Mengenal Sistem Operasi Debian

Mengenal Sistem Operasi Debian
Mengenal Sistem Operasi Debian
Mengenal Sistem Operasi Debian

Mengenal Sistem Operasi Debian - selamat malam sahabat, posting kali ini adalah tentang sistem operasi Debian, kenapa ??, karena ada beberapa kawan dan sahabat yang bertanya, apa sih Debian itu?, apa fungsi Debian dan bagaimana ceritanya si Debian ini, begitulah ceritanya saya buat postingan ini, khusus bagi anda yang belajar komputer semoga artikel ini mudah dimengerti.

Apa itu sistem operasi Debian


Debian adalah sistem operasi berbasis open source atau gratis yang di kembangkan secara terbuka oleh banyak programer sukarelawan yang ingin mengembangkan sistem operasi debian. Sistem Operasi debian sebenarnya adalah gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel linux, sehingga lebih sering disebut dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem Operasi ini menggunakan karnel linux yang merupakan salah satu distro paling populer dengan kestabilannya. Rata-rata distro turunan dari debian yang paling banyak digunakan di dunia. Contohnya ; ubuntu, Linux Mint dan Bactrack.

Pembuat sistem operasi Debian


Debian pertama kali diperkenalkan oleh Ian Murdock, beliau adalah seorang mahasiswa dari Universitas Purdue Amerika Serikat, yaitu pada tanggal 16 Agustus 1993. Nama debian sendiri adalah singkatan, yang berasal dari kombinasi nama Ian Murdock (pembuat debian) dengan mantan kekasihnya Debra Lynn, dan kemudian di singkat menjadi kata “DEBIAN”, tapi sayang beliau meninggal tahun 2015 yang lalu dikarenakan bunuh diri.

Fungsi sistem operasi Debian

Fungsi sistem operasi debian ini adalah sebagai server jaringan atau pengatur proses pada jaringan seperti router, repeater, proxy, web dan sebagainya,  selain itu sistem operasi debian terkenal dengan kestabilannya di banding dengan distro linux yang lainnya, karena stabil itulah kita bisa memakai atau menggunakannya secara maksimal dengan pc atau laptop yang spesifikasinya low atau rendah. Selain itu sistem operasi debian juga berfungsi untuk Troubleshooting dalam arti bisa mendeteksi kesalahan yang ada pada hardware komputer, software maupun kesalahan dari netwok/jaringan komputer.

Versi-versi Debian :

1.1 Buzz (17 Juni 1998)
1.2 Rex (12 Desember 1996)
1.3 Bo (5 juni 1997)
2.0 Hamm (24 juli 1998)
2.1 Slink (9 Maret 1999)
2.2 Potato (15 Agustus 2000)
3.0 Woody (19 Juli 2002)
3.1 Sarge (6 juni 2005)
4.0 Etch (8 April 2007)
5.0 Lenny (15 Februari 2009)
6.0 Squeeze (6 Februari 2011)
7.0 Wheezy (4 Mei 2013)
8.0 Jessie  (25 April 2015)

Demikian artikel tentang mengenal sistem operasi Debian ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar