Beberapa Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

Beberapa Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan
Beberapa Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan
 Manfaat Sarapan Pagi
Beberapa Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan - sarapan atau makan pagi penting untuk dilakukan. Alasannya adalah karena pada saat kita tidur selama kurang lebih 8 jam, tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, sedangkan aktivitas seperti bernafas, bergerak atau aktivitas ringan lain tetap berjalan. Akibatnya kadar gula dalam tubuh sangat rendah. Sedangkan pada pagi hari aktivitas fisik mulai berjalan, seperti melakukan perjalanan ke kantor, berpikir atau perlunya konsentrasi agar dapat melakukan kegiatan dengan baik. Semua ini memerlukan adanya energi dan energi didaptkan dari makanan yang disantap.

Dengan menyantap makanan yang baik akan membuat tubuh segar dan akan membangkitkan semangat untuk melakukan aktivitas. Kamu tidak lagi akan merasa lesu atau disibukkan oleh perut yang kelaparan. Sarapan yang sehat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Secara emosi, sarapan dapat menjadi tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga, saling bercerita, berkomunikasi dan mendekatkan diri secara emosi. Ini merupakan hal yang sangat baik untuk menciptakan keluarga harmonis.


Penyebab dan solusi bagi yang tidak mau sarapan pagi

Meskipun orang sudah menyadari pentingnya sarapan pagi, namun beberapa orang terkadang masih enggan melakukannya dikarenakan oleh beberapa alasan, seperti :
  • Diburu waktu, agar tidak terlambat samapi di kantor, seseorang melewatkan sarapan atau hanya minum susu atau kopi sebagai sarapannya. Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya kamu bangun lebih pagi, tidur lebih awal pada malam harinya. Mendisiplinkan diri agar tidak tergoda oleh acara TV atau internet yang membuat kita bergadang sampai larut malam,
  • Takut gemuk, mengurangai jatah makan di pagi hari dapat membut kita terlihat langsing. Pendapat ini salah besar, karena justru tanpa sarapan, kalori yang disantap bisa lebih banyak, tanpa sarapan metabolisme tubuh akan menurun sehingga nafsu makan siang akan meningkat. Tubuh yang terasa lapar dapat membuat kamu akan mencari camilan, sehingga menyebabkan kalori yang masuk kedalam tubuh meningkat,
  • Tidak terbiasa, merasa mual atau sakit perut bila makan di pagi hari. Kamu harus menanamkan kedalam pikiran untuk bersungguh-sungguh membiasakan diri sarapan pagi agar tetap sehat. Coba untuk tidak langsung sarapan setelah bangun tidur tetapi berikan jeda waktu antara 1-2 jam setelah bangun tidur, kemudian baru menyantap sarapan. Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan tidak langsung menghabiskan sarapan, tetapi membaginya dalam beberapa porsi kecil yang dapat disantap sepanjang hari,
  • Bosan atau tidak nafsu untuk menyantap sarapan. Solusinya adalah dengan membuat menu sarapan bervariasi tidak hanya nasi goreng, roti selai, telur dadar atau menu lain yang hanya itu-itu saja. Memang hal ini tidak mudah, karena mungkin Anda yang bekerja di kantor bila harus menyipakan makanan yang repot. Tetapi kamu dapat mencoba mempersiapkan bahan makanan untuk sarapan pada malam hari. Esoknya, kamu tinggal menyelesaikan makanan dengan memasak yang menghemat waktu. Dengan menyediakan waktu lebih banyak, manfaat bisa didapat lebih banyak pula.

Menu sarapan pagi yang baik

Sarapan pagi sudah dilakukan setiap hari, tetapi apakah menu makan pagi Kamu sudah sehat? Banyaknya kalori yang sebaiknya masuk dalam tubuh kita waktu sarapan adalah sebanyak 300-400 kalori. Makanan yang dianjurkan untuk sarapan adalah menu yang cukup gizinya, menu yang sesuai dengan empat sehat lima sempurna, yang 3 diantaranya adalah terdiri dari karbohidrat, protein, susu, sereal. Pilihan lain adalah dengan meminum jus buah, 2 porsi buah besar, susu atau susu rendah lemak.

Waktu sedikit terkadang juga menjadi alasan para pekerja, terkadang sering sarapan setelah sampai di kantor, sisi negatif dari membeli makanan adalah kita tidak tahu sampai dimana kebersihan makanan tersebut. Untuk menghindari penyakit akibat makanan yang tidak higienis tersebut upayakan untuk memilih mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengandung kandungan gizi yang cukup. Pilih makanan dalam kemasan yang tertutup agar dapat dipastikan makanan tersebut bersih dan higienis.

Hindari makanan yang kurang sehat atau yang berlemak dan mengandung minyak dimenu sarapan yang dibeli, misalnya hindari mengkonsumsi jeroan saat bersantap bubur, hindari kerupuk saat bersantap nasi atau saat makan ketoprak. Tetapi, jangan lupa untuk tidak membiasakan diri dengan bersantap gorengan sebagai menu sarapan pagi, karena kalori yang tinggi dan penggunaan minyak goreng yang kurang baik.

Beberapa manfaat sarapan pagi bagi kesehatan

  1. Memberikan energi, seperti kita ketahui tubuh memerlukan energi, dan energi didapat dari makanan.
  2. Membuat tubuh menjadi fit dan semangat
  3. Membuat daya kerja otak lebih baik, dengan sarapan pagi yang sehat otak akan mendapat nutrisi yang akan membuat otak berpikir lebih cepat dan baik
  4. Sarapan pagi membuat kita selalu fokus dan berkonsentrasi dengan baik
  5. Terhindar dari penyakit maag
  6. Menjaga pola makan yang benar, dengan menjaga pola makan dengan benar maka berat badan akan menjadi ideal dan lebih terkontrol.
  7. Dapat menambah nutrisi dan vitamin pada tubuh
  8. Mengurangi rasa ngantuk di pagi hari, sarapan secukupnya agar tidak menyebabkan ngantuk
  9. Membuat koordinasi tubuh bekerja lebih baik
  10. Mengurangi resiko stress, tanpa sarapan jika kamu melakukan pekerjaan berat dan mengharuskan untuk berpikir keras, maka akan menyebabkan lebih sering terkena stress.
  11. Menjaga mood, dengan sarapan pagi mood kita akan selalu terjaga dan menjadi lebih baik dari pada Anda yang tidak sarapan pada pagi hari
  12. Sarapan pagi sangat baik untuk anak-anak, sarapan pagi adalah kebutuhan pokok yang sangat penting ketika di usia anak-anak, karena sarapan pagi adalah awal persiapan otak untuk berpikir dan menerima pelajaran ketika belajar di sekolah.
  13. Mencegah anak untuk membeli jajanan di sekolah
Baca juga : Manfaat buah dan sayur dilihat dari bentuknya

Setelah membaca sedikit artikel diatas, kini sudah tidak ada alasan lagi untuk memulai hari tanpa sarapan pagi, karena ternyata ada beberapa manfaat yang bisa didapat bila kita sarapan pagi secara rutin. Mulailah melatih diri kita sendiri dan anak kita agar mereka terbiasa dengan sarapan pagi, dan upayakan untuk menyediakan menu sarapan yang sehat dan lezat yang akan dinikmati oleh seluruh anggota keluarga di rumah.

Kiranya cukup demikian artikel tentang beberapa manfaat sarapan pagi bagi kesehatan ini, kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar