Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet
Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet
Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet - selamat malam sahabat B38 Blog , kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cara merawat baterai laptop agar tetap awet, baterai merupakan penyimpan energi listrik yang berukuran kecil dan bisa dibawa kemana-mana, bukan hanya laptop saja yang memakai baterai ini, tetapi alat elektronik lainnya seperti smartphone dan gadget lainnya.

baterai laptop

Pada umumnya baterai laptop bisa bertahan sampai 2 - 4 tahun jika dengan pemakaian dan perawatan yang benar, apabila kita salah dalam cara perawatan dan pemakaian baterai laptop mungkin hanya bertahan sampai 6 bulan saja, dan anda harus membeli baterai lagi, untuk baterai yang original berkisar mulai harga Rp. 300rb an (tergantung dari merk dan jenis laptop), baterai baru biasanya bertahan untuk pemakaian sekitar 1 - 3 jam untuk penggunaan normal seperti mengetik dan kebutuhan office lainnya.

Berikut beberapa tips cara merawat baterai laptop agar tetap awet, dan beberapa hal yang kita lakukan tanpa disadari dapat memperpendek umur baterai laptop :

1. Baterai baru

Untuk baterai baru , atau anda yang baru saja membeli laptop, charge laptop dalam keadaan mati selama 6 - 8 jam, dan laptop jangan digunakan pada saat itu, ini untuk memberi makan sel-sel baterai yang baru dengan listrik.

2. Jangan gunakan laptop sambil mengecas

Jika sedang menggunakan laptop usahakan dalam keadaan baterai full 100 % , cas baterai apabila tinggal 15% - 20% , ini dilakukan agar baterai tidak mengalami over cas, dan akan menyebabkan baterai bocor atau mengembang, meskipun pada laptop sekarang sudah dilengkapi dengan fitur otomatis baterai tidak digunakan ketika dicas, tapi suhu baterai akan panas jika dicas, karena suhu juga berpengaruh pada baterai,

3. Gunakan Laptop sewajarnya

Penggunaan laptop secara berlebihan seperti pemakaian sampai beberapa jam untuk bermain game atau proses editing, yang memang memakan waktu lama, karena laptop memang di desain bukan untuk keperluan yang membutuhkan waktu yang banyak, jadi gunakanlah laptop secara efisien.

4. Jangan biarkan daya baterai kosong

Penggunaan laptop hingga membuat daya baterai habis total akan sangat berpengaruh, hingga sel akan mati dan tidak bisa menyimpan daya lagi.

5. Cabut charger jika sudah full

Membiarkan charger laptop tetap terpasang sampai baterai full justru akan membuat baterai akan bocor, karena memang di ibaratkan kita sedang mengisi gelas yang sudah penuh dengan air, apa yang akan terjadi ?

6. Hindari tempat yang bersuhu ekstrim

Jangan meletakkan atau menggunakan laptop ditempat yang bersuhu panas dan sirkulasi udara yang tidak lancar, karena akan menyebabkan baterai lebih panas.

7. Gunakan stabiliser

Apabila listrik ditempat anda turun naik atau tidak stabil gunakan stabiliser agar listrik yang masuk kebaterai stabil, selain itu jika listrik tidak stabil juga akan merusak charge.

8. Jangan mengecas terlalu cepat

Umumnya baterai akan full jika dicas sekitar 2 jam, akan tetapi jika anda mengecas hanya 30mnt mungkin laptop hanya terisi hanya 60% - 70% saja, jadi aturlah waktu anda.

9. Atur kontras LCD

Pada pemakain laptop layar LCD lah yang sangat menguras daya baterai, aturlah pada titik terendah jika menggunakan baterai, selain irit mata kita juga akan terlindungi dari kerusakan.

10.  Matikan software dan hardware yang tidak digunakan

Ketika menggunakan laptop matikan software seperti screen saver dan hardware yang tidak digunakan seperti bluetooh atau wifi ketika kita memang tidak memakainya

11. Selalu gunakan charger asli

Gunakanlah charger yang asli bawaan pabrik,

Sekian tips dari saya cara merawat baterai laptop agar tetap awet , semoga tips ini bermanfaat bagi anda semua, terima kasih.
Baca juga:

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar