15 Peluang Bisnis Menjelang Bulan Ramadhan

15 Peluang Bisnis Menjelang Bulan Ramadhan
15 Peluang Bisnis Menjelang Bulan Ramadhan
15 Peluang Bisnis Menjelang Bulan Ramadhan
15 Peluang Bisnis Menjelang Bulan Ramadhan - Halo sahabat b38 blog, selamat datang , tak terasa bulan penuh berkah Ramadhan sudah berada di depan mata. Dengan ditandai dengan acara-acara di televisi belakangan ini, seperti iklan minuman, sirup, makanan dan bahkan para pemeran didalam iklan tersebut memakai busana muslimah, tidak hanya itu, sinetron pun juga ikut-ikutan, yang pertama menampilkan tentang percintaan, namun sekarang sudah berubah ke acara nuansa islami. Bulan Ramadhan memang membawa suasana tersendiri bagi kehidupan masyarakat muslim. Suasana penuh kedamaian dan kesejukan biasanya mewarnai berbagai kegiatan di bulan penuh berkah. Berlomba-lomba dalam hal ibadah tentu menjadi kewajiban umat muslim, terutama di bulan Ramadhan.


Bulan Ramadhan bukan hanya menjadi bulan penuh berkah untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Bulan Ramadhan juga merupakan momen yang tepat untuk mengembangkan dan memulai berbagai peluang usaha, sangat banyak bisnis yang laris manis dan menjanjikan di waktu bulan puasa. Nah, mumpung belum masuk bulan Ramadhan sekarang adalah saat yang tepat bagi Anda untuk memanfaatkan kemampuan berbisnis dan memulai jenis usaha yang tepat selama menjelang bulan Ramadhan.

Ingin tahu peluang bisnis di bulan Ramadhan yang memiliki potensi keuntungan yang lumayan bagus dan menjanjikan? dibawah ini ada beberapa jenis usaha dan bisnis sampingan paling laris dibulan Ramadhan. persiapkan dan yakinkan diri Anda untuk melakukan usaha sampingan di bulan puasa, baik usaha rumahan maupun bukan, berikut ini adalah beberapa gambaran jenis bisnis yang dapat Anda pilih yang tentunya cukup menggiurkan keuntungannya.

Peluang Bisnis di Bulan Ramadhan


1. Berjualan makanan dan minuman 

Peluang yang satu ini sangat ramai diminati, dimanapun Anda berada peluang bisnis berjualan makan atau minuman takjil untuk berbuka puasa akan tetap laris manis diserbu oleh pembeli, apalagi Anda memiliki hobi memasak, ini merupakan kesempatan yang cukup bagus bagi Anda dan bisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan karena menu takjil sudah pasti menjadi kebutuhan untuk berbuka puasa.

Apakah harus punya warung? , tidak perlu memiliki kios atau warung untuk membuka usaha berjualan makanan dan minuman ini, Anda bisa menjajakan hidangan takjil ini dengan cara berkeliling, bagi Anda yang memiliki rumah ditepi jalan raya bisa langsung menjajakannya diteras rumah Anda.

Apakah harus bisa memasak?, tidak mesti bisa memasak, jika Anda tidak bisa memasak, Anda bisa join dengan teman atau kerabat Anda yang bisa memasak, agar Anda tidak terlalu capek, modal dan keuntungan bisa dibagi.


2. Berjualan baju muslim

Nah peluang usaha yang satu ini, bisa dibilang sangat besar keuntungan yang didapat dari beberapa peluang usaha lainnya, karena sudah menjadi kebiasaan dan tradisi menjelang lebaran adalah orang selalu ingin memiliki pakaian dan perlengkapan ibadah yang baru.

Momen seperti ini bisa menjadi kesempatan yang sangat tepat untuk memulai bisnis dengan menjual busana muslim dan perlengkapan ibadah lainnya. Busana Muslim dan perlengkapan ibadang yang bagus sangat dicari dan diminati menjelang lebaran, terutama bagi para ibu yang ingin dirinya dan keluarga tampil modis dan lebih fresh dengan penampilan baru.

Memulai bisnis yang satu ini bisa dibilang membutuhkan modal yang cukup besar, namun Anda jangan khawatir karena masih banyak sistem berjualan yang bisa dilakukan tanpa modal dan minim resiko. Apa itu? salah satu cara paling mudah yaitu dengan cara berjualan di online dengan sistem dropship, menjadi makelar baju dengan cara melobi para supplier atau toko baju dengan sistem kredit atau dibayar baju yang laku saja.

Bila anda memiliki relasi dengan supplier baju muslim atau bahkan memproduksi sendiri berbagai produk baju muslim, segera manfaatkan momen ini untuk mencari rezeki. Karena salah satu kebiasaan masyarakat dalam membeli baju muslim adalah dengan mengikuti tren baju muslim yang sedang populer di kalangan selebriti.

Memliki akun sosial media, dan akun di web ecommerce seperti bukalapak, tokopedia dan lain sebagainya, ini adalah kesempatan Anda untuk bisa mendapatkan rezeki tambahan di bulan Ramadhan ini.

3. Berjualan kue kering dan parcel hari raya

Masyarakat muslim pada umumnya sudah menjadi kebiasaan mempersiapkan beragam kebutuhan untuk hari raya seperti camilan atau kue-kue hidangan untuk tamu yang nantinya bersilaturahmi ke rumah, jauh jauh hari sebelum lebaran tiba. Tidak heran jika saat bulan ramadhan permintaan konsumen akan jajanan seperti kue kering untuk hidangan lebaran cukub banyak. Momen ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan bagi Anda yang memiliki hobi berkreasi membuat kue kering.

Bukan hanya kue kering parsel adalah barang yang tidak asing lagi dan cukup banyak dijumpai menjelang Hari Raya Lebaran. Sudah menjadi tradisi masyarakat menjadikan parsel sebagai hadiah atau bingkisan pada hari raya lebaran yang dikirimkan kepada teman, kerabat atau keluarga.

Memiliki ide ide kreatif dan memiliki bakat seni yang tinggi untuk membuat parsel menjadi menarik dan unik, jadikan moment ini sebagai peluang bisnis yang sangat mengutungkan di bulan ramadhan.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini cukup berfariasi tergantung dari jenis kue atau isi parsel itu sendiri. Anda juga bisa menjalankan usaha khusus membuat atau merakit parselnya saja. Namun apabila Anda mampu berkreasi sendiri tentunya ini bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang cukup menjanjikan juga.

Untuk menjaga kualitas dan kepercayaan pelanggan sebaiknya tetap membuat parsel dengan produk produk yang berkualitas dan jangan menjual produk yang sudah kadaluarsa.

4. Berjualan toples dan wadah kue

Nah kalau Anda memang tidak bisa atau tidak memiliki bakat untuk membuat aneka jajanan atau kue untuk hidangan lebaran, Anda bisa mencoba peluang yang satu ini, yaitu berjualan wadah kue atau toples untuk kue lebaran, Peluang yang satu ini modal yang dikeluarkan bisa dibilang tidak terlalu besar, dengan kreatif yang Anda miliki, Anda bisa menambahkan hiasan untuk toples atau wadah kue tersebut agar memiliki nilai lebih.

5. Usaha catering rumahan

Peluang usaha yang satu ini juga bisa dibilang menguntungkan, kenapa? karena pada saat bulan ramadhan terkadang ada sebagian orang tidak sempat memasak dan menyiapkan hidangan untuk puasa karena kesibukannya bekerja. Sehingga tidak jarang mereka lebih memilih memesannya dari catering untuk menyediakan makanan berbuka dan makan sahur.

Dengan demikian Anda juga bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah penghasilan dengan cara menjual makanan yang sudah siap dan memberikan jasa antar makanan.

6. Berjualan kembang api

Jenis usaha yang satu ini termasuk usaha musiman, peluang usaha ini juga bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan di bulan ramadhan, menyalakan kembang api sudah menjadi tradisi masyarakat bukan hanya disaat pergantian tahun baru, hari raya imlek ataupun dihari kemerdekaan, dibulan puasa terkadang sepanjang bulan sampai hari raya banyak orang bermain kembang api hampir tidak pernah terhenti. Meskipun kadang tampak seperti dangangan kecil, namun modal untuk menjajakan kembang api bisa dibilang sangat besar. Namun jangan salah, biasanya keuntungan menjual kembang api ini bisa sampai 2 kali lipat dari harga grosirnya.

7. Membuka Rental Playstation atau Warnet

Sebenarnya usaha ini bukan hanya untuk bulan Ramadhan saja, peluang usaha ini juga ramai dibulan-bulan biasa, namun akan sangat ramai di bulan Ramadhan, kenapa?, karena kebanyakan anak-anak terkadang meluangkan waktu untuk bermain game ketika menunggu buka puasa agar tidak merasa lapar, modal yang dibutuhkan sangat besar namun keuntungan yang didapat juga setimpal.

8. Rental mobil

Sudah menjadi kebiasaan pada saat mendekati hari lebaran musim mudik adalah tradisi dan kebiasaan masyarakat yang merantau diluar kota untuk kembali pulang berkumpul dengan keluarga untuk dapat merayakan hari raya bersama. Karena tidak semua orang memiliki mobil, dan sudah jelas angkutan umum juga akan penuh sesak pada momen mudik ini, maka banyak dari mereka yang akan lebih memilih untuk menyewa mobil untuk acara mudiknya.

Rental mobil mencapai puncaknya ketika hari liburan dan lebaran tiba. Yups banyak orang yang ingin mudik ke kampung halaman dengan cara menyewa mobil dari pada naik kendaraan umum. Bagi Anda yang memiliki usaha rental atau memiliki mobil nganggur saat lebaran tiba maka tidak ada salahnya jika menyewakan mobil tersebut.

9. Berjualan pernak-pernik hari raya

Peluang bisnis lain yang menjanjikan dibulan Ramadhan adalah berjualan pernik-pernik hari raya, pernik-pernik hari raya ini biasanya di gunakan sebagai buah tangan atau sebagai pemberian di hari lebaran, seperti amplop lebaran, kartu ucapan lebaran dan lain sebagainya.


10. Menjadi penyalur asisten rumah tangga

Banyak ibu rumah tangga yang merasa kesulitan saat ditinggal oleh asisten rumah tangganya seperti baby sitter mudik. Hal ini juga akan menyebabkan banyak pekerjaan rumah tangga yang terbengkalai dan membuat rumah menjadi tidak terurus dan berantakan. Salah satu solusinya yaitu menyewa jasa asisten rumah tangga atau baby sitter selama bulan Ramadhan hingga hari Idul Fitri saja.

Ini merupakan kesempatan bagus bagi Anda untuk mewujudkan bisnis musiman yang satu ini. Pastikan bahwa SDM yang Anda rekrut sebagai asisten rumah tangga atau baby sitter ini merupakan SDM yang berkualitas dan terjamin untuk melakukan pekerjaan rumah tangga.


11. Berjualan smartphone

Peluang yang satu ini, biasanya juga ramai ketika mendekati lebaran, karena terkadang orang ingin tampil gaya ketika lebaran tiba, bukan hanya baru di fashion tapi terkadang orang juga ingin tampil gaya dibidang teknologi. Usaha yang satu ini membutuhkan modal yang lumayan besar, namun keuntungan yang didapat juga menjanjikan.


13. Bisnis pemesanan tiket transportasi

Peluang bisnis yang satu ini juga perlu dipertimbangkan, momen Ramadhan juga sering dimanfaatkan untuk pulang ke kampung halaman atau yang lebih dikenal dengan istilah mudik. Tidak heran bila pemesan tiket transportasi seperti tiket kereta api maupun bis, selalu ramai dan habis terjual ketika menjelang bulan Ramadhan.

14. Berjualan daging ayam atau sapi

Usaha yang satu ini juga patut Anda coba, kenapa?, biasanya di bulan Ramadhan harga kedua produk ini selalu mengalami kenaikan menjelang bulan Ramadhan, bisa kita ketahui melalui berita di televisi-televisi. Anda bisa menjualnya dipasar, maupun keliling, jika tidak bisa keliling atau dipasar, Anda bisa memanfaatkan media sosial, karena terkadang orang puasa malas untuk keluar, manfaatkan momen ini untuk mencari rejeki yang banyak dan halal.

15. Menjadi pengemis

Nah untuk usaha yang satu ini jangan Anda lakukan, karena kenapa?, islam melarang untuk menjadi peminta-minta, momen bulan ramadhan terkadang dibuat kesempatan bagi beberapa orang untuk mencari keuntungan dengan menghalalkan berbagai cara, salah satunya menggunakan cara mengemis ini untuk mendapat keuntungan yang banyak dengan modal dan usaha sedikit.

Terbukti Anda bisa melihat ketika menjelang bulan Ramdhan, jumlah pengemis dan gelandangan semakin banyak, mereka mengharap belas kasihan dari orang yang sedang menjalankan ibadah karena sudah jelas bagi yang memberikan akan memperoleh amalan ibadah yang jauh lebih besar dari hari biasa diluar bulan ramadhan. Namun alangkah baiknya untuk tidak menjalani profesi ini karena sudah termasuk dalam kategori penipuan.

Artikel di atas adalah 15 peluang bisnis menjelang bulan Ramadhan yang bisa Anda pertimbangkan untuk memulai bisnis, ternyata banyak juga jenis peluang bisnis yang dapat dilakukan dan ditekuni ketika menjelang bulan Ramadhan sampai datang momen Idul Fitri. Selalu berikan pelayanan dan kualits produk terbaik pada setiap pelanggan Anda. Agar kepercayaan dan loyalitas mereka terhadap produk Anda dapat senantiasa terjaga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Baca juga:

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar