Cara Mengetahui Akun Google Yang Diretas Hacker di Android

Cara Mengetahui Akun Google Yang Diretas Hacker di Android
Cara Mengetahui Akun Google Yang Diretas Hacker di Android
Cara Mengetahui Akun Google Yang Diretas Hacker di Android
Cara Mengetahui Akun Google Yang Diretas Hacker di Android - selamat datang kembali di b38 blog sahabat, kali ini saya akan sedikit membagikan tips, yang mungkin bermanfaat bagi Anda semua para sahabat maupun pengunjung blog ini, tips yang saya bagikan kali ini adalah tentang bagaimana cara mengetahui akun google kita, apakah sudah pernah diretas atau belum di android, posting yang saya buat ini dikarenakan beberapa hari yang lalu saya membaca artikel di blog luar negeri yang ramai membahas tentang akun google yang diretas melalui android.

Bagaimana hacker meretas akun google kita di Android ?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang akun google yang diretas ini, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana para hacker ini meretas akun google Anda melalui Android, para hacker meretas akun google kita dengan cara melalui serangan virus malware yang disebut dengan gooligan, virus gooligan ini adalah singkatan dari gabungan Google dan Hooligan yang memang mengincar perangkat Android, hingga saat ini perangkat Android yang terkena serangan malware gooligan ini meningkat sebanyak 13000 pengguna per harinya.

Dan menurut penelitian dan survey yang dilakukan oleh Check Point, serangan malware gooligan menyerang semua perangkat Android dengan versi 4 (jelly bean) dan android versi 5 (lolipop), dan parahnya lagi virus malware gooligan ini tersebar melalui aplikasi pihak ketiga di toko aplikasi, dan sejumlah link phising melalui pesan singkat atau email yang dapat mencuri informasi dan data pribadi Anda.
Selain itu perangkat android yang terinfeksi oleh virus malware gooligan ini akan membuat software tools yang dapat mengunduh semua informasi dan data pribadi Anda yang digunakan untuk mencuri token di google play, Gmail, google drive dan aplikasi lainnya tanpa Anda sadari.

Cara mengetahui akun google yang diretas di hp Android :

Nah bagi Anda pengguna smartphone android sebaiknya selalu waspada dan berhati-hati kemungkinan hal ini terjadi, namun untuk memastikan apakah akun google Anda sudah diretas atau belum, Anda bisa mengetahuinya dengan cara mengeceknya di situs Check Point, silahkan Anda masukkan email Anda di situs ini, system akan mengecek apakah akun google Anda sudah pernah diretas atau belum, silahkan klik tombol dibawah ini.


Berikut penampakan apabila akun google Anda belum pernah diretas :

b38

Nah bagi Anda yang akun googlenya sudah diretas, tidak perlu panik, berikut adalah :

Tips mengatasi akun google di Android yang sudah diretas :
  • Pertama, wipe smartphone Android kamu yaitu dengan cara clean instal, atau flash ulang, karena proses ini akan menghapus permanen semua data-data pada partisi yang ada di perangkat Android Anda, jangan lakukan recovery ke pengaturan pabrik, karena malware ini tidak akan terhapus.
  • Kedua, untuk jaga-jaga format juga memory ekternal Anda melalui PC, karena dikhawatirkan malware gooligan ini juga masuk melalui aplikasi yang terinstal di memory ekternal, tapi sebelum diformat, sebaiknya backup data penting Anda seperti foto, video atau lagu.
  • Ketiga, setelah Anda melakukan kedua cara diatas, langkah terakhir adalah dengan mengubah kata sandi atau password akun google Anda.

Tips agar terhindar dari malware gooligan :

  1. Jangan sembarang membuka email yang tidak jelas pengirimnya
  2. Jangan menginstal aplikasi yang juga tidak jelas kegunaanya
  3. Jangan pernah klik link phising sembarangan, biasanya aplikasi ini berbentuk seperti iklan, sehingga orang awam akan mengekliknya, 
Dibawah ini adalah contoh aplikasi yang terinfeksi malware gooligan :

googligan
Perhatikan komentar atau review yang sumbenya adalah akun spam, atau robot :

gooligan
Dibawah ini adalah contoh komentar atau review dari para pengguna yang sudah terinfeksi oleh malware gooligan ini :

gooligan

Setelah Anda membaca tips cara mengetahui akun google yang diretas hacker di android diatas, diharapkan Anda bisa sedikit tahu tentang cara mengamankan akun google Anda, dan juga bagaimana cara mengatasinya, saya rasa cukup sekian sedikit informasi dari saya ini, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung diblog sederhana ini.
Baca juga:

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar