Pengertian Mode Instalasi GUI dan CLI

Pengertian Mode Instalasi GUI dan CLI
Pengertian Mode Instalasi GUI dan CLI
Pengertian CLI dan GUI
Pengertian Mode Instalasi GUI dan CLI - selamat malam sahabat b38 blog , kali ini saya akan menjelaskan apa itu GUI dan CLI, bagi anda yang sudah faham bagaimana cara instal komputer sudah pasti sering berhadapan dengan kedua mode instalasi ini, sebenarnya kedua nya hanya berbeda pada Interface / antarmuka / tampilan yang berfungsi sebagai perantara antara User / pengguna dengan Sistem Operasi supaya dapat saling berinteraksi. Pengertian secara umum antarmuka / interface pada sistem operasi/OS terbagi menjadi dua, yaitu OS berbasis GUI (Graphical User Inface) dan OS berbasis CLI (Command Line Interface). Lalu Apa pengertian dan perbedaan antara GUI dan CLI?, berikut ini adalah penjelasannya:

A. Pengertian GUI (Graphical User Interface)

GUI adalah antarmuka atau interface (tampilan) pada saat instalasi sistem operasi yang menggunakan tampilan grafis, dan dapat dikendalikan menggunakan beberapa macam alat input, seperti mouse, keyboard, touchscreen, dll. Pada tampilan GUI ini terdapat jendela, menu, tombol, icon, dll yang didesain supaya pengguna lebih mudah, nyaman, dll (user friendly) dalam berinteraksi dengan sistem operasi atau aplikasi yang di instal.

Dalam penerapannya GUI lebih banyak digunakan untuk kebutuhan pengguna umum atau pengguna yang ingin belajar menginstal komputer, karena memang tujuannya adalah lebih ke user friendly. Contoh sistem operasi berbasis GUI: Windows, Macintosh, Ubuntu, RedHat, Android, dsb.


Kelebihan GUI:

  • Desain menarik dan user friendly (nyaman untuk pengguna sangat cocok bagi anda yang ingin belajar menginstal sistem operasi)
  • Tidak Membosankan karena tampilan yang bagus
  • Tidak perlu mengingat baris dan perintah, karena memang pengguna hanya disuruh mengklik saja tanpa mengetikkan perintah.

Kekurangan GUI:

  • Butuh spesifikasi hardware lebih besar
  • Performa komputer lebih berat apabila hardware tidak sesuai dengan spesifikasi yang harus dimiliki sistem operasi.
Baca juga : Cara mengetahui spesifikasi komputer

B. Pengertian CLI (Command Line Interface)


CLI adalah antarmuka atau tampilan pada saat menginstal sistem operasi yang menggunakan baris perintah atau text. Dalam berinteraksi dengan sistem operasi pengguna atau user hanya dapat menggunakan keyboard dengan cara mengetikan perintah (Command) tertentu.

Dalam penerapannya CLI lebih ditujukan kepada sistem operasi yang digunakan sebagai komputer server yang dioperasikan oleh IT administrator. Karena dengan menggunakan CLI dirasa lebih efisien dan cepat dibanding menggunakan GUI.
Contoh sistem operasi berbasis CLI adalah DOS/Command Prompt, Linux berbasis Teks, Cisco IOS (Internetwork Operating System), Mikrotik, dll.
Baca juga : Kumpulan perintah dasar CMD

Kelebihan CLI:

  • Performa lebih tinggi dan cepat
  • Lebih efisien dalam penggunaan
  • Hanya membutukan spesifikasi hardware yang rendah karena memang tampilan yang monoton hitam dan putih

Kekurangan CLI:

  • Kurang menarik dan membosankan bagi pengguna awam dan yang ingin belajar komputer
  • Harus mengingat baris dan perintah yang banyak.

Sekian artikel sedikit ulasan tentang pengertian mode instalasi GUI dan CLI. Jadi, dapat disimpulkan bahwa GUI dan CLI merupakan tampilan yang digunakan sesuai kebutuhan para penggunanya. Pada GUI menggunakan mode grafis yang mudah penggunaanya dan lebih ditujukan untuk pengguna awam yang ingin belajar komputer. Sementara pada CLI menggunakan mode baris perintah atau teks, yang lebih ditujukan untuk pengguna tertentu karena membutuhkan pemahaman khusus seperti IT Administrator dan sebagainya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Baca juga:

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar