Mengenal Jaringan Wireless

Mengenal Jaringan Wireless
Mengenal Jaringan Wireless
Mengenal Jaringan Wireless
Mengenal Jaringan Wireless - selamat pagi sahabat, dan selamat datang di blog saya yang sederhana ini, kali ini kita akan belajar mengenal jaringan wireless, pada jaman sekarang kita sudah tidak asing lagi dengan namanya teknologi wireless atau yang dikenal dengan nama wifi ini, dengan adanya jaringan wireless ini setiap orang bisa membagi akses informasi dan data tanpa harus menggunakan kabel, selain itu dengan wireless ini tentunya ketika melakukan instalasi jaringan mendapat keuntungan dari segi biaya bila dibandingkan dengan jaringan kabel.

Sebelum mengenal jaringan wireless ini sebaiknya Anda baca artikel saya yang lainnya yang membahas tentang pengertian jaringan LAN, WAN, MAN  , karena dalam dunia jaringan dikenal dengan istilah-istilah LAN, WAN dan MAN, singkatnya adalah jaringan LAN adalah jaringan yang menggunakan kabel, jika tidak menggunakan kabel disebut WLAN atau yang umum disebut Jaringan Wireless, teknologi jaringan yang lebih luas serta jarak yang lebih jauh disebut dengan MAN, biasanya MAN menghubungkan dua atau lebih jaringan LAN, dan WAN adalah jaringan yang cukup luas dan menghubungkan antar negara, jika tidak menggunakan kabel maka disebut WWAN.


Standar yang digunakan dalam jaringan WWAN :


  • GPRS
  • EDGE
  • EV-DO x1 Rev 0, Rev A, Rev B dan x3
  • HSPA (baik HSDPA maupun HSUPA)
  • UMTS over W-CDMA
  • LTE
  • UMTS-TDD
  • Wi-Fi 802.11
  • WiMAX 802.166

Dengan mengetahui jenis jaringan diatas maka kita mengenal jaringan LAN, MAN dan WAN, namun seiring dengan perkembangan ilmu teknologi, maka istilah ketiga jaringan tersebut juga mulai bergeser dan sekarang lebih dikenal dengan istilah Intranet, Internet dan Extranet.

Pengetian Intranet, Internet dan Extranet

Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas internet, diibaratkan berinternet dalam lingkungan lokal. Jaringan intranet ini adalah jaringan LAN yang khusus untuk penggunaan pada lingkungan yang terbatas, misal pada sebuah kantor atau kampus.

Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe jenis LAN yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global), dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lain sebagainya.

Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna diluar perusahaan, bisa dibilang extranet merupakan intranet pada sekala luas, umumnya diterapkan pada perusahaan-perusahaan besar yang memiliki cabang-cabang yang berjauhan.

Mengenal standar wifi 

Sebelum kita mengenal wifi,sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa standar yang digunakan oleh wifi, yang biasa kita kenal dengan IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) , merupakan organisasi internasional non profit yang mendedikasikan diri untuk kemajuan teknologi, didirikan pada tahun 1963 berpusat di New York USA, dan pada tahun 1990 bulan Februari membuat standarisasi LAN dan MAN, berikut adalah tabel standar dari IEEE.

tabel IEEE

Tabel diatas menjelaskan unit kerja IEEE, namun standarisasi oleh IEEE dirasa masih kurang lengkap untuk memenuhi kebutuhan dunia bisnis, sehingga dibentuklah sebuah asosiasi yang diberi nama Wi-Fi, atau yang kita kenal sekarang wifi.

Wifi adalah singkatan dari Wireless Fidelity yang dipelopori oleh Cisco yang beranggotakan Apple , Microsoft, Dell, AT&T dan lain sebagainya, wifi pertama kali dipakai secara komersial pada tahun 1999. Organisasi wifi ini bertugas memastikan semua peralatan mendapatkan label wifi bisa bekerja dengan baik, sehingga memudahkan konsumennya, dimana perusahaan wifi membuat peralatan berdasar spesifikasi yang ditetapkan oleh IEEE.

Oleh karena itu wifi adalah nama lain yang diberikan untuk produksi yang mengikuti spesifikasi 802.11, para pemakai lebih mengenal dengan istilah wifi daripada 802.11, dimana wifi adalah merk dagang. Sehingga wifi dimaksudkan sebagai istilah umum untuk menunjukkan semua tipe jaringan wireless yang mengadopsi standar jaringan wireless 802.11.

Dengan perangkat yang memiliki label wifi bisa dipastikan perangkat tersebut dapat berkomunikasi membentuk sebuah jaringan wireless meskipun merk dan vendor atau pembuatnya berbeda.

Dengan kemajuan teknologi pada jaman sekarang wifi yang awalnya hanya ditujukan untuk jaringan LAN saja, namun saat ini banyak digunakan untuk mengakses internet melalui hotspot, scara teknis operasional wifi merupakan salah satu varian tknologi informasi yang bekerja pada jaringan perangkat WLAN, dengan kata lain wifi adalah sertifikasi merek dagang yang diberikan pabrik kepada perangkat telekomunikasi yang memenuhi kualitas yang dipersyaratkan.

Demikian artikel mengenal jaringan wireless ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar