Mengenal Perbedaan Domain dan Hosting

Mengenal Perbedaan Domain dan Hosting
Mengenal Perbedaan Domain dan Hosting
perbedaan domain dan hosting

Mengenal Perbedaan Domain dan Hosting - selamat pagi sahabat, kali ini saya akan membuat artikel tentang apa itu domain dan apa itu hosting, bagi anda yang sudah faham tentang dunia internet pastinya sudah mengerti arti domain dan hosting ini, artikel ini saya buat karena kadang tidak sedikit orang yang belum mengerti perbedaan domain dan hosting, baiklah silahkan dibaca artikel saya ini, semoga bisa lebih dipahami dan di mengerti.

Domain dan hosting ini saya kadang menyebutnya sebagai sepasang kekasih online, hehehe..., kenapa begitu, di dunia nyata sepasang kekasih ini kita ibaratkan kedua orang tua kita yaitu ayah dan ibu tercinta kita, dengan adanya kita di dunia ini karena ada mereka berdua, begitu juga domain dan hosting mereka saling membutuhkan satu sama lain untuk menghidupkan sebuah website, untuk itulah saya menyebutnya sepasang kekasih online, karena mereka saling mendukung satu sama lain, tanpa domain dan hosting , website tidak akan ada, dibawah ini adalah perbedaan domain dan hosting :


Domain

Domain adalah nama unik dari sebuah website yang diberikan untuk mengidentifikasi nama dari suatu server komputer seperti web server, dalam penamaannya domain ada tiga level yaitu TLD (Top Level Domain), SLD (Second Level Domain) dan Third Level Domain.

Top Level Domain (TLD)

Domain TLD ini adalah suatu ekstensi atau akhiran suatu nama yang unik domain tersebut, contoh : .com (dotcommercial) untuk komersil, .net (dotnetwork) untuk Network , .org (dotorganization) organisasi , dan lain sebagainya. 

Perlu diketahui domain TLD ini ada dua macam yaitu :
  • Global Top Level Domain (gTLD) domain yang sangat umum digunakan oleh banyak orang.
  • Country Code Top Level Domain (ccTLD) domain yang di peruntukkan untuk masing-masing negara contohnya seperti domain Indonesia dengan kode .id, .co.id, net.id, .web.id , jadi setiap negara memiliki kode TLD masing-masing.

Second Level Domain (SLD)

Contohnya seperti nama domain yang akan anda daftarkan adalah contoh.net , maka contoh adalah SLD nya dan .net adalah TLD nya

Third Level Domain 

Adalah nama sebelum Second Level Domain, contohnya info.contoh.net , nah info itulah yang namanya Third Level Domain, contoh sebagai SLD dan .net adalah sebagai TLD nya, dan biasanya Third Level Domain ini disebut dengan nama subdomain.

Hosting

Secara teknis hosting merupakan tempat penyimpanan file-file atau data kita dari sebuah website, untuk itulah jika kita membuat website, domain saja tidak cukup, dengan adanya hosting file apa saja kita upload maka pengguna internet seluruh dunia dapat mengakses situs web kita di internet.

Kalau pengertian secara pemula hosting itu ibarat seperti sebuah rumah yang dipenuhi barang-barang penting yang saling berguna. domain adalah alamat rumah kita

Hosting memiliki dua jenis yaitu ada yang berbayar dan ada yang gratis, bedanya adalah fitur yang ditawarkan lebih lengkap yang berbayar daripada yang gratis, untuk biaya hosting tergantung dari fitur dan spesifikasi yang kita pakai, semakin besar dan lengkap maka semakin mahal pula tarif sewanya, biasanya fitur yang lengkap dan besar ini dipakai oleh perusahaan-perusahaan yang besar.


Penyedia hosting dan domain yang cukup terkenal di internet seperti :

rumahweb.com
niagahoster.co.id
ardetamedia.com
nusantarahost.co.id
dan lain sebagainya

Baca juga : Jenis - jenis server dan pengertiannya
Demikian artikel tentang mengenal perbedaan domain dan hosting ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Baca juga:

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar