Cara Membersihkan Layar LCD Dengan Benar

Cara Membersihkan Layar LCD Dengan Benar
Cara Membersihkan Layar LCD Dengan Benar
Cara Membersihkan Layar LCD Dengan Benar

Cara Membersihkan Layar LCD Dengan Benar - selamat malam sahabat, selamat datang di b38 blog, pada posting kali ini kita akan belajar bagaimana cara membersihkan layar LCD komputer , laptop atau televisi dengan benar, membersihkan layar LCD dengan teratur tentunya akan bermanfaat sekali, kenapa ?, karena jika layar LCD kita bersih tentunya akan membuat kita lebih nyaman melihat tampilan gambar atau video yang tampil di LCD kita, sebenarnya ada beberapa cara untuk membersihkanya, anda bisa membeli cairan pembersih ataupun kita bisa membuatnya sendiri, nah bagaimana cara membersihkan layar LCD dengan benar ?, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

Baca juga : Cara merawat keyboard laptop

Cara membersihkan LCD

Langkah 1

Siapkan peralatan yang dibutuhkan berupa :
  • Lap bersih dan lembut
  • Cairan pembersih LCD

Langkah 2

Matikan terlebih dahulu monitor atau LCD anda, hal ini dikarenakan untuk menurunkan resiko yang diakibatkan oleh listrik, dan juga akan membuat anda lebih mudah melihat debu atau kotoran yang menempel pada layar LCD atau monitor anda.

Langkah 3

Bersihkan debu dengan kain lap kering, lakukan dengan pelan serta gerakan melingkar, dan jangan terlalu menekan LCD anda, pastikan menggunakan kain dengan bahan nonabrasif dan berukuran besar agar mengurangi resiko LCD tergores karena tekanan jari.

Berikut bahan kain yang disarankan
  • Kain bahan mikrofiber
  • Kaos oblong bahan katun
  • Sapu tangan bahan katun
  • Serbet katun
Hindari :
  • Handuk kertas
  • Lap piring
  • Tisu wajah
  • Kapas

Langkah 4

Semprotkan cairan pembersih LCD pada kain, jangan menyemprotkan langsung pada monitor atau layar LCD anda, karena cairan akan menetes dan masuk melalui celah yang berada di bawah LCD, dan pastinya dapat merusak komponen elektronik yang ada di dalamnya, semprotkan sedikit demi sedikit, sebab jika terlalu banyak akan menyebabkan kerusakan dalam jangka panjang.

Langkah 5

Biarkan sampai cairan pembersih kering, pastikan cairan kering sebelum menyalakan monitor atau LCD anda, karena ini akan mengurangi kelembaban yang menyebabkan rusaknya komponen.

Tips membersihkan LCD :

  1. Hindari membersihkan LCD anda dengan air kran, karena air kran mengandung mineral yang justru akan merusak layar LCD anda, gunakan air suling, anda bisa membelinya di apotik.
  2. Jangan menggunakan pembersih yang mengandung amonia, karena akan membuat layar LCD anda menjadi hitam
  3. Jika anda menggunakan alkohol, sebaiknya campurkan air suling dan sedikit cuka putih , dengan perbandingan tidak lebih dari 50/50 air dan alkohol, namun jika kotoran bandel dapat anda tambahkan cuka putih agar larutan pembersih kuat.
  4. Jika anda membeli larutan pembersih LCD, baca baik-baik bahan yang dikandung, dan tanyakan kepada beberapa orang yang pernah menggunakannya
  5. Pastikan layar monitor anda dimatikan dan dicabut dari sumber listrik saat dibersihkan, jangan dinyalakan sampai monitor benar-benar sepenuhnya kering, dan pastikan cairan tidak mengenai komponen lain atau masuk melalui celah-celah monitor anda.

Demikian cara membersihkan layar LCD dengan benar, semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar