Cara Mengetahui Orang Yang Memakai Wifi Kita di Android

Cara Mengetahui Orang Yang Memakai Wifi Kita di Android
Cara Mengetahui Orang Yang Memakai Wifi Kita di Android
Cara Mengetahui Orang Yang Memakai Wifi Kita di Android
Cara Mengetahui Orang Yang Memakai Wifi Kita di Android - selamat datang sobat, kali ini saya akan membagikan sedikit tips yaitu tentang bagaimana cara mengetahui orang yang memakai wifi kita melalui smartphone android, tutorial ini saya buat karena beberapa hari yang lalu saya merasa sedikit kesal dengan koneksi internet saya yang terkadang lambat bahkan tidak bisa browsing sama sekali.

Awalnya permasalahan yang saya alami ini adalah penyebabnya modem atau karena memang ada gangguan pada jaringan providernya. Akhirnya saya mencoba mencari informasi dengan googling kesana-kemari tentang beberapa penyebab koneksi internet yang kadang lambat, terkadang normal, dan informasi yang saya dapatkan kebanyakan dikarenakan oleh gangguan dari provider atau modem yang saya miliki.

Cara Mengetahui Orang Yang Memakai Wifi Kita di Android
Hingga akhirnya, saya menemukan bagaimana cara melihat siapa saja yang terhubung dengan wifi kita dengan hp android dengan menggunakan aplikasi yang bernama Fing. Sebenarnya banyak cara bagaimana untuk melihat siapa saja yang terhubung dengan wifi di modem atau router kita,

dengan melihatnya di pengaturan modem atau router, dan untuk melihatnya kita harus login terlebih dahulu di modem atau router tersebut, tetapi terkadang informasi yang didapat dari modem atau router tidak selengkap atau sedetail aplikasi fing ini,

caranya cukup mudah kamu cukup cari di play store kemudian download dan install, atau kamu bisa mendownloadnya dengan mengklik tombol dibawah ini :


Enaknya lagi kamu tidak perlu melakukan root terlebih dahulu di android kamu untuk menginstal aplikasi ini di smartphone kamu, setelah kamu berhasil menginstal aplikasi ini kamu akan mendapat banyak informasi tentang semua perangkat yang terhubung atau terkoneksi dengan wifi atau router kamu,

dengan demikian kamu dapat memberikan tindakan dengan memblokir atau mengganti password kamu, informasi yang kamu dapat dari aplikasi fing ini seperti :

  • Semua perangkat yang terhubung
  • Merk dan nama perangkat yang digunakan
  • Jenis perangkat seperti PC, laptop atau smartphone
  • Nomor IP Address, MAC Address dan DNS 

Diatas adalah beberapa informasi penting, ada banyak informasi yang didapat selain yang disebut diatas, kamu bisa mengetahuinya sendiri melalui aplikasi ini sob, cara penggunaanya pun mudah dibawah ini adalah cara bagaimana menggunakan aplikasi fing ini :

Cara mengetahui orang yang memakai wifi kita :


Pertama hubungkan terlebih dahulu smartphone kamu ke router atau wifi kamu, kemudian buka atau jalankan aplikasinya, maka secara otomatis fing akan melakukan scanning untuk mengetahui siapa saja yang terkoneksi di wifi atau router kita, perhatikan gambar dibawah ini :

Cara Mengetahui Orang Yang Memakai Wifi Kita di Android

Nah dari gambar diatas, kamu sudah bisa mengetahui siapa saja yang terhubung di wifi atau router kita, dan ternyata ada penyusup yang tidak disangka-sangka telah menggunakan tanpa ijin wifi saya, dan bisa di sebut dengan mencuri.

Kamu bisa melihat detail ip address dan mac perangkat yang terhubung, seperti gambar dibawah ini :

Cara Mengetahui Orang Yang Memakai Wifi Kita di Android

Dari atas kamu sudah dapat mengetahui ip address dan mac bahkan merek dan jenis perangkat yang digunakan, setelah kamu menemukan kedua informasi ini, kamu bisa melakukan tindakan keamanan seperti :

  1. Merubah password wifi kamu, mungkin dia tahu password kamu
  2. Rubah nama SSID kamu dengan nama yang unik, hingga tetangga kamu tidak menyadari jika itu wifi, seperti : unknown network, virus, unidentified, untitled dan lain sebagainya, 
  3. Menyembunyikan SSID wifi kamu, agar tidak terdeteksi, 
  4. Memblokir MAC address dari perangkat yang tidak dikenal, karena bisa saja tetangga kamu memakai aplikasi seperti net cut, dan aplikasi pembobol wifi lainnya, 
  5. Cari tetangga yang memakai perangkat seperti merk diatas, kemudian tanya baik-baik, kalau bisa diajak bayar tagihan setengah-setengah biar tidak terlalu berat membayar tagihan, dan juga pastinya halal sob.

Baca juga : Cara blokir situs dengan router TP-Link

Nah diatas tadi adalah sedikit pelajaran dan tips dari saya tentang bagaimana cara mengetahui orang yang memakai wifi atau router kita di android, apabila ada kurang atau lebihnya mohon dimaafkan, jika dirasa bermanfaat silahkan sharing atau bagikan artikel tutorial ini, cukup sekian dan terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar