Mengenal Apa itu IP Address

Mengenal Apa itu IP Address
Mengenal Apa itu IP Address
Mengenal Apa itu IP Address
Mengenal Apa itu IP Address - IP address adalah alamat unik yang diberikan pada komputer dalam sebuah jaringan. Disebut unik karena satu alamat hanya boleh dimiliki oleh satu komputer. Sama halnya seperti Anda mengirimkan sebuah surat, apabila dalam sebuah kota terdapat dua alamat yang sama tentu pak pos akan kesulitan dalam mengirimkan surat tersebut. Begitu pula halnya dalam jaringan, supaya data bisa dikirimkan dengan baik dan tujuan yang benar maka setiap komputer harus memiliki alamat yang berbeda.

Nilai Ip address yang paling kecil adalah 0 (nol) dan yang paling besar adalah 255, oleh karena itu tidak terdapat ip address dengan nilai 256 ataupun angka yang lebih besar daipada 256, seperti 300, 745 dan sebagainya, istilah ip address ini sering ditulis atau disinkat dengan IP saja.

Format penulisan ip address adalah : a.b.c.d

Keterangan :
Huruf a sampai d tersebut kita ganti dangan angka akan menjadi 0.0.0.0 sampai dengan 255.255.255.255

Contoh :
Ip address yang sering digunakan pada sebuah jaringan lokal 192.168.0.1

Bentuk penulisan seperti ini disebut dotted-decimal

Untuk mempermudah penulisan dan pemakain, ip address dikelompokkan menjaadi kelas A, B, C, D dan E.

ip address
Keterangan :

  • IP Address yang umum digunakan adalah A, B dan C. Sedangkan kelas D dan E untuk keperluan multicast dan penelitian.
  • Kelas A digunakan apabila jumlah host atau perangkat jaringan seperti komputer yang terhubung sebanyak 16.777.214 host.
  • Kelas B digunakan apabila jumlah host komputer yang terhubung sebanyak 65.534 host
  • Kelas C digunakan apabila jumlah komputer yang terhubung sebanyak 254.

Apabila dalam jaringan yang kita buat jumlah komputer tidak melebihi 254, maka kita menggunakan IP Address kelas C.

Baca juga : Pembagian kelas pada jaringan komputer

IP Address tersebut tidak bisa bekerja sendiri, melainkan berpasangan dengan Subnet Mask. Pada dasarnya, tujuan utama pemakaian subnet mask agar suatu jaringan mengetahui kelas mana yang dipakai dan untuk menentukan apakah suatu alamat IP termasuk dalam sebuah jaringan atau jaringan lain, sama seperti IP address, subnet mask juga terdiri atas 4 bagian yang juga ditulis dalam bentuk dotted-decimal.

subnet mask

Selain pembagian Ip berdasarkan kelas, ada pula yang disebut dengan IP Publik dan IP Privat, lalu apa bedanya ?, silahkan dibaca dibawah ini :
  • Public ip (IP Publik) adalah istilah ip address yang digunakan untuk mengidentifikasi host atau perangkat jaringan di internet global.
  • Private IP merupakan istilah ip address yang dapat digunakan untuk internet lokal dan tidak digunakan berkomunikasi dengan host di internet global, atau disebut pula dengan ip address yang digunakan untuk keperluan jaringan intranet atau LAN.

ip private

Pada contoh tabel diatas kita bisa mengetahui range ip private yang akan kita gunakan dalam jaringan, misalnya jika kita akan menggunakan ip private kelas C yaitu 192.168.0.0 maka range ip yang bisa kita gunakan adalah mulai dari 192.168.0.1 sampai dengan 192.168.255.254.

Demikian sekilas tentang mengenal apa itu ip address, bagi Anda yang tidak terbiasa mendengarnya, pada tulisan diatas sudah saya sederhanakan agar mudah dipahami oleh semua orang, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Baca juga:

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar