Cara Mudah Setting Web Server di Debian

Cara Mudah Setting Web Server di Debian
Cara Mudah Setting Web Server di Debian
cara setting web server debian

Cara Mudah Setting Web Server di Debian - selamat malam sahabat, semoga anda selalu diberi kesehatan dan selalu diberi kelancaran rejekinya, posting kali ini kita akan belajar mengenai bagaimana cara setting dan konfigurasi web server di Debian, semoga tutorial ini bisa dipahami dan di ikuti oleh siapapun bagi Anda yang sedang belajar komputer atau belajar jaringan komputer.

Sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit apa itu web server dan apa juga fungsinya agar anda lebih memahami tutorial setting web server di Debian ini.

Pengertian dan fungsi web server
Web server adalah sebuah aplikasi server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari client yang dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk dokumen HTML, lebih singkatnya adalah web server ini digunakan untuk meletakkan file-file web agar bisa diakses oleh web browser.


Web server termasuk salah satu layanan server yang paling populer dan terkenal. Karena melalui web server tersebut, website kita dapat diakses oleh seluruh orang pengguna komputer di dunia melalui internet. Untuk menginstall web server di Debian, kita membutuhkan beberapa paket aplikasi yang harus di install di Debian Server yaitu:
  • Apache2
  • PHP5
  • Mysql-server
  • PHPmyadmin

Cara setting web server di Debian

Langkah 1
Setting ip address Server debian terlebih dahulu, untuk cara settingnya silahkan dibaca pada tutorial saya sebelumnya yaitu cara setting ip address debian

Langkah 2
Masukkan DVD ke 1 Debian 7 kemudian Install semua paket aplikasi yang sudah disebutkan diatas dengan mengetik perintah :

# apt-get install apache2 php5 mysql-server phpmyadmin


Kemudian jika muncul pertanyaan "Do you want to continue?", tekan huruf Y pada keyboard untuk melanjutkan, perhatikan gambar dibawah ini :

web server 2

Langkah 3
Kemudian masukkan password root untuk MySQL, lalu tekan enter untuk melanjutkan

web 3

Langkah 4
Kemudian kita akan disuruh untuk memilih aplikasi webserver yang akan di setting otomatis oleh phpmyadmin, untuk memilihnya tekan spasi pada keyboard sehingga keluar tanda * , kemudian tekan enter untuk melanjutkan

web 4

Langkah 5
Pada langkah ini kita akan mengatur database pada phpmyadmin, pilih Yes untuk melanjutkan

web 5

Kemudian kita akan disuruh memasukkan password database

web 5

Lalu kita disuruh memasukkan password untuk MySQL, ulangi memasukkan password lagi jika diminta, isi dengan password yang mudah di ingat.


Langkah 6
Pada langkah ini kita sudah selesai mengkonfigurasi web server, lakukan pengujian pada komputer client dengan cara mengetik nomer ip address server Debian, disini ip address Debian yang saya miliki adalah 192.168.2.10, apabila keluar seperti gambar dibawah ini, berarti konfigurasi web server di Debian ini sudah berhasil.

web 6
Kita dapat memasukkan konten apapun di web server ini, seperti CMS wordpress di dalam direktory root milik Apache2 yang ada di dalam "/var/www".

Langkah 7
Kemudian kita akan menguji web server dengan php script, pertama kita buat file info.php didalam directory /var/www dengan mengetik perintah :

# nano /var/www/info.php

kemudian edit dan tambahkan perintah didalam info.php seperti dibawah ini :

web 7

Langkah 8
Kemudian uji pada komputer client dengan memasukkan ip address/info.php, disini ip address yang saya miliki adalah 192.168.2.10, jadi ketik 192.168.2.10/info.php pada browser client, apabila muncul tampilan phpmyadmin seperti dibawah ini, pengaturan yang Anda lakukan telah berhasil.

web 8

Bagaimana ?, mudah bukan ?, nah cukup sekian belajar kita hari ini tentang cara mudah setting web server di Debian, semoga tutorial ini mudah dipahami dan bermanfaat bagi siapa saja, selamat mencoba dan terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar