Angin Gending Bikin Gendeng

Angin Gending Bikin Gendeng
Angin Gending Bikin Gendeng
Angin gending
Angin Gending Bikin Gendeng - selamat datang sobat, apa kabar ?, semoga Anda selalu diberi kesehatan dan rejeki yang melimpah, kali ini admin hanya sedikit berbagi tentang pengalaman dan juga keseharian saya yang bertempat tinggal di Probolinggo. Kota kecil yang terkenal dengan buah mangga dan anggurnya, bukan hanya karena buahnya Probolinggo ini juga terkenal dengan tempat wisata nya yaitu Gunung Bromo. Sebenarnya banyak beberapa tempat wisata di kota Probolinggo ini, hehehe....., namun kali ini saya hanya membahas nama angin yang ada di Probolinggo ini. Nah jika kamu ingin tau seperti apa angin gending itu, kemudian apa saja manfaat keuntungan dan kerugian yang ditimbulkan oleh angin gending ini, silahkan dibaca artikel dibawah ini ya sob.

Apa itu angin gending ?

Sebenarnya angin gending adalah Angin fohn atau angin lokal atau angin terjun adalah angin yang terjadi apabila ada gerakan massa udara yang menaiki suatu pegunungan dengan ketinggian lebih dari 200 meter. 

Massa udara yang mencapai puncak pegunungan akan mengalami kondensasi dan akhirnya timbul hujan pada satu sisi lereng. Adapun pada lereng yang lain tidak terjadi hujan karena terhalang tingginya pegunungan. Daerah yg tidak mengalami hujan disebut daerah bayangan hujan.

Pada daerah bayangan hujan itu angin dari atas pegunungan akan bergerak menuruni lereng pegunungan dengan kecepatan tinggi. Hal itu menyebabkan naiknya suhu udara, karena setiap turun 100 meter udara naik 1 °C. Dengan demikian angin yang turun bersifat panas dan kering. Angin itulah yang disebut angin fohn.

Angin fohn yang terjadi di Indonesia antara lain sebagai berikut:
Angin Bahorok (Deli, Sumatera Utara)
Angin Kumbang (Cirebon, Jawa Barat)
Angin Gending (Pasuruan, Jawa Timur)
Angin Brubu (Makassar, Sulawesi Selatan)
Angin Wambraw (Biak, Irian Jaya)
source wikipedia

Kenapa disebut angin gending ?

Alasan angin ini disebut angin gending, di Probolinggo ada daerah atau kecamatan yang disebut dengan Gending, nah di daerah inilah angin ini berhembus yang paling kencang di banding daerah lain di wilayah Probolinggo.

Sedikit gambaran angin gending

Angin gending ini terjadi pada bulan sekitar bulan Juni sampai September, tepat pada bulan-bulan ini, jika kamu ingin tau bagaimana sih angin gending ini, akan saya beri sedikit gambaran tentang angin ini ya, angin gending ini bersifat kering di kulit jadi kamu mesti pake pelembab atau hand and body lotion,

terasa dingin ketika siang hari yang panas dan juga dingin di malam hari hingga menusuk tulang, tiupannya sangat kencang sampai-sampai pernah bisa merobohkan tembok setinggi 2 meter, bukan hanya itu saja bahkan bisa merobohkan pohon dipinggir jalan.

Tidak heran jika kamu lewat di daerah Probolinggo kebanyakan rumah-rumah yang berada di pinggir jalan selalu terlihat berdebu, karena memang angin ini juga membawa debu.

Sedikit cerita, pernah seorang sahabat dari Surabaya, Kalimantan dan beberapa kota di Indonesia mampir kerumah ketika musim angin gending ini, sehari mereka di rumah sudah meriang dan sakit Flu, nah seperti yang admin rasakan saat ini, juga sedikit flu dan meriang ketika menulis artikel ini, namun itu sudah menjadi hal biasa bagi saya. Beberapa kerugian yang dialami antara lain :
  • Nelayan yang takut melaut karena angin yang bertiup sangat kencang, 
  • Pohon dan tembok yang roboh, jadi lebih hati-hati ketika di dalam rumah maupun ketika dijalan
  • Banyak orang yang sakit, khususnya anak kecil karena memang kondisi tubuh yang masih rentan sakit
  • Sebagian petani yang gagal panen karena tanaman rusak terkena angin
Setelah membaca dampak diatas, apakah angin ini membawa dampak kerugian yang besar??, jangan heran ya sob, karena angin gending inilah Probolinggo terkenal karena buah mangganya, angin ini bisa membantu penyerbukan buah mangga menjadi lebih cepat dan efektif,

maka dari itu pada bulan-bulan ini khususnya pada bulan November sampai Desember, jangan kaget jika kamu mampir di Probolinggo dipinggir-pinggir jalan banyak yang menjual buah mangga seperti mangga manalagi dan arum manis, yang pasti rasanya manis dan enak, hehehe

Nah itulah sedikit gambaran tentang angin gending yang bikin gendeng, sekian sedikit kisah dari Probolinggo, jika kamu ingin mencoba kerasnya angin gending dan manisnya mangga manalagi, silahkan mampir ke Probolinggo ya sob.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar