Inilah Ciri-ciri Komputer Terkena Virus

Inilah Ciri-ciri Komputer Terkena Virus
Inilah Ciri-ciri Komputer Terkena Virus
Inilah Ciri-ciri Komputer Terkena Virus - selamat malam sahabat B38 blog, kali ini saya akan membagikan tips bagaimana mengenali ciri-ciri komputer yang terkena virus, memang merupakan hal yang sangat menyebalkan jika komputer atau laptop kita ternyata terkena virus, dan bahkan kita tidak mengetahui sama sekali bahwa komputer atau laptop yang kita gunakan sehari-hari ternyata terkena virus.


Sebelumnya saya akan sedikit menjelaskan darimana sih datangnya virus ini ?, dan bagaimana bisa ada di dalam komputer atau laptop kita, pada prinsipnya virus yang ada didalam komputer cara kerja mirip dengan virus yang ada pada manusia, yaitu virus berukuran sangat kecil dan tidak nampak, virus berasal dari luar, dan akan hidup apabila ada sel yang dapat menghidupkannya, nah jika virus komputer , berasal dari luar serta tidak terlihat atau sembunyi , dan akan aktif apabila ada file yang dapat mengaktifkannya atau menghidupkannya.

Beberapa Jenis Virus Komputer :

  • Trojan
  • Worms
  • Web Scripting virus
  • Multipartite Virus
  • FAT Virus
  • Companion Virus
  • Polymorphic Virus
  • Directory Virus
Setelah mengetahui definisi virus diatas berikut saya jelaskan ciri-ciri komputer atau laptop yang terkena virus, berikut ciri-ciri dan tanda-tandanya :

Ciri-ciri komputer terkena virus

1. Memory pada drive anda menyusut secara tiba – tiba
Pertama adalah menyusutnya memory atau RAM anda secara mendadak, padahal anda tidak mencopy atau menginstall aplikasi baru. Hal ini bisa saja disebabkan karena virus tersebut sudah menginstall dirinya sendiri sehingga dapat memakan banyak RAM pada komputer anda.

2. File banyak yang rusak atau corupt
File corrupt merupakan beberapa gejala yang merupakan ciri – ciri dari terinfeksinya satu atau lebih virus di dalam omputer anda. Biasanya virus dapat secara sengaja menghilangkan ataupun mereplace file default anda, sehingga hal ini akan menyebabkan file anda mengalami corrupt atau mengalami gejala missing files. Biasanya ketika file sudah hilang, maka yang bisa dilakukan adalah melakukan restore total, agar file tersebut bisa kembali, dengan catatan kerusakan memang terjadi karena virus, dan bukan merupakan kerusakan dari hardware.

3. Harddisk corrupt
Harddisk anda pun bisa saja mengalami corrupt dan menunjukkan gejala yang tidak biasa. Salah satu yang mungkin bisa terjadi adalah format dari harddisk yang berubah, ataupun harrdisk atau portable storage, seperti flash drive menjadi terkunci dan tidak bisa digunakan.

4. File – file hilang / disembunyikan
Virus bisa membuat file – file yang terdapat di dalam harddisk anda menjadi hilang atau tersembunyi. Ketika dilakukan scan, file dan folder akan terdeteksi, namun tidak dapat anda akses.

5. Kinerja komputer menjadi lambat
Hal ini disebabkan karena virus memakan banyak sekali memory dan juga RAM pada komputer anda, sehingga sisa space yang ada pada RAM dan juga harddisk menjadi semakin sedikit. Hal in iberpengarh terhadap melambatnya kinerja komputer anda. Selain itu, virus juga bisa saja menyebabkan CPU menajadi panas, karena bekerja secara berlebihan dan tidak terkontrol.

6. Komputer sering restart sendiri atau mati mendadak
Self restart dan mati secara mendadak juga merupakan salah satu ciri – ciri komputer terkena virus di dalam sistem komputer anda. Bahkan efek lain adalah komputer sering hang. Biasanya, hal ini sering terjadi ketika virus sudah mulai banyak menjangkit komputer anda. Komputer anda akan sering mengalami self restarting, ataupun tiba – tiba mati mendadak .

7. Aplikasi yang mungkin tidak bisa berjalan seperti biasa
Hal ini berhubungan erat dengan adanya missing file pada direktori software tersebut, sehingga hal ini dapat menyebabkan suatu software tidak dapat berjalan seperti biasa, dan mengalami corrupt.

8. Aplikasi sering not responding
Jika komputer atau laptop anda biasanya selalu lancar dan tiba tiba lebih sering Not Responding terutama saat membuka Windows Explorer maka harus dicurigai komputer anda telah terserang virus.

9. Antivirus mendadak off atau tidak aktif
Biasanya, virus juga memiliki kemampuan yang pintar, karena bisa melakukan non-aktifasi antivirus. Dengan kemampuan ini, virus dapat membuat antivirus yang sudah terinstall pada komputer anda mati secara tiba – tiba. Yang lebih gawat lagi adalah, anda pun kemungkinan bisa saja tidak dapat menyalakan dan mengkatifkan kembali proteksi dari antivirus anda.

10. Muncul pesan atau notifikasi aneh
Terkadang, hal ini sering terjadi pada website atau email, dimana virus yang masuk ke dalam jaringan berhasil menjangkiti komputer anda, dan kemudian akan secara otomatis menampilkan pesan – pesan tertentu yang asing bagi anda, seperti tulisan dengan bahasa alien yang sangat mengganggu, karena dapat muncul secara tiba – tiba ketika sedang menggunakan komputer kita.

11. Muncul file aneh di dalam komputer anda
Biasanya, file – file tersebut akan muncul tanpa anda sadari, dan bisa berupa shortcut, file berextensi .EXE .CONF .DLL dan masih banyak lagi.

Jika anda hendak menginstall Anti Virus yang baru selalu gagal dan tidak bisa dijalankan, apabila kondisi komputer sudah seperti ini maka solusi terakhir yang anda lakukan adalag install ulang sistem operasi secara total. Semua data harddisk akan di format, itulah kenapa sangat disarankan bagi anda untuk selalu rutin melakukan backup data penting ke device lain.

Sekian artikel mengenai ciri-ciri komputer terkena virus ini , silahkan dishare jika bermanfaat , terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar