Mengenal Wireless Distribution System (WDS)

Mengenal Wireless Distribution System (WDS)
Mengenal Wireless Distribution System (WDS)
Mengenal Wireless Distrubution System (WDS)


Mengenal Wireless Distribution System (WDS) - selamat malam sahabat, dan selamat datang di blog yang sederhana ini, pada posting kali ini kita akan belajar tentang WDS, mungkin bagi Anda yang awam di bidang komputer sudah pasti belum tau istilah ini, tapi bagi Anda yang sering bekerja di bidang jaringan komputer sudah pasti sering mendengar WDS ini, apalagi Anda yang sering berhadapan dengan jaringan wireless, ya karena WDS ini lebih sering digunakan pada jaringan wireless, baiklah dibawah ini saya akan membahas sedikit tentang WDS ini, silahkan dibaca.

Pengertian Wireless Distribution System (WDS)


Wireless Distribution System (WDS) adalah sebuah sistem pada jaringan komputer untuk yang berfungsi untuk memperluas jangkauan jaringan wireless dengan menggunakan dua atau lebih Access Point. Dengan menggunakan teknik WDS ini, penggunaan kabel sebagai backbone jaringan tidak lagi dibutuhkan, sehingga lebih mudah, murah, dan efisien untuk pemasangan dan instalasinya.


Ketika kita akan membangun jaringan wireless dengan sistem WDS ini, pastinya ada syarat yang harus kita penuhi terlebih dahulu, seperti dibawah ini.

Syarat membangun WDS 


  • Access Point utama maupun Access Point Repeater (penguat) harus mendukung fitur WDS
  • Masing-masing IP Address  Access Point tidak boleh sama.
  • Sebagian besar Authentication access point yang didukung dalam WDS adalah WEP 64/128 bit. Dan Semua Access Point yang terlibat dalam 1 koneksi harus menggunakan Metode Inkripsi / Authentication yang sama.
  • Channel Radio yang digunakan harus sama.
  • Matikan atau disable layanan DHCP Server pada Access Point Repeater (penguat), karena DHCP akan diambil alih Access Point utama yang sebagai default gateway.
  • Ada kemungkinan WDS tidak berfungsi jika Access Point utama dan Access Point Repeater (penguat) berbeda merk.

Mode WDS yang sering digunakan

1. Wireless mode bridge

Wireless mode bridge, dimana Access Point WDS hanya berkomunikasi satu sama lain (sesama Access Point , dan Access point tidak mengizinkan komputer station (STA) untuk mengaksesnya wirelessnya. dibawah ini adalah gambar WDS yang di atur menjadi bridge :


point to point
point to multipoint

2. Wireless Repeater

Wireless repeater adalah dimana Access Point-Access Point saling berkomunikasi satu sama lain dan mengizinkan station (STA) untuk mengakses mereka.

repeater


Keterangan :

1. Point to point (PTP)
Point to Point Adalah metode yang menggunakan salah satu komputer/perangkat yang disambungkan ke satu perangkat/komputer saja baik menggunakan perangkat wireless maupun menggunakan kabel Lan saja.

2. Point to multipoint (PTMP)
Point to Multipoint Adalah metode yang menggunakan satu komputer atau perangkat yang di sambungkan ke banyak komputer atau perangkat dan biasanya jaringan ini digunakan pada area hotspot ataupun pada warnet. karena dari 1 server di sebar ke beberapa client.

3. Multipoint to multipoint
Multipoint to Multipoint adalah menghubungkan banyak perangkat/komputer ke banyak perangkat/komputer lainnya. dan jaringan ini biasanya digunakan untuk jaringan hotspot juga tetapi menggunakan konfigurasi repeater.

Demikian artikel tentang mengenal Wireless Distribution System (WDS) ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Baca juga:

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar