Jenis-jenis Server Beserta Pengertiannya

Jenis-jenis Server Beserta Pengertiannya
Jenis-jenis Server Beserta Pengertiannya
jenis server dan fungsinya

Jenis-jenis Server Beserta Pengertiannya - selamat sore sahabat b38 blog , posting kali ini saya akan menjelaskan jenis-jenis server, pengertian server serta fungsi server, nah bagi seorang IT mungkin sudah mengetahui apa saja jenis server, apa itu server dan apa fungsi server, tetapi bagi anda seorang yang sedang belajar komputer atau sedang belajar jaringan komputer mengetahui jenis server dan fungsinya sangatlah penting, karena nanti pasti anda akan berhadapan dengan beberapa jenis server yang pastinya tiap jenis juga berbeda fungsinya, berikut adalah ulasannya :

Pengertian dan jenis Server

Server adalah sebuah komputer yang mengatur lalu lintas data yang terjadi pada sebuah jaringan komputer. Pada sebuah jaringan komputer yang terdiri dari banyak atau beberapa komputer dan saling terhubung, tugas komputer server ini memberikan pelayanan bagi sejumlah komputer yang saling berhubungan, dalam melakukan akses data misalnya untuk pembatasan akses, melakukan kontrol data, aliran data yang terjadi dan sebagainya.

Fungsi Server

  • Fungsi server dalam sebuah jaringan secara umum meliputi : Menyimpan database dan aplikasi yang dibutuhkan oleh komputer client
  • Memberikan keamanan dengan fitur security yang berbasis server
  • Memberikan perlindungan firewall pada seluruh jaringan komputer

Jenis-jenis Server :

1. DHCP Server

DHCP merupakan singkatan dari (Dynamic Host Configuration Protocol), DHCP Server itu sendiri adalah server yang memiliki layanan untuk memberikan IP otomatis pada host / komputer /client pada jaringan TCP/IP yang memintanya. Sehingga administrator jaringan tidak perlu memberikan IP manual pada client nya tersebut karena pengalokasian IP sudah diberikan oleh server.

2. DNS Server

Domain Name System (DNS) adalah suatu metode untuk meng-konversikan Ip Address (numerik) suatu komputer ke dalam suatu nama domain (alphabetic), ataupun sebaliknya. Yang memudahkan kita dalam mengingat computer tersebut. Misalnya, server Debian memiliki alamat Ip Address sekian, namun pada umumnya, orang tidak akan mudah mengingat alamat Ip dalam bentuk numerik tersebut. Dengan adanya DNS Server, kita bisa mengakses halaman situs dari server Debian tersebut hanya dengan mengakses nama Domain-nya (www.debian.edu), tanpa mengingat Ip Address dari computer tersebut.

3. Proxy Server

Proxy Server adalah komputer server yang bertindak sebagai mediator antara client dan server diluar jaringan untuk menyaring/membatasi permintaan, meningkatkan kinerja koneksi dan sharing.

4. Web Server

Komputer server yang menyediakan konten ke web browser,  Web Serverberkomunikasi menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

5. Mail Server

Komputer server yang bertugas untuk menangani e-mail

6. FTP Server

FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.

7. NTP Server

NTP merupakan kepanjangan dari Network Time Protocol adalah sebuah protokol yang berfungsi untuk menyamakan waktu dari setiap komputer yang terhubung dengan jaringan dengan komputer server dalam jaringan tersebut, bisa pada jaringan LAN (Local Area Network) maupun pada jaringan Internet, NTP itu sendiri menggunakan jalur data TCP/IP. Juga NTP Menggunakan port  komunikasi UDP nomor 123.

8. Database Server

Database Server seperti namanya. Server ini melayani servis bagi client yang membutuhkan layanan penyimpanan database. Dalam server database tersebut, bisa berisi ratusan ataupun ribuan database dari banyak user. Biasanya database tersebut dikelompokkan atau disimpan per user yang memakai layanan database tersebut. Agar tidak terjadinya pencurian data.

9. VPN Server

VPN atau Virtual Private Network adalah suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara privat melalui jaringan publik (Internet). VPN disebut Virtual network karena menggunakan jaringan publik (Internet) sebagai media perantaranya alias bukan koneksi langsung. Dan disebut Private network karena jaringannya bersifat privat, dimana hanya orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya. Data yang dikirimkan pun terenkripsi sehingga aman dan tetap rahasia meskipun dikirim melalui jaringan publik.

10. VPS Server

VPS (Virtual Private Server) adalah sebuah server virtual pribadi yg mengutamakan resource seperti RAM, hdd, dan prosesor. mirip sih sama dedicated/colocation server. kita mempunyai kontrol penuh dalam manajemen server tersebut. biasanya VPS yg baru disewa belum bisa digunakan sebagai webserver. jadi harus instal apache, php, mysql, ftp server, dll. kalo pengen mudah langsung instal cpanel.

11. Dedicated Server

Dedicated Server adalah salah satu layanan hosting dimana kita menyewa server secara keseluruhan. Artinya, sebuah komputer server Anda sendiri yang menggunakannya tanpa harus berbagi dengan siapapun.

12. SSH Server (Secure Shell)

SSH Server merupakan komputer server yang dipasang sebuah aplikasi khusus sehingga kita bisa mengendalikan atau mengirimkan perintah eksekusi kepada server tersebut dari jarak jauh ( remot ). aplikasi SSH ini biasanya menggunakan port standart 21.

13. Samba Server

File sharing, penghubung antara Windows dengan Linux, dapat juga berlaku sebagai PDC  (Primary Domain Controller) bertujuan sebagai komputer yang akan melakukan validasi user kepada setiap client yang akan bergabung dalam satu domain tertentu, dengan kata lain hanya user yang terdaftar yang diijinkan masuk ke domain tersebut dan mengakses semua fasilitas domain yang disediakan.

14. Server platform 

Server platform  adalah hardware atau software dasar untuk sistem yang bertindak sebagai mesin yang menggerakkan server. 

15. Server Aplikasi

Juga dikenal sebagai jenis middleware, berfungsi sebagai pengolah perintah dari client dan database.

16. Server Audio / Video

Server yang menyediakan kemampuan multimedia ke situs web dengan membantu pengguna untuk menyiarkan streaming konten multimedia.

17. Chat Server

Komputer server yang fungsinya untuk menangani chatting beberapa user.

18. Fax Server

Fax server memungkinkan user untuk mengirim dan menerima fax melalui jaringan komputer

19. Groupware Server

Ini adalah software yang dirancang yang memungkinkan pengguna untuk bekerja sama, terlepas dari lokasi, melalui Internet atauintranet perusahaan dan berfungsi bersama-sama dalam suasana virtual.

20. IRC Server

Internet Relay Chat server memungkinkan user untuk berdiskusi lewat jaringan komputer.

21. List Server

Komputer server yang menyediakan cara yang lebih baik mengelola milis. Server dapat berupa diskusi interaktif terbuka untuk orang-orang atau daftar satu arah yang memberikan pengumuman, buletin atau iklan.

22. News Server

Komputer server yang berfungsi sebagai sumber distribusi dan pengiriman untuk banyak kelompok berita umum, didekati melalui jaringan berita USENET.

23. Telnet Server

Tel-Net adalah singkatan dari Telecommunication Network  merupakan protocol Client Server yang memfasilitasi akses remote login ke komputer  host dalam sebuah jaringan komputer.

24. Virtual Server

Virtual server adalah metode untuk mengurangi jumlah server fisik, jadi pada satu server fisik seolah-olah ada beberapa server.

25. Game Server

Game server merupakan server yang digunakan untuk pusat untuk menghubungkan antar pemain (client) dengan pemain yang lainnya. Game server ini selain merupakan server tersendiri, bisa juga didirikan dari komputer client yang bermain game tersebut.

26. Print Server

Server ini bisa digunakan untuk pusat layanan percetakan (print) bagi client. Dengan adanya server ini, segala aktivitas “print” bisa dilakukan secara bersama dan menghemat biaya hardware karena meskipun terdapat satu printer, printer tersebut bisa digunakan oleh banyak komputer.

27. Home Server

Server ini merupakan server yang khusus bagi pengguna rumah yang membutuhkan layanan seperti home entertainment. Komputer ini bisa juga ditambah layanan servis lainnya seperti printing servis, web servis, maupun file servis sebagai backup data. Sehingga komputer ini memiliki berbagai fungsi.

Sekian posting tentang jenis-jenis server berserta pengertiannya ini, apabila terdapat kesalahan atau kekurangan mohon maaf, semoga artikel ini bermanfaat , terima kasih.
Baca juga:

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar