Perbedaan Sistem Operasi Linux dan Windows

Perbedaan Sistem Operasi Linux dan Windows
Perbedaan Sistem Operasi Linux dan Windows
linux dan windows

Perbedaan Sistem Operasi Linux dan Windows - selamat malam sobat b38 blog, kali ini saya akan mencoba menjelaskan apa sih perbedaan antara sistem operasi linux dan sistem operasi window ? , dan apa saja kelebihan dan kelemahannya.

Sistem operasi Linux dan Windows telah menjadi subyek perdebatan sejak awal komputer, Linux dan Windows sebenarnya sama-sama merupakan suatu Sistem Operasi Komputer. Hanya saja Linux merupakan Sistem Operasi Terbuka atau yang lebih dikenal dengan nama Open Source , yang berarti sistem operasi ini Gratis alias FREE dan bisa dikembangkan oleh siapa saja. Sedangkan Windows adalah sistem operasi Tertutup atau lebih dikenal dengan sebutan Komersial yang berarti pada sistem operasi ini kita harus membeli Lisensi dari perusahaan yang membuatnya yaitu Microsoft jika kita ingin menggunakannya, dan juga sistem operasi windows ini tidak bisa dikembangkan oleh pihak lain.

Karena sistem operasi Linux ini dapat dikembangkan oleh banyak orang karena sifat open sourcenya itu, maka Linux mempunyai banyak macam. Macam-macam itu di sebut “Distro”. Alasanya yaitu karena pengembanganya tidak dilakukan oleh satu orang atau perusahaan melainkan oleh banyak orang. Di windows pun juga begitu sama-sama memiliki banyak macam, tetapi macam-macam itu disebut “versi” karena pengembanganya hanya dilakukan oleh satu perusahaan saja yaitu Microsoft.

Berikut perbedaan Linux dan Windows

Dari segi tampilan desktop

Linux : dari segi tampilan linux sebenarnya hampir sama dengan tampilan pada windows, bahkan untuk sekarang semakin berkembangnya Linux tampilan desktop bisa dibilang lebih baik dari pada sistem operasi windows.

Windows : dari segi tampilan Windows lebih berfariasi, di Windows bisa kita ubah sedemikian rupa sesuai dengan yang kita inginkan dengan menambah aplikasi dan lain-lain.

Dari segi harga

Linux : dilihat dari harganya, harga Linux cukup terjangkau. Hal itu disebabkan oleh sifat open source pada Linux, biaya yang perlu di keluarkan hanyalah biaya untuk akses internet yang di gunakan untuk mendownload OS linux tersebut.

Windows : jika harga linux murah karena sifat open sourcenya, berbeda lagi denganWindows, harga OS Windows cukup mahal. Tapi mengapa Windows tetap laris di oasaran? Itu karena kebutuhan dan sifat user friendly pada Windows yang menjadikan Windows tetap laris di pasaran. Dan karena cukup mahal harga OS Windows banyak pihak yang membajak.

Dari segi penggunaan dan pemakaian

Linux : dengan ketahanan Linux terhadap virus dan juga source codenya yang dapat dengan mudah diubah dan di tambah menjadikan Linux sering di gunakan untuk sistem administrator.

Windows : biasa digunakan oleh pelajar dan pekerja untuk membuat laporan. Karena tampilan yang sudah familiar di kalangan pelajar. Dan karena interface dan tampilan pada windows yang mudah untuk pengoperasiannya.

Pada sistem operasi Windows anda akan menemukan pembedaan antara drive A dan B, sedangkan jika anda masuk pada sistem Linux maka tidak mengenal pembedaan tersebut sehingga drive A atau B akan hilang. Selain itu Linux tidak mengeja alphabet dari A hingga Z, tetapi Linux mengenali komputer dari sistem direktori. Sebagai contoh untuk penamaan CD-ROM dapat dicari pada direktori /mnt/cdrom.

Linux mempunyai sifat case-sensitive, yang berarti huruf besar dan huruf kecil mempunyai arti yang berbeda. Dukungan perangkat keras pada Windows sangat mudah, sedangkan pada Linux terkadang masih ditemukan suatu hardware yang tidak dapat bekerja secara optimal. Hal ini terjadi karena perusahaan pembuat hardware tersebut tidak menyediakan driver untuk Linux. Perbedaan antara windows dan linux yang lainnya ialah mengenai lisensi produk. Pada sistem operasi Windows memiliki lisensi yang harus dibayar oleh para penggunanya. Sementara pada sistem operasi Linux dan program aplikasi pendukung lainnya berlisensi gratis.

Instalasi dan Kelengkapan Program Aplikasi

Windows adalah sistem operasi yang berbayar, itu sebabnya Windows   tidak  menyediakan   banyak program setelah  diinstal. Kalaupun ada mungkin Anda hanya akan menemukan Internet Explorer, Media Player, Notepad, dan beberapa program kecil lainnya.

Di Linux. Sekalipun Linux juga suatu sistem operasi, tetapi Linux disertai dengan banyak program didalamnya. Setelah diinstal, Anda akan menemui banyak program dari hampir semua kategori program. Sebut saja kategori Office Suite, Multimedia (Sound, Video, Graphics), Internet (Browser, Email, Chat, Downloader, Messenger, Torrent, News), 3D, Games, Utility, dll. Dengan waktu instalasi yang hampir sama, Anda bukan hanya mendapatkan suatu sistem operasi tetapi juga semua program yang diperlukan untuk kegiatan sehari-hari di Linux.

Keamanan dan Virus

Salah satu masalah utama di Windows yang paling sering di temukan adalah virus dan spyware. Dari tahun ke tahun permasalahan ini bukan semakin mengecil tetapi malah semakin membesar. Ini semua terjadi karena banyak lubang keamanan di Windows yang bisa dieksploitasi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Linux diturunkan dari sistem operasi Unix yang memiliki tingkat keamanan lebih kuat. Itu sebabnya tidak ada banyak virus di Linux dan kalaupun ada tidak bisa berkembang biak dengan pesat dan biasanya tidak mampu membawa kerusakan yang besar. Sekalipun tidak sepenting di Windows, beberapa program anti virus di linux masih bisa ditemukan, seperti ClamAV dan  F-Prot. 

Sistem Distribusi

Windows hanya mengenal satu distribusi  yaitu Microsoft. Sementara, Linux mengenal banyak distribusi yang merupakan kumpulan kernel Linux, pustaka – pustaka sistem, dan software – software yang dibungkus dengan prosedur tertentu. Yang membedakan antar distribusi bisa saja pada semua bagian tersebut (kernel yang berbeda versi dan pengaturan, software dan pustaka yang berbeda), termasuk prosedur pemaketannya. 

Progam Aplikasi

Windows unggul untuk aplikasi Office-nya. Diakui bahwa Microsoft Office termasuk tool yang sangat enak untuk bekerja di PC seperti menyiapkan presentasi, tulisan, laporan, agenda dll.  

Linux unggul dalam aplikasi Webserver, proxy server, firewall, mail server, Samba dll. Pada aplikasi server umumnya X-Windows tidak lagi digunakan di Linux, oleh karena itu Linux biasanya lebih hemat resources (memory & harddisk) di bandingkan Windows. Sementara komunitas Linux juga berusaha keras untuk mengejar ketinggalannya dalam aplikasi Office-nya dengan mengembangkan StarOffice yang dimotori oleh Sun Microsystems hardware tidak bisa bekerja di Linux. Hal ini bisa terjadi karena pembuat hardware tidak menyediakan driver versi Linux. Untungnya, belakangan ini cukup banyak vendor yang sudah memberikan dukungan driver Linux. Dan pengenalan Linux akan hardware semakin lama semakin meningkat sehingga mulai jarang terdengar permasalahan hardware di Linux.

Waktu Pengoperasian 

Sebagai Sistem Operasi personal workstation, Windows akan sering dimatikan apabila ditinggalkan pemiliknya untuk menghemat listrik karena tidak akan ada orang lain yang akan menggunakan komputer itu.

Sistem Linux dirancang untuk bisa digunakan bersama-sama oleh banyak orang. Karena itu perlindungan berkas dan proses-proses milik seseorang terhadap orang lain menjadi porsi besar dari perhatian perancangnya. Pada sistem Linux (dan Windows NT/2000/XP) identifikasi user sangat menentukan hak akses pengguna. Karena itu akan banyak ditemui pengguna Linux yang bekerja dengan user root (nama super user di dunia Unix).

Sekian artikel tentang Perbedaan sistem operasi Linux dan Windows ini, semoga bermanfaat bagi anda semua, terima kasih sudah berkunjung diblog ini.
Baca juga:

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar