18 Jenis Port Jaringan Dan Fungsinya

18 Jenis Port Jaringan Dan Fungsinya
18 Jenis Port Jaringan Dan Fungsinya
18 Jenis Port Jaringan Dan Fungsinya


18 Jenis Port Jaringan Dan Fungsinya - selamat pagi sahabat, selamat datang kembali di b38 blog , blog belajar komputer dan belajar jaringan untuk pemula, baiklah kali ini saya akan membuat artikel tentang port yang digunakan pada jaringan komputer, jika kita mendengar kata port pasti sudah terlintas dipikiran kita adalah sebuah socket yang ada pada perangkat komputer yang gunanya adalah menjadi suatu penghubung yang memiliki peranan sangat penting dalam jaringan komputer.

Pada dasarnya di dalam sebuah sistem komputer port terbagi menjadi beberapa bentuk, namun terdapat dua jenis port yang dikenal, yaitu port fisik dan port logic.

Port fisik

Port fisik adalah port yang dapat dilihat bentuknya secara fisik, yang fungsinya adalah untuk menghubungkan dua atau lebih komponen komputer secara nyata atau fisik, misalnya : menghubungkan komputer client dan server menggunakan kabel yang dipasang di LAN Card.

Port logic

Port logic adalah port yang tidak dapat dilihat bentuknya secara fisik, tetapi memiliki fungsi yang sama dengan port fisik, yaitu menghubungkan jaringan dengan aplikasi atau software maupun media lainnya, contoh : meremote komputer client dan komputer server dengan aplikasi remote seperti Putty melalui port 22.

18 jenis port jaringan dan fungsinya :


1. Port 21

Port 21 ini digunakan untuk menghubungkan FTP Server. FTP adalah kependekan dari File Transmission Protocol, yang merupakan protocol standar yang digunakan dalam hal berbagi atau sharing file, yang banyak digunakan pada jaringan LAN.

2. Port 22

Port 22 ini digunakan untuk mengaktifkan SSH atau Secure Shell pada jaringan komputer, biasanya digunakan untuk meremote komputer dari jarak jauh dengan aman.

3. Port 23

Port 23 dikenal dengan nama port telnet,  dikarenakan Port 23 ini membantu setiap komputer dapat saling terhubung dengan menggunakan basis protocol telnet. Telnet adalah kependekan dari Telecommunication Network, yang memungkinkan sebuah jaringan atau koneksi jaringan dibangun (established) secara remote.

4. Port 25

Port 25 ini merupakan port yang digunakan cukup penting dalam pengiriman data lewat Email. port ini berperan untuk menghubungkan dan membangun sebuah network atau jaringan yang menggunakan protocol SMTP. SMTP adalah kependekan dari Simple Mail Transfer Protocol, yang merupakan salah satu protocol yang digunakan untuk berkirim email antar jaringan.

5. Port 2525

Port 2525 ini sebenarnya merupakan sebuah prot logic alternatif bagi SMTP atau Simple Mail Transsfer Protocol. Sama seperti fungsi port 25, port 2525 ini  gunanya adalah untuk menghubungkan komputer atau client yang akan saling berkirim pesan atau email melalui protocol SMTP dalam proses transmisinya.

6. Port 110

Port 110 sama seperti fungsi port 25 dan juga port 2525, hanya saja bedanya, port 110 ini melayani konektivitas jaringan yang menggunakan protocol POP3 atau Post Office Protocol ataupun IMAP4 (Internet Message Access Protokol).
Fungsi dari kedua protocol tersebut adalah untuk menerima email dan juga mengakses mail box pada sebuah email. Jadi apabila Anda ingin mendownload dan juga melihat sebuah pesan email menggnakan protocol POP3 ataupun IMAP4, maka pastikan port 110 ini sudah terhubung dengan komputer atau gadget anda.

7. Port 119

Port 119. Port ini sanagt berperan untuk mengakses dan membangun sebuah jaringan yang terhubung dengan NNTP Server, yang merupakan sebuah protocol yang terhubung dengan sebuah server news atau berita di dalam suatu jaringan komputer.

8. Port 389

Port 3389. Port ini merupakan port yang melayani koneksi LDAP atau Directory Access Protocol. LDAP merupakan sebuah protocol yang banyak digunakan untuk melakukan akses terhadap direktori atau nama, serta telepon dan juga alamat.

9. Port 3389

Port 3389, port yang dikhususkan untuk melakukan remote desktop. Namun spesialisasi dari port ini dalam melakukan remote desktop hanya terdapat pada WinX saja.

10. Port 143

Port 143 merupakan port yang melayani IMAP4 server. IMAP merupakan kepenedkan dari Internet Messaging Access Protocol, yang banyak digunakan untuk mengambil internet mail. Sama dengan port 110, namun bedanya yaitu port 110 ini hanya melayani pengambilan informasi atau email menggunakan server IMAP4 saja, dan tidak dengan POP3.

11. Port 44

Port 443 merupakan port yang digunakan untuk menjalankan sebuah server yang aman atau SSL (Secure Server Layer). Apabila anda ngin membangun sebuah koneksi dengan menggunakan sebuah server secara aman, maka nantinya jaringan anda akan menggunakna port logic yang satu ini.

12. Port 445

Port 445 ini banyak digunakan ketika sebuah jaringan komputer ingin melakukan sharing printer, sharing resources, dan sebagainya dalam waktu bersamaan. Namun kelemahan dari sharing resources, file dan juga hardware menggunakan port ini adalah port ini merupakan salah satu port yang rentan terhadap worm dan juga virus.

13. Port 1503 dan Port 1720

Port 1503 dan juga port 1720. Kedua port ini berfungsi untuk melakukan koneksi dengan Microsoft NetMeeting dan VOIP. Dengan menggunakan port ini , maka anda dapat melakukan panggilan telepon dengan menggunakan internet.

14. Port 5631

Port 5631 merupakan port logic pada sebuah jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungan jaringan dengan PC Anywhere.

15. Port 5900

Port 5631 ini merpakan port yang ada pada jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan VNC atau Virtual Network Computing, VNC fungsinya adalah untuk melakukan pengontrolan terhadap server secara remote atau jarak jauh.

16. Port 3306

Port 3306 merupakan port yang biasa digunakan para programmer untuk melakukan proses manajamen basis data atau database, karena port 3306 in imerupakan port yang terhubung dengan aplikasi MySQL.

17. Port 80

Port 80 merupakan jenis port yang ada di dalam sebuah jaringan yang banyak digunakan sebagai port dalam mengkoneksikan web server. Web server sendiri merupakan sebuah server yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan sebuah website atau situs tertentu. Untuk dapat menghubungkan koneksi antara client dengan web server, maka port 80 ini dibutuhkan.

18. Port 81

Port 81 merupakan alternative dari penggunana port 80. Jadi secara fungsional dan juga kegunaan, prot 81 ini merupakan port yang digunakan untuk menghubungkan web server atau membangun sebuah jaringan yang langsung berhubungan dengan web server.

Demikian 18 jenis port jaringan dan fungsinya ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar