawah , lalu klik Open Network and Sharing Center , perhatikan gambar dibawah ini :

Virtualbox 8

Kesembilan

Lalu klik Change adapter settings

Virtualbox 9

Kesepuluh

Klik pada Virtual Host-Only Network

Virtualbox 10

Lalu klik kanan properties seperti gambar dibawah ini :

Virtualbox 11

Kesebelas

Klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) lalu klik Properties

Virtualbox 11

Kedua Belas

Isikan alamat IP address dengan 192.168.1.1 dan subnet mask 255.255.255.0 lalu klik OK

Virtualbox 12

Ketiga Belas

Lakukan hal yang sama pada komputer virtual, seperti langkah kedelapan sampai langkah kedua belas, namun perlu di ingat untuk pengisian IP address angka terakhir tidak boleh sama, seperti dibawah ini IP address virtual adalah 192.168.1.2 dan subnet mask 255.255.255.0

Virtualbox 13

Keempat belas

Setelah itu kembali ke pengaturan network, klik gambar wireless atau icon network di pojok kanan bawah, lalu klik Open Network and Sharing Center, perhatikan gambar dibawah ini :

Virtualbox 15

Kemudian klik Change advanced sharing settings


Lalu lakukan pengaturan seperti gambar dibawah ini, pada komputer asli maupun komputer virtualbox

Virtualbox 16

Kelima belas

Setelah itu cek koneksi dari komputer asli ke virtualbox dengan cara tekan windows + R pada keyboard, ketik cmd kemudian klik OK



Ketik perintah ping 192.168.1.2 lalu tekan enter , jika keluar pesan seperti dibawah ini berarti koneksi sukses.


Cek juga koneksi dari virtualbox ke komputer asli dengan cara yang sama pada langkah kelima belas, jika didapatkan hasil seperti gambar dibawah ini, berarti anda sudah sukses menghubungkan PC asli dengan virtualbox

virtualbox 18

Lalu cek pada explorer - network pada komputer asli maupun virtual, jika keluar dua icon komputer yang seperti dibawah ini , berarti koneksi sukses.

virtualbox 19

Cukup sekian tutorial Cara Menghubungkan Virtualbox dengan PC Asli , semoga bermanfaat dan selamat mencoba, terima kasih.
Baca juga:

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar