Tarif Taxi Online Lebih Murah Kenapa ?

Tarif Taxi Online Lebih Murah Kenapa ?
Tarif Taxi Online Lebih Murah Kenapa ?
Tarif Taxi Online Lebih Murah Kenapa ?
Tarif Taxi Online Lebih Murah Kenapa ? - pada zaman era modern dan semakin majunya teknologi ini perkembangan di bidang online sudah mulai berkembang pada semua bidang, salah satu contoh seperti bidang perdagangan yang sering kita sebut sebagai toko online atau online shop, dengan hadirnya toko online ini, banyak masyarakat yang sudah mulai beralih menjual dagangannya lewat online, ya tentunya dengan kemudahan yang di dapat, seperti kita tidak perlu sewa tempat karena online shop tidak membutuhkan tempat untuk memajang dagangannya, seperti usaha online shop yang juga saya tekuni Anda bisa membaca artikel saya yang lalu yaitu Online shopku terpercaya karena JNE, dalam artikel tersebut terdapat sedikit kisah awal saya memulai bisnis online shop.


Pada artikel kali ini saya bukan membahas tentang online shop, namun tentang angkutan online atau yang sering kita sebut dengan taxi online, kehadiran angkutan online ini selalu mendapatkan kritikan bahkan penolakan di daerah-daerah seperti pada awal munculnya di Indonesia ini khususnya di ibu kota Jakarta, mungkin Anda pernah tau beberapa saat yang lalu sempat pengemudi taxi biasa bentrok dengan pengemudi online, yah alasannya sudah pasti tau, karena dikhawatirkan mereka akan mengurangi pendapatan angkutan umum biasa.

Sebenarnya penolakan para sopir angkutan biasa bukan tanpa alasan, keberadaan transportasi berbasis online seperti Grab, Uber, Go-jek dan lain sebagainya,  menurut fakta yang didapat para supir angkutan umum biasa semakin terpinggirkan dari hari ke hari, kenapa tidak?, banyak para pengguna jasa sekarang mulai beralih ke jenis angkutan online ini, karena memang memberikan dampak positif bagi banyak orang, baik dari sisi pengguna maupun si driver, seperti :

  1. Dengan adanya taxi online ini kita tidak perlu lagi menunggu angkot di halte, tidak perlu lagi mengeluh angkot yang tidak nyaman, sesak atau panas, yang penting kita sebagai penumpang bisa sampai tujuan dengan nyaman, selamat dan cepat sampai tujuan,
  2. Dengan adanya transportasi online ini, kita bisa memakai jasa mereka seperti memesan barang, makanan tanpa harus kita pergi ke depot, restoran atau warung makanan langganan kita,
  3. Kemudahan yang didapat, seperti kita tidak perlu khawatir pada saat malam hari, karena biasanya angkutan umum, terkadang pada malam hari sudah tidak ada, atau sulit mencari angkutan umum biasa ketika malam hari.

Selain beberapa kenyamanan yang saya sebut diatas, yang paling sering dipertanyakan oleh masyarakat adalah kenapa tarif taxi online lebih murah dari pada angkutan umum biasa?, nah bagi Anda yang belum mengetahui alasannya, berikut dibawah ini adalah beberapa informasi yang saya dapat dan telah saya rangkum :

Subsidi silang

Perbedaan tarif angkutan online pada jam sibuk dan jam sepi, jika Anda pernah menggunakan jasa taxi online, sudah pasti merasakan perbedaan tarif ini, jika kita order pada saat jam sibuk pasti lebih mahal dari pada kita order pada saat jam sepi. Selain itu pada taxi online juga menerapkan tarif minimum (Rp. 10.000) dan juga berdasar pada jarak yang ditempuh, apabila jarak yang kita tempuh dekat maka tarif minimum yang akan berlaku, namun jika jarak yang di tempuh cukup jauh maka tarif yang diberlakukan berdasarkan jarak, dan ketika kita order pada jam sibuk, maka biasanya hanya akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 5000

Nah dengan penerapan tarif yang flexibel ini, dirasa lebih masuk akal dan cukup adil bagi para pengguna jasa angkutan online, yang lebih penting pelayanan driver yang baik dan kenyamanan ketika berkendara menjadi faktor lebih kenapa orang lebih memilih jasa transportasi online.

Perawatan kendaraan pribadi

Sebagian besar kendaraan yang dimiliki oleh driver angkutan online adalah kendaraan pribadi mereka sendiri, walaupun ada yang bekerjasama atau join dengan orang lain yang memiliki kendaraan, hal ini tentu saja membuat perusahaan penyedia layanan taxi online tidak mengeluarkan biaya untuk perawatan kendaraan seperti uji kir, membayar ijin trayek dan lain sebagainya, faktor ini juga mempengaruhi kenapa tarif angkutan online bisa lebih murah.

Persaingan antar penyedia transportasi online

Semakin banyaknya pengguna jasa taxi online ini, beberapa perusahaan juga berlomba-lomba memberikan layanan terbaik dan dengan harga yang lebih kompetitif, selain itu kehadiran beberapa penyedia jasa transportasi online akan membuat masyarakat lebih selektif memilih dan membandingkan kelebihan masing-masing. Hingga akhirnya pemerintah mengeluarkan surat keputusan penetapan tarif angkutan online di Indonesia, sehingga pada tanggal 1 April 2017 lalu semua perusahaan transportasi online merubah tarif mereka sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Dengan penetapan tarif tersebut, diharapkan agar transportasi online dan transportasi biasa dapat bersaing dengan sehat.

Pada artikel diatas terdapat beberapa keuntungan menggunakan angkutan berbasis online dan juga alasan kenapa tarif angkutan online lebih murah, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar