Mengenal Apa Itu Bisnis Ecommerce Dan Jenisnya

Mengenal Apa Itu Bisnis Ecommerce Dan Jenisnya
Mengenal Apa Itu Bisnis Ecommerce Dan Jenisnya
Mengenal Apa Itu Bisnis Ecommerce Dan Jenisnya,pengertian ecommerce, apa itu ecommerce, ecommerce
Mengenal Apa Itu Bisnis Ecommerce Dan Jenisnya - halo sahabat b38 blog dimanapun Anda berada, kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai apa itu ecommerce?, dan apa saja macam dan jenis bisnis ecommerce yang ada di Indonesia. Jika Anda bertanya tentang ecommerce mungkin kebanyakan dari kita pasti akan menjawab bahwa ecommerce adalah bisnis online atau jual beli online. Namun tahukah Anda ?, sebenarnya pengertian ecommerce bukan hanya sebatas bisnis di internet saja sob, masyarakat di dunia maupun di Indonesia khususnya mereka yang tinggal di perkotaan, tentu tidak akan lepas dari yang namanya internet, karena segala aktifitas yang mereka lakukan selalu berhubungan dengan internet. Apalagi dijaman yang lebih canggih sekarang, internet sudah merupakan kebutuhan pokok bagi kita semua.

Ecommerce merupakan bisnis yang sangat potensial, hal ini terjadi dikarenakan tren berbelanja online yang marak diterapkan dan dilakukan oleh kebanyakan orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dari situlah perusahaan-perusahaan atau toko-toko yang awalnya hanya menerapkan bisnisnya secara offline, sekarang berbondong-bondong merambah bisnis online melalui konten digital yaitu menerapkan bisnis ecommerce. Lalu apa sih ecommerce itu ?, dan apa saja jenis ecommerce ini?, yuk silahkan dibaca artikel dibawah ini.

Apa itu ecommerce ?
Definisi dan pengertian ecommerce menurut Laudon (1998),ecommerce adalah suatu proses menjual atau membeli produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahan dengan komputer atau digital sebagai perantara transaksi bisnis.

Ecommerce atau yang biasa disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce (EC) merupakan pertukaran bisnis yang dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email,electronic bulletin board,,esin faximile,dan electrinic Fuond tranfer yang berkenaan dengan transaksi-transaksi belanja di internet.

Sejarah ecommerce:

Ecommerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman website. Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik dapat menghasilkan penjualan seharga US$12,2 milyar pada tahun 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan Oktober tahun 2006 diawal berkembang ecommerce, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

Jadi dapat ditarik kesimpulan dari pengertian dan sejarah ecommerce diatas, bahwa ecommerce dapat diartikan sebagai transaksi jual beli barang atau jasa secara digital melalui layanan internet. Setelah Anda mengerti tentang pengertian ecommerce ini, ada 5 jenis ecommerce yang ada di Indonesia dan dibedakan dalam bentuk yang berbeda. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis ecommerce sebagai ladang bisnis ada baiknya Anda membaca artikel 5 bentuk bisnis ecommerce yang ada di Indonesia dibawah ini.

5 Jenis bisnis ecommerce yang ada di Indonesia

Dibawah ini penulis telah merangkum beberapa macam ecommerce yang ada di Indonesia, apa saja?, silahkan baca tulisan dibawah ini:

1. Iklan baris atau Classified
Bentuk bisnis ecommerce yang pertama adalah iklan baris, bentuk bisnis ecommerce yang satu ini tergolong yang paling sederhana dari usaha ecommerce yang ada. Bentuk bisnis ecommerce ini mempunyai ciri khas yaitu dimana penyedia ecommerce tidak terlibat langsung dalam bisnis jual beli yang terjadi. Dalam bentuk ini perusahaan ecommerce hanya bertindak sebagai media yang mempertemukan pembeli dan penjual.

Ciri-ciri ecommerce classified atau iklan baris
  • Web penyedia layanan ecommerce sama sekali tidak terlibat memberi fasilitas secara langsung dalam melakukan transaksi bisnis.
  • Perusahaan ecommerce memberi kebebasan bagi siapa saja yang ingin menjual barang yang dimilikinya tersebut kapanpun dan dimana saja secara online.
  • Pihak ecommerce mendapatkan keuntungan dari iklan premium yang terpasang di website
2. Customer to customer (C2C)
Jenis kedua adalah customer to customer, atau bisa dibilang transaksi antara individu, yang membedakan bentuk bisnis ini dengan classified adalah selain menawarkan tempat sebagai media promosi barang dagangannya, perusahaan ecommerce juga memberikan layanan pembayaran dari transaksi online yang dilakukan.

Salah satu contoh ecommerce C2C adalah website marketplace. Marketplace adalah jenis bisnis ecommerce yang menyediakan tempat promosi dan aktifitas transaksi uang para pelanggan, sehingga dapat dikatakan bisnis ecommerce marketplace ini mempunyai tujuan utama memberi fasilitas terbaik kepada penjual. Beberapa contoh marketplace C2C di Indonesia antara lain Tokopedia, Elevania, Kaskus, Bukalapak, OLX.

3. Shopping Mall
Bentuk ecommerce shopping mall ini proses dan fasilitas yang diberikan hampir sama dengan ecommerce marketplace C2C, bedanya adalah hanya terletak pada penjualnya saja, yaitu pihak yang bisa masuk dalam bentuk ecommerce shopping mall ini hanyalah perusahaan-perusahaan yang memiliki brand-brand besar yang terkenal dan memiliki nama dipasar lokal maupun internasional.

Jika ingin masuk dalam bisnis ecommerce shopping mall ini membutuhkan proses verifikasi yang tidak mudah, dari segi keuntungan pihak ecommerce bisa menarik komisi dari penjual yang memiliki brand besar dengan begitu pendapatan yang didapat juga besar. Contoh ecommerce shopping mall di Indonesia adalah Blibli

4. Ecommerce B2C (Business to customer)
Model ecommerce B2C ini adalah model ecommerce sederhana yaitu sebuah toko online dengan alamat dan domain sendiri, dimana penjual memiliki stok produk dan menjualnya kepada pembeli. Pada dasarnya bentuk ecommerce B2C ini lebih fokus pada penjualan produk milik perusahaan ecommerce sendiri sehingga semua keuntungan yang didapat murni milik perusahaan ecommerce tersebut tanpa dibagi dengan pihak lain.

Jenis bisnis ecommerce B2C ini termasuk yang paling berkembang di Indonesia, namun dalam pengembangan bisnis bentuk B2C ini tidaklah mudah, dikarenakan membutuhkan modal yang besar, ketersediaan stok barang dan sistem penjualan harus ditangani sendiri oleh pihak ecommerce.
Beberapa contoh ecommerce B2C di Indonesia antara lain Lazada, Berry Benka, Bhineka, Tiket.com

5. Sosial Media Shop
Bentuk ecommerce yang terakhir adalah sosial media shop, banyak penjual di Indonesia menggunakan media sosial seperti Facebook dan Instagram, untuk menjual produk dan barang dagangan mereka. Bentuk ecommerce ini muncul setelah perkembangan media sosial yang semakin berkembang saat ini. Potensi media sosial tersebut kini telah dimanfaatkan para perusahaan ecommerce dengan membangun bisnis ecommerce media sosial.

Keuntungan yang didapat dari ecommerce ini adalah banyaknya konsumen yang berasal dari media sosial tersebut serta kemudahan dalam pembuatannya.

Tools yang digunakan untuk bisnis ecommerce:

Dalam melakukan bisnis ecommerce, dibutuhkan beberapa tools sebagai pendukung untuk kelancaran bisnis ecommerce yang Anda jalankan. Beberapa tool gratis yang sering digunakan untuk bisnis ecommerce :

1. Google Adwords Keyword Planner
Keyword Planner adalah tool internet marketing online dari Google yang menyediakan fasilitas untuk melakukan riset mengenai jumlah dan tingkat persaingan dari sebuah barang / produk tertentu.

2. Google Analytic
Bagi pemilik website online shop, sangat disarankan untuk memasang tool yang satu ini, karena dengan memasang Google Analytic di website online shop, maka kita bisa mengidentifikasi dan mengetahui perilaku konsumen, yang nantinya bisa kita gunakan untuk membuat perbaikan.

3. Mail Chimp
Mail Chimp adalah tool untuk membantu Anda dalam melakukan email marketing. Kenapa harus email marketing ? karena berdasarkan pengalaman, konversi dari email marketing bisa sampai 70%, artinya jika kita jualan menggunakan email, maka peluang terjadi closing (penjualan) sangat tinggi.

Selain ketiga tools diatas tentunya masih banyak tools ecommerce gratis lainnya, yang bisa Anda gunakan, dibawah ini juga adalah beberapa aplikasi yang digunakan dan berhubungan dengan bisnis ecommerce ini :
  • Akunting dan sistem keuangan
  • Content Management Systems
  • Dokumen, spreadsheet, database
  • E-mail dan Messaging
  • Informasi pengiriman dan pemesanan
  • Newsgroup
  • On-line Shopping
  • Conferencing
  • Online Banking
  • Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
  • Sistem pembayaran domestik dan internasional
Namun dalam pelaksanaanya di Indonesia, bisnis ecommerce memiliki permasalahan atau kendala. Salah satu permasalahan e-commerce yang paling dominan adalah permasalahan yang bersifat teknis operasional karena berhubungan dengan teknologi informasi. Berbagai kendala yang dialami dalam pengimplementasian e-commerce di Indonesia antara lain :
  1. Dukungan serta kebijakan pemerintah yang belum jelas
  2. Perkembangan infrastruktur yang lambat dan tidak merata di masing-masing wilayah
  3. Kurangnya sumber daya manusia (SDM)
  4. Perlunya perbaikan sistem perdagangan yang ada
Di zaman modern ini pengguna internet sudah menjadi kebutuhan pokok. Bagi wirausahasan, internet dapat digunakan sebagai media untuk berwirausaha. Perdagangan melalui internet atau ecommerce menjadi salah satu solusi pemasaran  yang murah. 

Ecommerce memungkinkan wirausahawan untuk mendirikan usaha dengan modal minim sekalipun karena wirausahawan bisa memulai usahanya dari rumah. Meskipun demikian, memulai bisnis jual beli online bukanlah hal yang mudah dilakukan. 

Diperlukan riset yang berkesinambungan, pemilihan produk yang tepat, pemilihan pemasok yang tepat dan penguasaan ilmu marketing sebelum berani memulai persaingan di bisnis ini.

Agar sukses menghadapi pesaing di bisnis yang sama sekaligus meraih pengahasilan yang diinginkan, wirausahawan hendaknya menguasai strategi-strategi dalam bisnis ecommerce.

Meskipun demikian, hambatan-hambatan dalam penggunaan ecommerce tidak dapat dihindari karena merupakan tuntutan dari masyarakat. Namun hambatan ini bisa diubah menjadi peluang kalau saja wirausahawan mau lebih belajar dan mendalami bisnis jual beli online dan mau mendedikasikan dirinya dalam dunia bisnis.

Demikian artikel tentang Mengenal apa itu bisnis ecommerce dan jenisnya ini, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar