Cara Tradisional Mengatasi Kaki Tertusuk Paku

Cara Tradisional Mengatasi Kaki Tertusuk Paku
Cara Tradisional Mengatasi Kaki Tertusuk Paku
Cara Tradisional Mengatasi Kaki Tertusuk Paku
Cara Tradisional Mengatasi Kaki Tertusuk Paku - selamat datang di b38 blog, kali ini saya akan sedikit berbagi tips yaitu tentang bagaimana memberikan pertolongan pertama jika kamu, teman, saudara atau anak yang kakinya terkena paku, tips yang saya berikan ini adalah dengan cara tradisional yang pastinya cukup mudah dilakukan dan dengan menggunakan bahan yang mudah didapat juga, kenapa?, karena terkadang sebagain orang di rumahnya tidak memiliki peralatan P3K atau obat-obatan untuk menangani luka yang lengkap, perlu diketahui ya sob, cara ini adalah yang biasa dilakukan oleh orang-orang tua dahulu, namun jangan salah ya sob, cara ini juga masih banyak yang melakukan dan mempraktikkannya seperti didaerah tempat saya tinggal, atau mungkin di tempat tinggal kamu juga.

Ketika kamu sedang asik berjalan maupun sedang berlari, secara tidak sengaja kaki kamu tertusuk paku, pasti panik kan?, apalagi jika kaki kamu tertusuk paku yang sudah berkarat, segera atasi dan lakukan pertolongan pertama pada luka kamu ya sob, jangan meremehkan luka akibat tertusuk paku, jika tidak segera langsung diatasi maka akan menyebabkan luka kamu tetanus atau infeksi yang dapat membahayakan nyawa kamu, serem kan??.

Baik diatas adalah sedikit basa-basi, kita lanjut pada topik utama kita, bagaimana cara mudah memberi pertolongan pertama pada kaki yang tertusuk paku berkarat agar tidak infeksi, tips dan artikel ini hanya untuk sekedar berbagi pengalaman dengan sobat, sedikit cerita dimana tempat saya tinggal ada seorang tetangga yang kakinya terkena paku, karena saya tinggal di daerah pedesaan yang mana rata-rata masyarakat disini masih tradisional, jadi kebanyakan mereka tidak memiliki obat-obatan atau alat P3K untuk merawat luka, namun mereka memakai beberapa bahan yang sangat sederhana dan mudah didapat, apa itu??. Silahkan dibaca dibawah ini ya sob :

Cara tradisional mengatasi kaki tertusuk paku :

Sebelum menangani kaki tertusuk paku, terlebih dahulu siapkan dua bahan dibawah ini ya sob :

Cara Tradisional Mengatasi Kaki Tertusuk Paku
Bawang Putih

Cara Tradisional Mengatasi Kaki Tertusuk Paku
Gula Pasir

Setelah bahan diatas sudah siap, tenangkan si penderita atau pasien, agar tidak panik, karena terkadang orang yang terkena paku pasti merasa panik dan takut, 

  1. Hentikan perdarahan dengan menggunakan kain bersih, 
  2. Bersihkan luka dengan air mengalir yang bersih agar kotoran ikut keluar, siram terus sampai tidak terlihat lagi ada kotoran yang masih menempel atau masuk ke dalam, 
  3. Keringkan dengan handuk atau kain bersih
  4. Pukul-pukul dengan menggunakan tangan, palu atau kayu secara perlahan sampai darah dan kotoran keluar, 
  5. Ambil bawang putih dan gula kemudian haluskan bawang putih dengan mencampur sedikit gula kemudian tempelkan pada luka, 
Kenapa bawang putih ?, usut punya usut ternyata kandungan zat didalam bawang putih dapat menyembuhkan dan dapat mencegah terjadinya tetanus atau infeksi, bawang putih mengandung zat yang disebut allicin yaitu sejenis zat atau senyawa yang berfungsi sebagai antibakteri sekaligus menjadi antiseptik. 

Kenapa juga dicampur gula??, ternyata setelah saya membaca kesana kemari termasuk googling, gula pasir dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka, gula memiliki sifat menyerap air, dimana bakteri bertahan hidup dan berkembang biak karena adanya kandungan air pada permukaan luka, jika luka diberi gula, maka luka akan cepat mengering.


Nah bagaimana??, keren kan orang-orang tua dulu, entah bagaimana mereka melakukan penelitian dengan keterbatasan alat, dan juga memanfaatkan bahan-bahan yang cukup sederhana dan mudah didapat.

Saya rasa cukup sekian tips dari saya cara tradisional mengatasi kaki yang tertusuk paku ini, mohon maaf jika ada kekurangan, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Baca juga:

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar