Mengenal Jenis-jenis Antena Pemancar Wifi Beserta Fungsinya

Mengenal Jenis-jenis Antena Pemancar Wifi Beserta Fungsinya
Mengenal Jenis-jenis Antena Pemancar Wifi Beserta Fungsinya
Mengenal Jenis-jenis Antena Pemancar Wifi Beserta Fungsinya
Mengenal Jenis-jenis Antena Pemancar Wifi Beserta Fungsinya - selamat datang sahabat, selalu saya tidak lupa menyapa Anda setiap kali membuat artikel, karena merupakan kewajiban bagi saya selalu menyapa semua pengunjung setia blog sederhana ini, artikel kali ini kita akan belajar tentang macam-macam antena pemancar wireless yang sering digunakan, dan juga apa saja fungsi antena tersebut, artikel ini saya buat untuk diri saya sendiri agar tidak lupa, tapi siapa tau ada yang nyasar mampir ke blog ini hehehe..., sebelum Anda membaca artikel ini lebih jauh ada baiknya Anda membaca juga artikel saya yang lain tentang perangkat jaringan dan fungsinya, agar Anda lebih memahami jenis peralatan yang sering dipakai dalam jaringan komputer, namun sebelum Anda membaca artikel ini, ada baiknya Anda mengerti apa itu antena dan apa saja fungsinya, dibawah ini adalah penjelasannya.

Pengertian antena:
Dalam bidang elektronika,pengertian antena adalah alat transformator  atau struktur transmisi antara gelombang yang terbimbing (saluran transmisi) dengan gelombang ruang bebas atau sebaliknya. Pada jaman sekarang antena merupakan salah satu elemen penting yang harus ada pada alat seperti teleskop radio, TV, radar, dan berbagai alat komunikasi lainnya yang menggunakan sinyal, secara sederhana antena adalah alat untuk mengirim dan menerima sinyal elektromagnetik. Baca juga : Mengenal radio frekuensi dan modulasi

Fungsi antena:
Fungsi sebuah antena adalah untuk mengubah sinyal listrik menjadi sinyal elektromagnetik, lalu meradiasikannya atau memancarkannya (Pelepasan energy elektromagnetik ke udara / ruang bebas), dan sebaliknya, selain itu antena juga dapat berfungsi untuk menerima sinyal elektromagnetik (Penerima energy elektromagnetik dari ruang bebas ) dan mengubahnya menjadi sinyal listrik. 

Bentuk antena bermacam-macam sesuai dengan desain, pola penyebaran frekuensi dan gain. Karena antena merupakan bagian yang terpenting dari suatu pemancar atau penerima yang berfungsi untuk menyalurkan sinyal. Jadi untuk itu kita harus tahu dan juga harus bisa membedakan jenis-jenis antena wifi agar nanti ketika Anda akan membeli antena wifi tidak keliru.


Jenis-jenis antena wifi dan fungsinya:

1. Antena Grid


grid

Yang pertama adalah antena grid, antena wireless yang mempunyai bentuk seperti jaring ini sangat populer digunakan untuk menembak sinyal wifi jarak jauh, karena sudut pola pancaran antena ini lebih fokus pada titik tertentu sesuai dengan pemasangannya. Untuk cakupan atau jangkauan antena grid ini hanya searah sehingga antena jenis ini tidak bisa berdiri sendiri, harus dilengkapi dengan antena pemancar yang dipasang di tempat lain. Antena grid memiliki dua frekuensi yaitu 2.4 GHz dan 5.8 GHz.

2. Antena Omni / Omnidirectional
omni

Antena omni ini berbentuk seperti tongkat, tapi berukuran kecil. Antena ini biasa digunakan sebgai pemancar karena cakupan antena ini lebih luas di bandingkan dengan antena GRID, jangkauan antena ini menyebar kesemua arah dan membentuk suatu lingkaran, sehingga sering digunakan pada antena radio. Antena ini sangat cocok digunakan sebagai P2MP (Point to multi point) dalam jaringan wireless, dan juga sangat cocok digunakan untuk hotspot.

Selain itu antena ini adalah juga dipakai untuk melayani area yang luas namun dalam jangkauan yang pendek. karena antena omni ini menjangkau area yang luas, maka sangat besar kemungkinan akan terkumpul sinyal lain yang sama tidak dikehendaki. Dengan demikian, antena omni akan menyebabkan gangguan. 

3. Antena Sectoral
sectoral


Antena Sectoral ini fungsinya hampir mirip dengan antena omni. Yang juga digunakan untuk Access Point to serve a Point-to-Multi-Point (P2MP). Namun antena sectoral mempunyai gain yang jauh lebih tinggi dibanding antena omni, sehingga mempunyai jangkauan sampai 6-8 km. Sudut pancaran antena sectoral ini adalah 45-180 derajat dan dengan pemasangannya yang harus diperhatikan agar tidak maksimal dalam penyebaran sinyal.

Pada pemasangannya antena sectoral ada dua macam, horisontal dan vertikal, pola pancaran yang horisontal, pada antena ini sinyal kebanyakan memancar ke arah mana antena ini di arahkan sesuai dengan jangkauan dari derajat pancarannya, namun pada bagian belakang antenna tidak memiliki sinyal pancaran. Antenna sectoral ini jika di pasang lebih tinggi akan menguntungkan karena penerimaan sinyal yang baik pada suatu sector atau wilayah. Antena sectoral ini biasa digunakan dalam tower GSM.

4. Antena Yagi
Antena Yagi mempunyai bentuk menyerupai antenna grid, antena ini juga mempunyai cakupan yang searah. Namun Perbedaan utama dari antena Yagi dengan antena Grid adalah antena ini cukup jarang digunakan dalam jaringan. Antena ini terdiri dari 3 bagian, meliputi driven, reflector, dan director. Driven merupakan titik catu dari kabel antena. Panjang fisik driven biasanya adalah setengah panjang gelombang frekuensi radio yang diterima atau dipancarkan. Reflektor merupakan bagian belakang antena yang digunakan untuk memantulkan sinyal. Panjang fisik reflector biasanya lebih panjang dari driven. Sedangkan director merupakan bagian pengarah antenna. Bagian ini ukurannya lebih pendek dari driven.

5. Antena PVC
antena pvc
Disebut dengan Antena PVC karena memang antena ini terbuat dari bahan pipa PVC yang kemudian dilapisi dengan aluminium foil. Antena ini  sebenarnya pengembangan dari antena kaleng yang sering berkarat bila dipasang di area outdoor atau luar. Keuntungan yang dimiliki antena ini adalah tahan cuaca, tidak berkarat, dan sangat mudah pemasangannya. Antena ini biasanya hanya digunakan untuk jarak dekat yaitu 200 – 300 m saja.


6. Antena 8 Quad


antena 8 quad

Antena 8 Quad termasuk jenis antena sektoral. Karena pola radiasi antena yang dipancarkan berada satu arah dengan sudut arah. Antena 8 Quad cocok digunakan untuk antena access point di mana klien berada di area tertentu.

7. Wajan Bolic


wajan bolic

Antena yang sudah dilegalkan oleh pemerintah tahun 2005 yang lalu ini dinamai dengan Wajan Bolic karena memang antena ini bentuknya hampir sama dengan antena parabolic. Antena ini cukup sederhana karena bahan yang digunakan untuk parabolic disc menggunakan wajan atau alat dapur yang sering digunakan untuk menggoreng. Antena Wajan Bolic berfungsi untuk memperkuat sinyal wireless dari hotspot yang karena lokasinya terlalu jauh atau sulit diterima oleh USB Wireless Adapter jika hanya langsung terhubung dengan laptop atau PC.

8. Antena Parabolic
parabolic


Antena Parabolic (Solid Disc) : memiliki fungsi dan frekuaesi yang sama dengan antena grid, tetapi antena ini memiliki jangkauan lebih jauh dan lebih fokus  dibandingkan antena Grid. Antena Solid Disc biasanya digunakan untuk aplikasi point to point jarak jauh dan outdor pointing.

Demikian artikel tentang mengenal jenis-jenis antena pemancar wifi beserta fungsinya ini, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar