Cara Merawat Komputer Yang Baik Secara Rutin

Cara Merawat Komputer Yang Baik Secara Rutin
Cara Merawat Komputer Yang Baik Secara Rutin
cara merawat pc yang baik

Cara Merawat Komputer Yang Baik Secara Rutin - selamat datang kembali sahabat diblog saya yang sederhana ini, kali ini saya akan membagikan tips bagaimana merawat komputer atau pc yang baik secara rutin, atau bisa dibilang perawatan rutin komputer atau pc yang dilakukan agar tetap awet dan stabil, merawat komputer atau pc secara rutin sangatlah penting seperti halnya kita merawat mesin sepeda motor atau mobil, dengan begitu peralatan kinerja komputer akan tetap stabil.

Berbagai cara dilakukan untuk melakukan perawatan pc, mulai dari perawatan hardware maupun perawatan software, dibawah ini saya akan membagikan tips bagaimana merawat komputer baik dari segi hardware maupun dari software. Nah bagaimana caranya ?, silahkan dibaca langkah-langkah yang biasa saya lakukan dibawah ini.

Cara merawat komputer yang baik :


Untuk perawatan rutin hardware :

Untuk perawatan hardware bisa Anda lakukan dengan cara membersihkan dan merapikan kabel-kabel yang ada didalam chasing, disini Anda akan membutuhkan beberapa alat untuk membongkar dan membersihkan, apabila Anda ragu melakukannya lebih baik jangan dilakukan, carilah teman yang memang faham untuk urusan merakit komputer, agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Alat yang dibutuhkan :
  • Obeng
  • Kuas
  • Semprotan debu atau air duster
  • Kabel tie atau pengikat kabel

Langkah 1

Buka chasing , kemudian lepas VGA dan RAM,  Perhatikan gambar dibawah ini :

1


Langkah 2

Setelah VGA dan RAM dilepas, bersihkan kipas VGA dengan cara semprot menggunakan air duster, atau memakai kuas jika Anda tidak mempunyai air duster.

2


Air duster ini fungsinya adalah menyemprotkan udara dengan tekanan 70 PSI, yang biasa digunakan untuk membersihkan alat elektronik yang tidak bisa dibersihkan dengan air, Anda bisa membelinya di toko elektronik, harga air duster ini berkisar Rp. 125.000, jika Anda tidak punya bisa menggunakan kuas, namun kadang memakai kuas sulit untuk membersihkan debu yang berada di sela-sela kecil komponen.

Langkah 3

Kemudian bersihkan semua bagian yang berdebu seperti fan processor, slot RAM, back panel dan fan Power supply dengan menyemprotkan air duster, perhatikan gambar dibawah ini :

3

4

Langkah 4

Setelah membersihkan semua debu, sekarang waktunya merapikan semua kabel menggunakan kabel tie, merapikan kabel gunanya adalah agar sirkulasi udara lancar dan tidak terhalang oleh kabel yang berantakan.

5

Hingga seperti gambar dibawah ini :


Catatan : periksa pasta processor yang menempel di heatsink, jika sudah kering bersihkan dan ganti dengan pasta processor yang baru. pasta procesor ini bisa Anda dapatkan di toko komputer.

Tips merawat hardware :

  1. Letakkan komputer pada ruangan yang bersuhu normal, dengan ventilasi udara lancar, atau ruang ber AC, agar hardware tidak cepat panas,
  2. Pakai stabiliser jika listrik di rumah Anda turun naik, dan gunakan UPS jika listrik dirumah Anda sering padam, karena jika komputer sering mati dengan cara tidak benar, maka hardware akan cepat rusak.
  3. Jangan letakkan speaker dekat dengan monitor atau LCD, karena medan magnet yang ada didalam speaker dapat merusak LCD dan monitor.
  4. Pasang kabel ground, karena terkadang chasing komputer mengandung listrik
  5. Selalu matikan komputer dengan cara yang benar,

Perawatan rutin software :

Perawatan dengan software atau mengecek aplikasi yang error juga tidak kalah penting dalam perawatan pc, perawatan software bisa dilakukan dengan menginstal aplikasi maupun menghapus aplikasi yang tidak penting, berikut adalah caranya :

Langkah 1

Lakukan pengecekan kondisi suhu hardware menggunakan aplikasi seperti Hardware Monitor , jika suhu pada processor melebihi normal, segera cek, dan bersihkan.

b38

Temperatur normal antara 40 - 55 derajat celcius.

Langkah 2

Hapus aplikasi yang tidak pernah dipakai, seperti game yang Anda sudah selesai memainkannya, agar komputer tidak lambat, dikarenakan terlalu banyak aplikasi yang berjalan dan di instal, hindari mengintal jenis aplikasi yang sama, karena jika aplikasi yang sama tersebut berjalan secara bersama-sama, maka akan mengakibatkan kinerja komputer terganggu, untuk menghapus aplikasi Anda bisa melakukannya dengan cara masuk Control panel - prgram and features - pilih aplikasi yang akan di uninstall.

Langkah 3

Lakukan defrag hardisk secara berkala dan rutin, fungsi defrag adalah untuk mengurutkan data sedemikian rupa agar memudahkan proses baca dan tulis pada hardisk, caranya adalah dengan klik kanan drive atau hardisk yang akan di defrag , kemudian pilih tools lalu defragment now, untuk melakukan defrag ini disarankan matikan semua aplikasi , dan screen saver, karena akan mengacaukan proses defrag ini.

Langkah 4.

Install aplikasi antivirus dan update secara berkala agar terhindar dari virus, karena komputer yang terkena virus juga akan menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat.

Langkah 5

Bersihkan file-file sampah atau recycle bin secara rutin, Anda bisa menggunakan cara manual ataupun bantuan software utility seperti Ccleaner, TuneUp Utilities, WinUtylities dan sebagainya.

Saya rasa cukup sekian sedikit tips cara merawat komputer yang baik secara rutin ini, semoga tips ini bermanfaat, selamat mencoba dan terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar